Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Potret Luasnya Rumah Rhoma Irama yang Bergaya 80-an

Ada musala berbentuk gua jadi tempat inspirasi bermusik

Evelyn Anggraini

Rumah besar dari penyanyi dangdut legendaris, Rhoma Irama, akhirnya terlihat penampakannya melalui vlog Atta Halilintar di kanal YouTubenya, AH. Rhoma menunjukkan tempat kediamannya itu yang memiliki berbagai tempat menarik, mulai dari studio rekaman pribadi hingga musala berbentuk gua.

Rhoma Irama pun mengajak Atta untuk mengelilingi tempat tinggalnya sembari menceritakan setiap ruangan di dalamnya.

youtube.com/AH

Penasaran seperti apa wujud tempat kediaman milik penyanyi dangdut senior kelahiran 11 Desember 1946 ini? Yuk, intip 11 potret luasnya rumah Rhoma Irama.

1. Dari penampakan di atas saja, terlihat luasnya rumah Rhoma Irama

youtube.com/AH

Beginilah penampakan dari atas rumah Rhoma Irama yang terlihat begitu luas. Atta Halilintar yang mengambil rekaman dengan menggunakan kamera drone itu berhasil memperlihatkan keseluruhan area rumah raja dangdut itu.

Pada bagian depan, terdapat lahan parkir yang dapat menampung beberapa mobil hingga kendaran kecil. Tampak rumah utamanya beratap cokelat bata, terdapat taman luas di belakangnya serta bangunan kotak yang berada paling ujung kanan sebagai area studio rekaman Rhoma Irama.

2. Bagian pintu masuk rumahnya yang berbeda dari yang lain

youtube.com/AH

Kedatangan Atta ke kediaman Raja Dangdut tersebut juga sekaligus melakukan house tour untuk vlog-nya saat itu. Ketika pertama bertemu dengan Rhoma Irama, terlihat pada bagian pintu depannya didesain dengan sederhana. Tidak seperti kebanyakan artis papan atas lainnya, bagian pintu depan rumah tersebut memiliki desain bergaya 80-an dengan jendela kaca lebar.

3. Deretan peraihan penghargaan Rhoma Irama saat memasuki rumahnya

youtube.com/AH

Telah terjun ke belantara permusikan sejak 1958, rupanya Rhoma Irama tidak langsung memasuki genre dangdut. Ia mengungkapkan bahwa dulunya sempat mencoba berbagai genre, mulai dari rock hingga pop.

Kemudian, pada akhirnya ia menemukan minat genrenya yang cenderung melayu-dangdut yang ia tekuni sampai saat ini. Sekitar 1970-an, Rhoma pun telah mendapatkan berbagai penghargaan internasional, seperti yang ia pajangkan dalam rumahnya itu.

4. Punya kantor kerja pribadi

youtube.com/AH

Beranjak ke ruangan lainnya, Atta bersama Rhoma Irama mengunjungi kantor kerja pribadi. Terlihat beberapa barang bersejarah diletakkan di sana, salah satunya lukisan antik yang telah berusia 30 tahun.

Kantor Rhoma tersebut mengusung desain klasik yang begitu kental dengan nuansa tradisionalnya. Terdapat sofa dengan ukiran kayu berwarna cokelat, berpadu bersama furnitur lainnya yang berwarna gelap.

5. Pajangan lukisan bersejarah menggambarkan Rhoma Irama

youtube.com/AH

Di dalam kantor kerjanya itu, terdapat pajangan lukisan bersejarah yang menggambarkan dirinya. Rhoma Irama pun menceritakan kepada Atta mengenai lukisan buatan 1982 itu dengan visual sosoknya yang menunggangi kuda, sembari membawa pedang sekaligus gitar.

"Ini simbol dari Rhoma. Kuda dan pedang itu simbol dari perjuangan. Sorbannya Islam, dan gitarnya senjatanya Rhoma (untuk bermusik)," tutur Rhoma.

6. Adanya taman luas di belakang rumah ketika menuju studio rekaman

youtube.com/AH

Setelah mengelilingi area dalam rumah, Rhoma Irama mengajak Atta untuk mengitari bagian luarnya sekaligus mengunjungi studio rekamannya yang menjadi tempat terciptanya banyak lagu hits-nya.

Perjalanan dari studio Rhoma Irama dan rumah utama di depan harus melalui taman yang sangat luas. Diketahui, luasnya mencapai 5.000 meter sehingga membuat Atta kagum dan terpukau dengan besarnya rumah pedangdut legendaris ini.

7. Adanya sudut tempat mencari inspirasi bagi Rhoma Irama

youtube.com/AH

Seraya berkeliling menuju studio rekaman, Rhoma Irama memperlihatkan kepada Atta mengenai tempatnya dulu mencari inspirasi untuk membuat lagu. Tempat tersebut terlihat sangat rimbun, terlebih pohon-pohon mengelilinginya dan tanaman rambat hijau yang menyejukkan.

Mengusung aksen gua dan pegunungan bergaya rumah 80-an, Rhoma sengaja menciptakan suasana tersebut. Ternyata, tempat yang mirip gua dari lubang pohon raksasa itu adalah musala pribadinya.

8. Sebuah gua yang menjadi musala pribadi Rhoma Irama

youtube.com/AH

Musala yang dimiliki para artis pada umumnya hanya berbentuk bangunan kotak ataupun seperti masjid kecil. Namun, musala Rhoma Irama tersebut terlihat unik lantaran berbentuk seperti gua.

Tempat ibadah itu selayaknya dibuat dari pohon besar yang dilubangi. Tak luput juga, adanya aksen akar-akar berantakan sebagai penghias di sekelilingnya. Hal inilah yang membuat musala berbentuk gua milik Rhoma tidak hanya unik, tapi juga tampak antik.

9. Suasana di dalam gua juga ditemukan di tembok saat memasuki studio rekaman

youtube.com/AH

Bisa disimpulkan bahwa penyanyi dangdut dengan lagu-lagu hits-nya itu begitu dekat dengan alam. Ia memang mempelajari Islam lebih dalam dari setelah sudah terkenal menjadi penyanyi.

Selain mendekatkan diri dengan alam, Rhoma Irama juga seakan lebih menyatu kepada Sang Pencipta, terbukti adanya tulisan berbau Islami sebagai pengingat kehidupannya.

youtube.com/AH

Ketika masuk ke studionya, di dekatnya terdapat tembok dengan tulisan, "Music is not just for fun, but it has a responsibility to Allah and human beings."

10. Bentuk studio rekaman Rhoma Irama yang terlihat bergaya retro

youtube.com/AH

Selain menjadi tempat tinggal yang nyaman, rumah Rhoma Irama sekaligus sebagai saksi hidup perjalanan kariernya sebagai penyanyi dangdut legendaris. Terlihat sebuah studio rekaman dan ruang latihan yang khusus dibangun di belakang rumah ini jadi salah satunya.

Studio tersebut, menurut Atta, telah berdiri hampir 30 tahun lamanya. Klasik retro, begitulah yang dapat dirasakan ketika berkunjung ke suatu bangunan saksi dari karya-karya populer Rhoma selama ini.

11. Ruang mixing untuk mengolah lagu-lagu Rhoma Irama

youtube.com/AH

Menyambung dari studio rekaman, terlihat ruang mixing untuk menyempurnakan lagu-lagu ciptaan Rhoma Irama. Di sana juga terdapat berbagai teknologi untuk menghasilkan karya yang bagus dan hits bagi pencinta dangdut tanah air.

Meskipun terdapat teknologi baru, Atta kaget melihat banyaknya alat mixing jadul yang masih Rhoma simpan dengan rapi.

Itulah 11 potret luasnya rumah Rhoma Irama. Tempat kediamannya itu menyimpan berbagai ruangan menarik, seperti studio rekamannya hingga musala pribadi berbentuk gua. Tempat tinggal yang nyaman, sekaligus menyejukkan hati itu rupanya menjadi saksi dari perjalanan karier Rhoma selama ini.

Apakah kamu tertarik untuk mengusung konsep back to nature untuk rumahmu seperti foto-foto di atas, Bela?

Disclaimer: artikel ini telah terbit di Popmama.com dengan judul "11 Foto Rumah Rhoma Irama yang Luas, Ada Musala Berbentuk Gua" yang ditulis oleh Putri Syifa Nurfadilah.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration