Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-Hati, 7 Hal Sepele Ini Bisa Merusak Handphone-mu

jangan spelekan hal-hal kecil seperti ini ya, Bela

Dinda Ramadhanty

Handphone adalah benda kecil penting yang rentan rusak. Misalnya, nggak semua handphone itu anti air, jadi kamu harus menjaganya agar tetap kering ketika hujan. Juga ketika handphonemu jatuh, kalau handphone kamu berdesain tipis, mungkin akan mudah rusak bahkan layarnya bisa pecah. Ditambah lagi jika handphone-mu kemudian rusak, biaya untuk memperbaikinya pun juga nggak murah.

Bela, ayo perhatikan hal-hal kecil dari handphone yang sebenernya itu bisa menjadi berbahaya. Berikut ini Popbela sudah siapin tujuh Kesalahan dalam menggunakan handphone yang seharusnya kamu hindari ya.

1. Meninggalkan handphone di meja atau jendela hingga terlalu panas

pexels/negativespace

Sinar matahari yang masuk walau dari luar ruangan itu bisa membuat handphone kamu overheat. Meskipun handphone kamu nggak terlihat berubah di tampak luar namun kesalahan dapat terjadi di baterai atau sistem perangkatnya.

2. Mengisi daya handphone dengan sembarangan

pexels/rawpixel

Pernah nggak sih kamu hendak mengisi baterai handphone namun dengan sembarangan hingga kurang mencolok atau terlalu kuat? Misalnya ketika kamu sedang terburu-buru atau baru saja bangun tidur. Kamu tahu nggak kalau itu bisa membuat handphonemu nggak maksimal ketika mengisi baterai.

3. Mengunduh sembarangan software

unsplash.com/picjumbo.com

Kamu harus lebih hati-hati ya, karena mengunduh software dari sembarang sumber dapat menyebabkan kerusakan fungsi handphone atau dapat mengakibatkan semua informasi pribadi kamu terkirim ke orang yang nggak dikenal.

4. Menggunakan handphone di pinggir jalan

unsplash.com/Oleg Magni

Kamu pasti tahu tentang banyaknya kasus pencurian handphone di pinggir jalan. Sebaiknya itu dihindari ya karena ketika kamu berada di tempat ramai semakin besar kemungkinan pencuri bertindak.

5. Meletakannya di kantong belakang celana

brightside/romanzakharchenko

Faktanya adalah semakin maju teknologi semakin tipis handphone yang tercipta. Ketika kamu meletakannya di kantong belakang celanamu, ada beberapa kemungkinan buruk yang akan terjadi seperti, dicuri atau rusak karena terduduki nggak sengaja.

6. Membersihkan sendiri sela-sela handphone

brightside/romanzakharchenko

Setiap orang memang nggak mau  ponselnya penuh debu. Namun jika ingin membersihkannya, gunakanlah benda kecil juga yang sudah disediakan dari handphone-mu. Jangan menggunakan barang-barang pribadi karena dapat merusak bagian dalam handphone-mu.

7. Meletakkan handphone di tas asal-asalan

brightside/romanzakharchenko

Apabila tas kamu penuh dengan banyak barang seperti handphone, powerbank, make up, dompet dan lain-lain. Jangan letakkan handphone-mu sembarangan atau bahkan di paling bawah. Bagaimana jika handphone kamu tergesek sesuatu atau terbentur ketika tasmu nggak sengaja terlempar?

 

Penulis : Dinda Ramadhanty

IDN Media Channels

Latest from Inspiration