Siapa di sini yang suka main handphone saat bangun tidur ataupun mau tidur? Biasanya saat bangun tidur, membuka handphone adalah suatu kebiasaan yang pertama kali yang akan kamu lakukan. Alasannya, karena kamu takut ketinggalan kabar dari teman-temanmu ataupun berita apa yang sekarang sedang terjadi, Namun ternyata kebiasaan ini juga bisa mengakibatkan efek negatif dari layar handphone karena bisa mengganggu sistem metabolisme kamu saat tidur.

Hati-hati! Ini Efek Buruk Kecerahan Layar Handphone Bagi KesehatanDok.Internet

Menurut penelitian Northwestern University di Chicago, kecerahan cahaya dalam handphone akan berpengaruh pada metabolisme tubuh. Mereka mengatakan bahwa orang yang melihat handphone pada pagi hari akan memiliki berat badan lebih sedikit daripada orang yang jarang melihat handphone pada pagi hari. Hal ini disebabkan karena cahaya dari layar handphone akan mengubah metabolisme seperti hormon insulin sehingga bisa meningkatkan risiko diabetes.

Hati-hati! Ini Efek Buruk Kecerahan Layar Handphone Bagi Kesehatanbreakthroughincare.com

Mereka juga menemukan bahwa orang yang sering membuka handphone sebelum tidur pada malam hari akan memiliki gula darah yang tinggi ketimbang orang yang membuka handphone pada pagi hari. Jadi, jika kamu terlalu sering membuka handphone maka bisa saja kamu akan berisiko memiliki gula darah tinggi maupun obesitas. 

Hati-hati! Ini Efek Buruk Kecerahan Layar Handphone Bagi Kesehatanpxhere.com

Maka dari itu untuk mengatasi hal ini kamu harus menjeda pemakaian handphone setiap harinya. Misalnya, kamu bisa menggunakan handphone pada saat jam kerja, namun kamu harus mematikan handphone sebelum jam tidur. Selain itu, jika kamu masih butuh menggunakan handphone untuk sehari-hari, cobalah menurunkan tingkat kecerahan layar ataupun mengubah kecerahan handphone menjadi night shift. Dengan melakukan hal ini, tentunya kamu bisa sedikit mengurangi terkena risiko penyakit tersebut.

Semoga artikelnya bermanfaat!

BACA JUGA : Trik Agar Kamu Kurangi Frekuensi Melihat Handphone Saat Bekerja