Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pedih, 15 Ilustrasi Ini Angkat Isu Sosial yang Terjadi Masa Kini

Nomor 6 tunjukkan keserakahan manusia

Dina Lathifa

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya peradaban, masalah yang dihadapi masyarakat masa kini semakin kompleks. Ada yang menyadarinya dan peduli, ada yang menyadarinya dan nggak peduli, ada yang bahkan nggak menyadari pada dunia. Jika semakin banyak orang yang nggak menyadari dan nggak peduli, dunia akan menjadi nggak terurus dan manusia kehilangan kepeduliannya.

Mengutip dari BoredPanda, ada banyak ilustrator dan seniman yang mencoba membuka mata masyarakat dunia dengan membuat karya dalam beragam bentuk, yang menggambarkan masalah sosial masa kini. Salah satunya adalah ilustrasi karya Steffen Kraft. Seniman asal Jerman ini membuat serangkaian ilustrasi yang mencerminkan realita yang terjadi di dunia saat ini. Seperti apa ilustrasinya?

1. Ikan yang berlindung dari hujan plastik

Instagram.com/iconeo/

Sampah plastik menjadi salah satu masalah lingkungan yang sedang gencar ditangani saat ini. Kraft yang memiliki nama lain Iconeo online ini menggambarkan rasanya menjadi makhluk laut yang menerima sampah plastik yang terbuang ke laut. Tolong!

2. Berpikir orang lain akan membantu

Instagram.com/iconeo/

Seringkali ketika melihat ada yang sedang kesulitan, seseorang akan berpikir kalau ada akan orang lain yang membantu. Namun jika semua berpikir seperti itu, siapa yang akan memberikan uluran tangan? Kraft mencoba menggambarkan sikap ketidakpedulian sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat modern.

3. Semakin banyak pohon habis seiring berjalannya waktu

Instagram.com/iconeo/

Pohon terus berkurang seiring berjalanya waktu. Jika nggak ada pergerakan untuk menanam kembali, akan berdampak besar pada dunia. Salah satunya adalah perubahan iklim yang semakin terasa.

4. Sendiri nggak mungkin dapat mengubah dunia

Instagram.com/iconeo/

Mengubah dunia dimulai dari sendiri. Namun kenyataannya, nggak banyak yang berpikir kalau hal tersebut mungkin terjadi. Padahal jika seseorang mulai berubah untuk dunia, dan gerakan itu turut mengajak orang lain, itu akan menjadi sebuah pergerakan besar yang benar-benar dapat mengubah dunia jadi lebih baik.

5. Dunia meleleh

Instagram.com/iconeo/

Iklim dunia berubah dan ini telah terjadi sejak lama. Jika nggak ada perubahan atau pergerakan untuk menjadi lebih baik, dunia akan 'meleleh' karena panas matahari yang membakar planet ini.

6. Semua merasa nggak pernah cukup

Instagram.com/iconeo/

Baik kaya maupun miskin, seseorang nggak akan merasa cukup jika ia nggak pernah bersyukur. Seseorang akan selalu berpikir membutuhkan kekayaan materi sebanyak apapun ketika ia terus-menerus merasa kekurangan.

7. Sirip hiu yang terbuat dari plastik

Instagram.com/iconeo/

Banyaknya sampah di laut sampai membahayakan makhluk laut, bahkan mungkin sudah sampai menyaingi populasi makhluk hidup di lingkungan tersebut. Mungkin kamu lihat ada ikan dari kejauhan. Namun ternyata, mungkin saja itu plastik.

8. Over-consumption

Instagram.com/iconeo/

Masyarakat masa kini didorong menjadi konsumtif oleh para pemilik merek. Terlalu sering berbelanja, terlalu sering mengonsumsi, akan membuat seseorang menjadi over-consumption.

9. Banyak yang menunduk

Instagram.com/iconeo/

Nampaknya nggak akan ada yang peduli jika ada benda asing masuk melalui atmosfer bumi. Karena saat ini, orang-orang lebih sering menunduk mengamati gawainya sendiri. Apalagi kalau sudah memakai headphone, semakin nggak tahu lagi dengan keadaan di sekitarnya.

10. Sendiri, sendiri-sendiri

Instagram.com/iconeo/

Banyak yang mengeluhkan kesendiriannya, dan merasa sendiri. Mengapa nggak mencoba memberanikan diri untuk bersosialisasi dengan orang lain sehingga kesendirian itu memudar?

11. Menyayangi binatang, memakan binatang

Instagram.com/iconeo/

Banyak yang mengaku menyayangi hewan. Namun kesehariannya tetap mengonsumsi olahan daging hewan. Jadi, bagaimana?

12. Aku butuh lebih banyak 'likes'

Instagram.com/iconeo/

Masyarakat modern masa kini juga nggak bisa lepas dari media sosial. Malah, mungkin lebih perhatian pada kehidupan yang diciptakan di dunia digital tersebut. Hal-hal seperti likes dan followers akan menjadi sebuah masalah penting dan akan mengkhawatirkan jika keduanya menunjukkan angka kecil.

13. Teman tidurku, Netflix

Instagram.com/iconeo/

Ada banyak makna yang tersirat dari karya milik Kraft ini. Ilustrasinya ini bisa berarti sosok perempuan yang ingin menonton Netflix dengan posisi ternyaman, yaitu berbaring menyamping. Makna lainnya, ilustrasi ini dapat berarti Netflix sudah menjadi bagian penting dalam hidup, yaitu sebagai teman tidur.

14. Musik berdampak adiksi tinggi

Instagram.com/iconeo/

Kraft menunjukkan kalau saat ini orang-orang benar-benar ketagihan dengan karya seni musik. Nggak ada yang bisa hidup tanpa mendengarkan musik, genre apapun itu. Kamu juga, nggak, Bela?

15. Kura-kura tempat pembuangan sampah

Instagram.com/iconeo/

Banyak karya Kraft yang menunjukkan tentang masalah plastik, dan salah satunya adalah ilustrasi ini yang menggambarkan tempurung kura-kura menjadi tempat penampung atau pembuangan sampah.

Bagaimana menurutmu setelah melihat sebagian ilustrasi Kraft? Ilustrator ini berhasil menyampaikan pesan mendalam mengenai masalah kompleks masa kini pada penggemarnya dan netizen lainnya. Kraft merupakan salah satu dari sekian banyak ilustrator yang mencoba menyampaikan isu dunia melalui karya-karya mereka. Semoga semakin banyak pergerakan dan perubahan yang diciptakan untuk menanganinya. Serta semakin banyak masyarakat yang sadar dan mau berpartisipasi untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration