Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kebahagiaan yang Dapat Dibeli dengan Uang

Asal uang itu dihabiskan dengan bijak!

Dina Lathifa

Seringkali mendengar pepatah kalau "Uang nggak bisa membeli kebahagiaan". Bagaimana menurutmu, Bela? Karena, berbagai penelitian menunjukkan kalau tingkat kebahagiaan meningkat dengan pemasukan tahunan yang mencapai angka Rp1 miliar. Setelah itu, cenderung ada sedikit hubungan antara pendapatan dan kebahagiaan.

Melansir dari Entrepreneur, beberapa penelitian melihat dari jumlah rata-rata dan bukan dari pengalaman masing-masing individu. Juga, para peneliti nggak mencari tahu cara orang menghabiskan uangnya. Melainkan, mereka mengamati cara seseorang yang bahagia dalam menghabiskan uangnya untuk hal-hal tertentu. Kesimpulannya, uang dapat membeli kebahagian ketika dikeluarkan dengan tepat. Lalu, kebahagiaan seperti apa yang dapat dibeli oleh uang?

1. Mengurangi kecemasan finansial

Pixabay.com/Nattanan38

Alasan uang dapat meningkatkan level kebahagiaan adalah rasa aman karena memiliki biaya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kamu nggak perlu merasa khawatir kekurangan uang ketika membeli sesuatu atau membayar tagihan tertentu.

Mengingat dan menghargai fakta kalau kamu dapat membeli apapun dengan tenang, akan membuatmu bahagia. Pada dasarnya, memiliki uang cukup untuk membeli kebutuhan pokok akan meningkatkan kebahagiaan.

2. Membeli pengalaman

Rawpixel.com

Uang dapat membawamu pada kesempatan untuk memiliki pengalaman yang berkesan. Meski ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, uang dalam jumlah tertentu bisa memberikan kenyamanan dan pengalaman yang menakjubkan. Lebih jauh lagi, menghabiskan uang untuk membeli pengalaman dapat menghadirkan banyak momen kebahagiaan dan peristiwa indah untuk selalu dikenang.

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah pengalaman yang kamu beli harus sesuatu yang kamu nikmati secara tulus, bukan karena ingin memenuhi pandangan sosial. Misalnya, kamu pergi ke konser padahal nggak menyukainya. Namun, kamu melakukannya karena orang-orang di sekitarmu menganggap itu keren.

3. Membayar pelajaran baru

Pixabay.com/Ulleo

Pendapatan yang kamu miliki dapat digunakan untuk membayar sesuatu yang dapat mengisi pengetahuanmu. Kamu dapat membayar les musik atau mendaftarkan diri ke kelas olahraga. Memilih kemampuan baru dan menemukan hobi yang kamu suka dapat membuatmu jadi lebih bahagia. Karena itu, nggak ada yang lebih baik selain menghabiskan uang untuk kegiatan hobi dan minat.

4. Beramal

Pixabay.com/Heather Paque

Memberi pada orang lain juga membuatmu jadi lebih bahagia. Berbagai kesejahteraanmu pada mereka yang membutuhkan dapat berdampak besar pada kehidupan orang lain. Melihat orang lain bahagia ketika menerima uluran tangan darimu akan memberikan perasaan hangat dalam hati.

Kekayaan dan kesejahteraan yang kamu miliki memberikan kesempatan padamu untuk berbagi pada orang lain, beramal pada mereka yang membutuhkan. Melakukannya, sama dengan berbagi kebahagiaan bersama.

5. Menghabiskannya untuk orang yang kamu sayangi

Pixabay.com/Stokpic

Salah satu cara terbaik lainnya untuk menghabiskan uang pada kebahagiaan adalah mengeluarkannya untuk orang yang kamu sayangi. Membantu orang tua, saudara, atau teman yang mengalami kesulitan dapat menghadirkan perasaan hangat dalam hatimu. Bahkan, bisa mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk pesta anakmu atau teman bisa membuatmu jadi lebih bahagia.

Tanpa tingkat kekayaan yang tinggi, akan sulit untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal yang ingin kamu berikan pada orang terkasih. Ketika kesempatan itu ada, kamu akan menjadi lebih bahagia.

6. Membeli benda yang memberikan banyak waktu luang

Pixabay.com/StevePB

Seiring berjalannya waktu dan bergulirnya generasi, seseorang semakin sibuk dalam bekerja dan menjalani hidupnya. Ada banyak tugas yang perlu diselesaikan, mulai dari tugas kantor sampai pekerjaan rumah. Maka ketika memiliki banyak uang, cara terbaik untuk mengeluarkannya agar dapat memberikan kebahagiaan adalah membeli benda yang dapat mempermudah pekerjaanmu.

Kamu bisa membeli vacuum cleaner otomatis untuk membersihkan rumah, mesin cuci untuk mencuci pakaian, dan elektronik lainnya yang dapat menyederhanakan pekerjaanmu. Atau, kamu dapat membayar orang lain untuk meringankanmu dalam mengerjakan hal tersebut. Dengan begitu, kamu memiliki waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk bersantai atau mengerjakan yang kamu sukai.

7. Membeli barang berharga

Pixabay.com/Pasja

Salah satu kekurangan yang sering dijumpai ketika membeli barang adalah, kamu dapat melupakannya seiring berjalannya waktu. Karena itu, biasanya, pengalaman cenderung memberikan kebahagiaan lebih tinggi ketimbang membeli benda.

Namun, nggak selalau seperti itu, kok. Membeli benda yang dapat selalu kamu nikmati dan hargai dapat memberikan tingkat kebahagiaan yang sama. Misalnya kamu menyukai seni, maka membeli barang seni berharga bisa membuatmu bahagia. Kamu dapat memandanginya, memujinya, dan menggunakannya sebagai hiasan rumah yang cantik.

Uang mungkin nggak dapat membeli kebahagiaan secara langsung. Namun, memiliki sejumlah uang dapat memberikanmu kesempatan untuk membeli hal-hal yang kamu sukai atau yang berguna untuk diri sendiri, dan itu dapat meningkatkan kebahagiaanmu.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration