Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tips dari Drama Korea Favorit untuk Tingkatkan Suasana Ruangan Kerja

WFH jadi makin produktif

Cynthia Claudia

Bekerja dari rumah atau WFH telah menjadi kebiasaan baru di masa pandemi. Sejak pemerintah memberlakukan PSBB, masyarakat tanah air telah menyadari pentingnya mengatur ulang kembali suasana di rumah untuk mendukung kegiatan bekerja dari rumah. 

Tata letak ruangan di rumah pun ditinjau kembali, demi menciptakan suasana yang kondusif bagi sekumpulan anggota keluarga yang bekerja dari rumah. Meskipun pandemi masih berlangsung, namun kemungkinan kebiasaan baru bekerja dari rumah bisa terus berlanjut mengingat manfaatnya bagi pihak perusahaan dan pekerja. 

Inspirasi menciptakan suasana ruangan kerja yang nyaman pun kerap disuguhkan dalam sederetan drama Korea populer. Sederetan ruangan kerja yang muncul di berbagai drama Korea, membuat kita berpikir untuk mengatur ulang ruangan kerja di rumah. Berikut Popbela telah merangkum beberapa tips sederhana dari drama Korea favorit, untuk meningkatkan suasana ruangan kerjamu agar makin produktif bekerja dari rumah.

1. Manfaatkan pencahayaan alami

Metro.style

Ketika bekerja dari rumah, penting untuk memanfaatkan pencahayaan alami dari luar ruangan. Melansir dari Glints, peningkatan pencahayaan alami akan berkontribusi pada peningkatan produktivitas hingga 10% dan menurunkan tingkat kesalahan hingga 30%. Pemanfaatan pencahayaan alami juga ditekankan dalam kantor milik Hyun Bin di Hide Jekyll, Me (2015).

2. Manfaatkan penerangan dari lampu meja

Metro.style
Metro.style

Bukan hanya pencahayaan alami dari luar saja yang penting untuk diperhatikan, namun pencahayaan dari dalam ruangan juga penting untuk mendukung suasana kerja. Kantor pribadi Lee min-ho dalam Personal Taste (2010) bahkan menggunakan lampu meja untuk memanfaatkan penerangan tambahan. Penerangan tambahan ini bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi ketika kita mengerjakan sesuatu.

Begitu pula dengan ruangan kerja yang disuguhkan dalam She's So Pretty (2015) milik Park Seo-joon. Ruangan kerjanya didukung penerangan dari lampu meja yang menyoroti dirinya.

3. Manfaatkan penerangan dari berbagai sumber cahaya

Metro.style
Metro.style

Duo pekerja keras dalam What's Wrong with Secretary Kim (2018) menyadari bahwa pekerjaan mereka masing-masing memakan waktu yang lama dari pagi hingga malam. Apalagi ketika mereka bekerja dari rumah, mereka cenderung bekerja lebih lama karena kesulitan melacak waktu di dalam ruangan. 

Ketika jam kerja di rumah terasa lebih panjang sama seperti mereka, maka pastikan kamu memerhatikan sumber pencahayaan. Gunakan beberapa sumber pencahayaan sekaligus untuk mendukung suasana kerja di rumah. Kamu bisa menggunakan lampu meja, lampu atap, lampu dinding, hingga lampu lantai untuk menerangi ruangan kerjamu. 

Selain itu, kantor milik Lee Min-ho dalam The King: Eternal Monarch (2020) juga memiliki nuansa yang lebih gelap. Meskipun memiliki nuansa yang gelap, penerangan ruangannya didukung dari berbagai sumber pencahayaan sehingga mendukung suasana kerjanya. 

4. Menempatkan meja kerja di lokasi yang terang

Metro.style

Meja kerja milik Park Seo-joon dari Itaewon Class (2020) ditempatkan pada lokasi yang terang, dekat dengan jendela untuk memaksimalkan penerangan alami dari luar ruangan. Karena pada dasarnya jika lokasi kerjamu kurang pencahayaan, maka penglihatanmu pun terganggu sehingga menghambat produktivitas kerja. 

5. Memilih kursi kerja yang ergonomis

Metro.style
Metro.style

Hindari membeli kursi kerja karena tampilannya yang menarik perhatian. Sebelum memutuskan untuk membelinya, coba kursinya dahulu untuk memastikan bahwa kamu merasa nyaman untuk duduk dalam jangka waktu yang panjang. 

Pilih kursi kerja ergonomis yang sandarannya dapat disesuaikan dengan tingkat kenyamanan kita. Selain itu, perhatikan apakah ukuran kursinya mendukung postur tubuh kita. Ukuran kursi yang proporsional dengan tubuh akan membuat kita nyaman duduk lebih lama, sekaligus menghindari risiko mengalami cedera. 

6. Menyiapkan berbagai benda dan tanaman hias untuk mendukung suasana kerja

Metro.style

Setelah menentukan sumber pencahayaan yang baik, posisi kerja yang tepat, dan kursi yang ergonomis, maka renungkan benda apa yang berguna untuk mendukung suasana kerjamu. 

Contohnya, siapkan tanaman hias, pembersih udara, hingga wewangian. Penggunaan sederetan benda ini dalam ruangan kerja akan mendukung kesehatan mental kita ketika bekerja di rumah dalam jangka waktu yang lama.

Jika Bela memerhatikan kantor Yoon Se-ri dalam Crash Landing on You (2020), ruangan kerjanya didukung tanaman hias yang mudah dirawat dan membantu menyegarkan lingkungan. Selain tanaman hias, Yoon Se-ri juga memiliki jam pasir di atas meja kerjanya. Jam pasir ini berfungsi sebagai pengingat waktu istirahat, ataupun waktu yang dialokasikan untuk aktivitas tertentu seperti olahraga ringan.

7. Memilih desain interior dengan warna netral

Metro.style
Facebook.com

Desain interior dengan warna yang tepat akan memengaruhi suasana ruangan kerjamu. Pilih berbagai macam warna netral seperti putih, krem atau beige. Warna-warna netral seperti ini membawa suasana ketenangan dan membuat ruangan di sekitar terlihat lebih luas. 

Warna netral juga merupakan estetika desain interior minimalis yang terinpirasi dari drama Korea. Perhatikan desain interior milik kamar tidur Yoo Na-bi dalam Nevertheless (2021) dan Seo Dal-Mi dalam Start-Up (2020)! Mulai dari pilihan warna hingga perabot yang digunakan, semuanya bernuansa netral. 

8. Hindari dehidrasi dengan menyiapkan minuman di mejamu

Metro.style

Hal yang sering diabaikan ketika bekerja dari rumah, namun cukup penting adalah minum air yang cukup. Dehidrasi pasalnya akan memengaruhi konsentrasimu, sehingga kamu kesulitan untuk fokus bekerja dalam jangka waktu yang lama.

Pentingnya menjaga agar kita tidak dehidrasi juga ditekankan oleh Lee Min-ho dalam The King: Eternal Monarch (2020). Lee Min-ho teringat untuk mengonsumsi minuman energinya yang diberikan sebagai hadiah untuk mencegah dehidrasi, ketika ia sibuk belajar di perpustakaan.

Itulah 8 tips dari drama Korea favoritmu untuk meningkatkan suasana ruangan kerja agar kamu makin produktif bekerja dari rumah, Bela. Apa yang akan kamu lakukan terlebih dahulu untuk mengatur ulang ruangan kerjamu? 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration