Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Penyebab Utama iPhone Panas dan Cara Mengatasinya

Jadi tidak nyaman ketika memegangnya

Cynthia Claudia

iPhone merupakan salah satu jenis ponsel yang paling populer di kalangan masyarakat. Salah satu keluhan yang paling sering dialami pengguna iPhone adalah panasnya yang berkepanjangan, sehingga membuat penggunanya tidak nyaman ketika memegangnya

Menurut situs resmi Apple, ada berbagai penyebab mengapa ponsel iPhone bisa mulai memanas. Panas yang berkepanjangan ini dapat dicegah jika para pengguna iPhone mengikuti langkah-langkah berikut ini. Mari kita simak, yuk, apa saja langkah-langkah yang harus diikuti. 

1. Menggunakan terlalu banyak aplikasi

Pexels.com/Lisa Fotios

Penyebab iPhone panas yang pertama adalah karena kalian menggunakan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Contohnya, ketika menggunakan berbagai aplikasi media sosial sekaligus, padahal banyak yang tidak terpakai. 

Setelah aplikasi tersebut digunakan dan tidak ditutup, maka baterai iPhone akan tetap terkuras untuk membuka aplikasi tersebut. Pemakaian baterai ini lah yang menyebabkan iPhone kalian cepat panas, Bela.

2. Memainkan game terlalu lama

playtoearn

Mungkin ada saatnya kamu memainkan game terlalu lama dengan iPhone-mu. Penggunaan game dalam jangka waktu yang lama juga dapat menguras baterai dan data seluler, Bela. Sehingga, iPhone-mu harus bekerja lebih keras dan menjadi panas.

3. Streaming video dengan kualitas tertinggi

Pexels.com/RODNAE Productions

Streaming video dengan kualitas tertinggi merupakan penyebab lainnya yang membuat ponsel iPhone-mu cepat panas, Bela. Streaming video yang digunakan melalui koneksi Wi-fi atau data seluler pasalnya sangat menguras baterai. 

Terutama jika video dengan kualitas tertinggi tersebut diakses dalam waktu yang cukup lama, seperti untuk nonton film. Selain itu, streaming video yang dilakukan ketika video call dalam jangka waktu yang lama juga membuat iPhone cepat panas. 

4. Membuka aplikasi GPS dalam jangka waktu yang lama

freepik.com/wayhomestudio

Membuka aplikasi GPS dalam jangka waktu yang lama ketika sedang dalam perjalanan juga merupakan salah satu penyebab mengapa iPhone cepat panas. GPS merupakan aplikasi navigasi yang memberikan penunjuk jalan ke lokasi tertentu. 

Penggunaan aplikasi GPS yang terlalu lama pada dasarnya menguras data seluler sekaligus daya baterai iPhone. Sehingga, ponsel iPhone-mu akan menjadi cepat panas.

5. Ponsel digunakan ketika sedang diisi daya

ingeniovirtual.com

Apakah masih banyak dari kalian yang menggunakan ponsel ketika masih diisi daya? Kebiasaan ini tidak baik karena dapat menyebabkan ponsel iPhone kalian cepat panas, Bela. iPhone sebaiknya diistirahatkan ketika sedang diisi daya, dan dapat dipakai kembali ketika pengisian daya sudah selesai.

6. Mengisi daya dengan metode wireless charging

sitecom.com

Pengisian daya ponsel iPhone yang dilakukan dengan wireless charging juga dapat menyebabkan ponselnya cepat panas. Untuk menghindari ini, maka sebaiknya kamu melakukan pengisian daya secara manual menggunakan kabel.

7. Digunakan di tempat dengan suhu ruangan yang terlalu tinggi

Unsplash.com/Pascal Debrunner

Penyebab lainnya mengapa iPhone kamu cepat panas adalah karena digunakan di tempat dengan suhu ruangan yang terlalu tinggi. Panas udara dari ruangan akan membuat ponsel IPhone ikut panas, Bela. 

Jika dibiarkan, maka pengisian baterai juga akan semakin lama karena suhu ruangan memengaruhi kinerja baterai. Baterai yang dibiarkan seperti ini akan berisiko rusak secara permanen.

Cara mengatasi iPhone yang panas

1. Pindah ke tempat yang lebih sejuk

Pexels.com/Lukas

Ketika Bela menyadari sedang berada di tempat dengan suhu panas seperti berada di bawah paparan sinar matahari secara langsung, maka sebaiknya Bela segera pindah ke tempat lain yang lebih sejik. Hindari membiarkan iPhone terkena panas secara langsung, terutama terkena sinar matahari dalam waktu yang lama.

Selain itu, hindari juga meninggalkan ponsel iPhone di dalam mobil di parkiran dalam waktu yang lama. Karena iPhone yang dibiarkan di dalam mobil akan meningkat suhunya karena dipengaruhi oleh suhu ruangan yang panas. 

2. Hindari memakai iPhone ketika sedang diisi daya

Pexels.com/Mateusz Dach

Sebaiknya hindari memakai iPhone yang sedang diisi daya, Bela. Biarkan iPhone-nya fokus mengisi daya terlebih dahulu sebelum dipakai. Ketika sudah terisi penuh, barulah kamu boleh memakainya. 

3. Melepaskan casing iPhone

Pexels.com/Edward Jenner

Ketika kamu merasa bahwa iPhone-mu mulai panas, maka sebaiknya kamu melepas case-nya terlebih dahulu agar udara panas bisa mengalir ke luar. Penggunaan casing bisa menghalangi jalan keluarnya udara panas dari iPhone. Casing bisa dipasang lagi jika iPhone sudah kembali mormal.

4. Menutup kumpulan aplikasi yang tak terpakai

Pexels.com/Vlada Karpovich

Salah satu penyebab mengapa iPhone cepat panas adalah karena terlalu banyak aplikasi yang dibuka. Maka, sebaiknya Bela menutup semua aplikasi yang tidak dipakai agar sistemnya tidak terlalu menyedot daya baterai.

5. Mengurangi kecerahan layar

Pexels.com/Karolina Grabowska

Semakin cerah tingkat kecerahan yang kamu pilih, maka tingkat kecerahan ini akan semakin menguras penggunaan bateraimu. Ketika kamu merasa bahwa iPhone-mu mulai panas, kamu bisa coba mengurangi tingkat kecerahan layarnya untuk beberapa saat.

6. Mengaktifkan airplane mode

Twitter/Peach_Aviation

Mengaktifkan airplane mode merupakan salah satu cara untuk membiarkan iPhone-mu beristirahat, Bela. Dengan begitu, panas di dalam ponselmu juga akan semakin berkurang. 

Itulah daftar penyebab iPhone panas dan cara mengatasinya dengan tepat. Apakah kamu sudah menjaga penggunaan iPhonemu agar tetap awet, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration