Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Imlek Semakin Dekat, Ini 7 Tips Menghias Lampu Imlek di Rumah

Lampu imlek didominasi warna merah

Cynthia Claudia

Perayaan Imlek tinggal menghitung hari. Perayaan Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 22 Januari 2023. Masyarakat Tionghoa pada umumnya akan menghias rumah mereka menjelang hari Imlek dengan berbagai hiasan Imlek, mulai dari bunga, lampion, tulisan kaligrafi, dan lain-lain. 

Lampu imlek yang digantung sebagai hiasan ini biasanya terbuat dari karton. Lampu Imlek bisa dihias dengan lebih cantik untuk memeriahkan suasana perayaan Imlek di rumah. 

Berikut ini adalah tips menghias lampu Imlek untuk menciptakan suasana perayaan Imlek yang berbeda tahun ini.

1. Lampion bentuk tabung

tokopedia.com

Tips menghias lampu Imlek atau lampion yang pertama adalah memilih lampion yang berbentuk tabung panjang. Lampu berbentuk lampion ini bisa menghias rumah agar lebih cantik.

Ukuran lampion ini pun berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan keinginan.  Ada juga yang berukuran kecil sehingga mudah disimpan untuk perayaan Imlek tahun berikutnya.

2. Lampion bertuliskan kaligrafi

Pexels.com

Percantik lampion di rumahmu dengan tulisan kaligrafi Tiongkok. Bela bisa menempelkan kertas merah bertuliskan sajak dengan gaya kaligrafi Tiongkok di lampion yang berbentuk bulat. Kata-kata dari sajak yang dituliskan biasanya bermakna keberuntungan, kebahagiaan, dan kesuksesan. 

3. Lampion bentuk buah labu

tokopedia.com

Lampion biasanya berbentuk bulat atau lonjong, namun bentuk ini dapat dimodifikasi sesuai selera. Contohnya, menjadi bentuk buah labu. Siapkan kertas karton warna merah dan emas, gunting, lem tembak dan tali sebagai gantungan untuk membuat lampion ini. 

Rekatkan kertas karton merah pada karton berwarna emas. Lalu, gunting kertas tersebut hingga membentuk seperti bunga. Rekatkan bagian ujung kertas yang telah dipotong dengan mote manik, lalu lekukkan hingga membentuk lingkaran seperti buah labu. Lampion berbentuk buah labu ini pun siap dijadikan hiasan Imlek di rumah.

Jangan lupa untuk tambakan tali agar lampion tersebut bisa digantung di dalam rumah,

4. Lampion bentuk naga

Pexels.com

Jika lampion bentuk bulat sudah biasa, maka coba kreasikan lampion berbentuk naga yang lebih unik, Bela. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa naga merupakan hewan yang mampu mendatangkan keberuntungan. 

Ukuran lampion naga yang dibuat bisa disesuaikan dengan selera dan konsep pernak-pernik Imlek secara keseluruhan. 

5. Lampion yang terbuat dari bungkus angpao

https://chinesenewyearlanterns.blogspot.com/

Angpao biasanya dibagikan ketika Hari Imlek. Nah, lampion juga bosa dibuat dari bungkus angpao agar lebih bervariasi.  

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan beberapa bungkus angpao yang memiliki ukuran sama. Kemudian, rekatkan tiga bungkus angpao dengan selotip atau lem hingga berbentuk segitiga atau tabung. 

Jangan lupa tambahkan tali agar lampu Imlek bisa digantung di rumah.

6. Lampion dari kertas

Freepik/master1305

Tips menghias lampu Imlek selanjutnya adalah membuatnya dari kertas. Bela bisa menjadi kreatif dengan menggunakan kertas polos sebagai bahan dasar membuat lampion, lalu ias dengan berbagai warna terang selain warna merah.

7. Lampion dari kain rajutan

etsy.com

Bagi Bela yang hobi merajut, bela bisa merajut lampion dari benang wol yang berwarna kuning dan merah. Rajutlah benang wol agar berbentuk bulat dan bagian dalamnya bisa diisi dengan daktron. Tambahkan rajutan warna kuning agar semakin mirip lampion.

Itulah tips membuat lampu Imlek atau lampion menjelang perayaan Imlek, Bela. Apa saja yang sudah kamu persiapkan untuk merayakan Imlek?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration