Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Film Bollywood yang Mengangkat Kisah Pekerja Seks

Mengulik kehidupan para pekerja seks

Cynthia Claudia

Kita memang lebih mengenal film romansa Bollywood yang menampilkan adegan menari, dan bernyanyi antar pasangan Namun, sebenarnya tidak sedikit film Bollywood atau film India yang menyajikan kisah yang cukup beragam untuk menarik perhatian para penonton.  

Tidak hanya mengangkat tema romansa saja, film-film Bollywood berikut ini juga berani mengangkat kisah seputar para pekerja seks yang kontroversial di India. Para penonton jadi mengenal kehidupan para pekerja seks yang sebenarnya di India.

Penasaran, kan, apa saja film-filmnya yang dimaksud? Mari kita simak apa saja film layar lebar Bollywood yang menampilkan pekerja seks berikut ini!

1. Gangubai Kathiawadi

Film ini kisahnya berpusat pada seorang pekerja seks bernama Gangubai Kathiawadi (Akia Bhatt) yang kuat dan menjadi kebanggaan kota Mumbai. Ia juga merupakan sosok yang mengejar aspirasi politik untuk perbaikan kotanya.

Kisah film ini berpusat pada dunia rahasia pekerja seks dari sudut pandang feminis, yang kemudian memicu perselisihan tentang apakah perdagangan seks harus dilegalkan.

2. Chameli

Film ini mengangkat kisah Chameli, yang diperankan oleh Kareena Kapoor. Dirinya merupakan sosok yang dijual ke rumah pelacuran atau bordil oleh pamannya ketika masih muda. Chameli yang berhasil menjadi pekerja seks memengaruhi kehidupan Rahul Bose (Aman), seorang pekerja di bank yang awalnya sedih dan kesepian.

Chameli dikenal sebagai seorang pelacur yang kasar, namun ia juga memiliki sisi lembut, yang hatinya masih rindu untuk menemukan cinta sejati.

3. Dev D

Film komedi gelap romantis ini meneirma apresiasi positif dari para kritikus film karena penampilan Kalki Koechlin yang luar biasa. Kalki Koechlin melakoni Chanda, seorang perempuan yang terlibat dalam kontroversi MMS yang melibatkan penyebaran luas foto-foto atau video seksual. Ia akhirnya mengambil keputusan untuk bekerja sebagai pekerja seks rahasia.

Chanda pertama kali bertemu dengan Dev (Abhay Deol) yang mabuk, di salah satu hotel di kota yang penuh dengan pelancong dan pencari hiburan. Hubungan antara kedua pasangan ini membuat penonton semakin penasaran dengan kelanjutannya.

4. Begum Jaan

Film Bollywood selanjutnya yang mengangkat kisah tentang pekerja seks adalah Begum Jaan. Kisahnya berpusat pada seorang pelacur bernama Begum Jaan, diperankan oleh Vidya Balan yang menjalankan bordil. Banyak pekerja seks di rumah bordil Begum Jaan yang diasuh oleh Begum sendiri setelah ditelantarkan oleh keluarga mereka.

Sejarah negara India dan Pakistan pun diangkat dalam film ini. Pemisahan negara Pakistan-India pun membuat Begum Jaan dan para pelacurnya terpaksa harus meninggalkan rumahnya, namun mereka menolak untuk melakukan itu. 

Begum Jaan berjuang untuk mempertahankan bisnisnya di tengah kondisi politik yang tidak stabil.

5. Chandni Bar

Chandni Bar berkisah tentang seorang perempuan muda bernama Mumtaz (Tabu) yang berkunjung dan menetap di Mumbai untuk bekerja sebagai penari di sebuah bar, agar bisa bertahan hidup di dunia yang keras. Seorang perempuan yang kurang beruntung ini dipaksa tampil sebagai penari di sebuah bar dan melahirkan anak dari seorang kriminal. 

Melalui film ini, Tabu sebagai pemeran utama berhasil menyabet Penghargaan Nasional untuk Aktris Terbaik untuk penampilannya di Chandni Bar.

Itulah 5 daftar film Bollywood yang menampilkan pekerja seks. Apakah kamu termasuk salah satu penggemar film Bollywood, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration