Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Daftar Film Bollywood Terbaik 2022, Sudah Nonton Belum?

Dengan rating di atas 7 menurut IMDb

Cynthia Claudia

Industri perfilman Bollywood mulai hadir dengan karya-karya terbaiknya tahun ini. Tidak kalah dengan film dari negara lain, film-film Bollywood juga mampu mencetak rating tinggi dinilai dari kualitas cerita hingga aktornya.

Selain mampu mencetak rating yang tinggi, salah satu filmnya berjudul Toolsidas Junior yang dirilis tahun ini juga mampu meraih penghargaan, yaitu Penghargaan Film Nasional untuk Film Fitur Terbaik dalam bahasa Hindi di Penghargaan Film Nasional ke-68.

Selain Toolsidas Junior, berikut ini adalah daftar film Bollywood terbaik tahun 2022, yang mampu meraih rating di atas 7 menurut IMDb. Sayang jika dilewatkan, lho!

1. Rocketry: The Nambi Effect - Rating: 8.9

Film Bollywood terbaik tahun 2022 yang pertama adalah Rocketry: The Nambi Effect. Kisahnya diangkat dari kehidupan ilmuwan bernama Nambi Narayanan. Film yang disutradarai R. Madhavan ini telah dirilis dalam berbagai bahasa, yaitu Hindi, Inggris, dan Tamil.

Menempati rating tertinggi di IMDb yaitu 8,9, kisahnya fokus kepada tuduhan yang dialami oleh seorang ilmuwan India. Tuduhan ini malah menyebabkan berbagai kejadian yang tak terduga terjadi.

2. The Kashmir Files - Rating: 8.3

Meskipun sempat terlibat kontroversi (bahkan sebelum dirilis), namun film The Kashmir Files karya Vivek Agnihotri ternyata mampu masuk box office. Film ini dibintangi oleh Anupam Kher, Mithun Chakraborty, Pallavi Joshi, dan Darshan Kumar dalam peran-peran penting.

Kisahnya berpusat pada seorang pria bernama Kashmiri Pandit, yang berusaha menginvestigasi pembunuhan brutal yang dialami orang tuanya di Kashmir pada tahun 90an.

3. Khuda Haafiz: Chapter 2 - Rating: 7.6

Khuda Haafiz: Chapter 2 merupakan kelanjutan dari film thriller-aksi tahun 2020 yang berjudul Khuda Haafiz, yang dibintangi oleh Vidyut Jammwal dan Shivaleeka Oberoi. 

Kelanjutan kisahnya fokus pada putri angkat Sameer (Vidyut Jammwal) dan Nargis (Shivaleeka Oberoi) yang bernama Nandini. Putri angkatnya yang masih berusia 5 tahun ini diculik oleh para kriminal. 

Film thriller-aksi ini berpusat pada Sameer yang berjuang melawan segala rintangan untuk menyelamatkan putrinya.

4. A Thursday - Rating: 7.7

Film Bollywood terbaik tahun 2022 yang selanjutnya adalah A Thursday. Dibintangi Yami Gautam sebagai pemeran utama, kisahnya menceritakan mengenai seorang guru yang menyandera 16 siswa. Penyanderaan ini pun menjadi sebuah kejadian yang mengguncang seluruh negeri.

5. Sharmaji Namkeen - Rating: 7.6

Sharmaji Namkeen menjadi sebuah film terakhir milik almarhum aktor Rishi Kapoor, yang kisahnya berpusat pada kehidupan seorang pensiunan bernama Brij Gopal Sharma. Sejak pensiun, Brij Gopal Sharma justru mengejjar minatnya di bidang kuliner namun dpindang secara negatif oleh anggota keluarganya.

Film yang mampu meraih rating 7.6 melalui IMDb ini dibintangi oleh Rishi Kappor dan Paresh Rawal.

6. Toolsidas Junior - Rating: 7.4

Toolsidas Junior merupakan film olahraga karya sutradara Mridul Mahendra yang dibintangi Sanjay Dutt, Rajiv Kapoor, dan artis cilik Varun Buddhadev. Kisahnya menceritakan mengenai seorang pemain snooker ace, yang mempelajari olahraga ini untuk memenuhi impian ayahnya. 

Film ini berhasil meraih Penghargaan Film Nasional untuk Film Fitur Terbaik dalam bahasa Hindi di Penghargaan Film Nasional ke-68.

7. Jhund - Rating: 7.4

Jhund kisahnya berpusat pada kehidupan seorang pelatih sepak bola bernama Vijay Barse, pendiri LSM Slum Soccer. Ia membentuk tim sepak bola anak-anak yang tinggal di daerah kumuh untuk menjauhkan mereka dari perihal narkoba dan kejahatan. Selain itu, dirinya juga ia berjuang ntuk membawa mereka mengikuti lomba turnamen nasional.

8. Jersey - Rating: 7.3

Jersey merupakan sebuah remake dari film olahraga tahun 2019 karya Gowtam Tinnanuri dengan judul yang sama. Film yang dibintangi Shahid Kapoor dan Mrunal Thakur ini menceritakan mengenai kehidupan seorang pemain kriket, yang memutuskan untuk kembali bermain pada usia 36 tahun.

Ia memutuskan untuk kembali terjun ke dunia olahraga meskipun istrinya berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 

Itulah daftar film Bollywood terbaik tahun 2022 yang memiliki rating di atas 7 menurut IMDb. Sudah siap belum menonton film-film tersebut, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration