Beragam tontonan menarik dari berbagai negara sengaja dihadirkan melalui platform Netflix. Tanpa terkecuali film Bollywood khas India yang mengangkat kisah-kisah bertemakan cinta, persahabatan hingga keluarga yang erat dengan kehidupan manusia. 

Berikut adalah tujuh rekomendasi film Bollywood terbaik yang dapat kamu saksikan di Netflix! Masing-masing menghadirkan alur cerita hingga konflik yang tak kalah hebat, lho!

1. The White Tiger (2021)

https://www.youtube.com/embed/35jJNyFuYKQ

IMDb: 7,1/10 | Pemain: Priyanka Chopra, Adarsh Gourav, Rajkummar Rao

Kemiskinan masih menjadi salah satu isu yang dihadapi oleh negara India. Hal ini turut dirasakan oleh seorang pemuda yang terjepit dalam isu ekonomi sekaligus masalah keluarga. Namun, kesempatan bekerja sebagai sopir konglomerat tahu-tahu terbuka sebagai harapan.

Pada awalnnya, pekerjaan yang dilakoninya memberi sedikit kelegaan untuk dirinya berupaya keluar dari rentetan masalah pribadi. Namun, siapa yang menyangka insiden kecelakaan membuat hubungannya dengan majikan berubah hingga berujung pemecatan dan rencana pembunuhan.

2. Soni (2018)

https://www.youtube.com/embed/928gFVXgEPQ

IMDb: 7,2/10 | Pemain: Geetika Vidya Ohlyan, Saloni Batra, Vikas Shukla

Mengusung genre drama kriminal, film India yang menggaet nama-nama aktor-aktris India papan atas ini menghadirkan cerita mengenai isu gender. Tepatnya melalui sisi realita dalam kehidupan polisi perempuan di salah satu kota besar di New Delhi, India.

Perempuan tersebut bernama Soni. Ia dikenal sebagai sosok polisi yang lemah dalam menjaga emosi atau amarah. Sehingga beberapa kali ia pun menggunakan kekerasan dalam mendisiplinkan masyarakat. Atas dasar itulah, Soni mendapat masalah besar.

3. The Girl on the Train (2021)

https://www.youtube.com/embed/LE8-4aRf5VQ

Google likes: 53% | Pemain: Parineeti Chopra, Aditi Rao Hydari, Kirti Kulhari

Para pencinta film mungkin cukup familiar dengan kisah The Girl on the Train yang diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Paula Hawkins. Yup, sebuah kisah fokus pada seorang perempuan yang selalu melakukan perjalanan kereta api dengan melewati rute yang sama.

Dalam perjalanan tersebut, perempuan ini pun kerap menyaksikan pemandangan pasangan suami-istri di sebuah rumah yang berada di area sekitar rute kereta api. Namun, sebuah insiden terjadi hingga menghilangkan eksistensi sang suami. Apa yang terjadi?

4. Drive (2019)

https://www.youtube.com/embed/7ZU6X0wyzgc

Google likes: 73% | Pemain: Sushant Singh Rajput, Jacqueline Fernandez, Sapna Pabbi 

Cukup berbeda dari film Bollywood khas India pada umumnya, Drive (2019) menghadirkan rentetan adegan aksi yang dipadukan dengan kisah mengenai balap jalanan, perampokan, hingga beberapa tindakan kriminal lainnya yang membuat film menjadi sangat intense.

Awalnya, seorang perempuan pemilik bisnis kurir spesial pengiriman barang-barang haram terlibat aksi mengejar seorang pencuri andal. Setelah beberapa kali gagal, keduanya pun dipertemukan hingga akhirnya bekerja sama dalam sebuah proyek ilegal yang menegangkan.

5. Tribhanga (2021)

https://www.youtube.com/embed/zVNmHMWv2mc

IMDb: 6,1/10 | Pemain: Kajol, Mithila Palkar, Tanvi Azmi

Tribhanga (2021) tergolong sebagai film Bollywood yang cukup berkualitas, karena menggaet aktris papan atas sekaligus sutradara kenamaan, Renuka Shahane. Tentu, alur cerita yang fokus pada kehidupan keluarga dan isu sosial menjadi faktor utama.

Spesifiknya, kisah yang diangkat memperkenalkan sosok ibu yang lebih memusatkan perhatiannya terhadap karier ketimbang anak-anaknya. Dampaknya, kehidupan anak menjadi rentan. Namun, siapa yang menyangka bahwa lahir di dalam keluarga yang dysfunctional, seorang anak tetap dapat bertumbuh menjadi sosok yang lebih positif.

6. Skater Girl (2021)

https://www.youtube.com/embed/k5Fn99wmFCQ

IMDb: 6,7/10 | Pemain: Amy Maghera, Rachel Saanchita Gupta

Seorang gadis remaja dari Desa Rajasthan bernama Prerna diperkenalkan sebagai sosok perempuan yang tidak mengenal budaya modern. Ia hanya tahu harus hidup, bersekolah, berhenti sekolah ketika disuruh dan siap dijodohkan meski masih berusia belasan.

Hingga suatu hari, seorang eksekutif periklanan asal London bernama Jessica, mendatangi desa tersebut dan bertemu dengan Prerna. Jessica bersama temannya, memperkenalkan skateboard pada Prerna dan adiknya. Namun, tradisi dan budaya setempat membuat mereka harus bermain secara diam-diam agar tidak memperoleh sanksi sosial.

Sekali lagi, kultur memaksa Prerna menurut untuk dijodohkan. Akankah Prerna menuruti orangtuanya atau justru memilih konsekuensi terusir dari keluarga dengan menolak pernikahan itu?

7. Serious Men (2020)

https://www.youtube.com/embed/naXf8R1aOik

IMDb: 6,8/10 | Pemain: Nawazuddin Siddiqui, Shweta Basu Prasad, Indira Tiwari

Tidak seperti judulnya, Serious Men (2020) nyatanya menghadirkan cerita yang penuh dengan unsur komedi yang jenaka, namun sangat menyentuh hati. Tepatnya dari kehidupan Ayyan Mani, seorang pria dari kaum Dalit atau kaum tak berkasta di India.

Dengan status tersebut, Ayyan Mani berupaya agar anaknya mampu meraih masa depan yang cerah melalui pendidikan. Namun, sayangnya, anak tersayangnya tidak cukup pintar untuk menonjolkan indikasi tersebut. Akankah mereka mampu berjuang bersama-sama?

Hayoo... sudah tidak sabar untuk menyaksikannya, bukan? Yup, film Bollywood  terbaik khas India di Netflix ternyata tidak kalah seru dan menarik, ya! 

Baca Juga: 5 Anak Aktor Bollywood Ini Ikuti Jejak Sang Ayah di Dunia Hiburan

Baca Juga: Inilah Pekerjaan Lama Artis Bollywood Sebelum Mereka Bersinar

Baca Juga: Kental Nepotisme, Ini 12 Artis Bollywood yang Sukses di "Kaki Sendiri"