Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

20 Fakta Menarik Hiu yang Akan Mengubah Pandanganmu

Setiap tahunnya, 100 juta hiu mati akibat perburuan liar

Audia Natasha Putri

Jika kamu mendengar hiu, pasti yang ada dibenakmu adalah makhluk ganas dengan gigi tajam bergerigi. Pada film-film Hollywood, hiu direpresentasikan sebagai predator berdarah dingin haus darah, serta yang siap mencabik manusia. Tentunya film-film ini memberikan fobia dan traumatis akan hiu kepada penonton yang ingin pergi ke pantai atau laut.

Faktanya, di dunia nyata justru hiu menjadi sasaran para pemburu liar untuk dibunuh dan diambil siripnya. Konon, sirip hiu bermanfaat bagi kesehatan dan dinikmati sebagai sup.

Kali ini Popbela akan membeberkan 20 fakta-fakta menarik "monster" laut ini yang akan mengubah persepsimu. Apa saja itu? Yuk, simak sampai habis.

1. Mengutip National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), faktanya hanya belasan dari 300 spesies hiu yang menyerang manusia. Kesimpulannya, hiu tak akan mencabik manusia!

Unsplash.com/Wai Sew

2. Hiu adalah hewan purba yang sudah berevolusi jutaan tahun sebelum ada kehidupan manusia.

Unsplash.com/Marcello Cidrak

3. Selain ancaman dari predator lain, hiu juga bisa menyerang karena perubahan cuaca, lho, Bela!

Unsplash.com/Laura College

4. Hiu sangat sensitif terhadap perubahan tekanan air. Dengan kemampuannya ini, mereka dapat mendeteksi tsunami atau bencana alam dan menetap di lokasi tersebut.

Unsplash.com/Alex Rose

5. Setelah berevolusi selama jutaan tahun, otak hiu berkembang dan menjadi salah satu hewan cerdas di bumi.

Unsplash.com/Jakob Owens

6. Hiu paus merupakan hiu terbesar yang berukuran sama seperti bus sekolah.

Unsplash.com/NOAA

7. Hiu harimau yang populer sebagai "tong sampah" merupakan pemakan segala. Tak heran hiu ini masuk dalam kategori predator bahaya yang dapat mengancam manusia.

Unsplash.com/Geral Schombs

8. Hiu memiliki ukuran lambung yang besar, sehingga mereka dapat menyimpan makanan di perut selama berbulan-bulan.

Unsplash.com/Jonas Allert

9. Hiu memiliki masa kehamilan cukup lama, yakni 5 bulan hingga 3,5 tahun, tergantung dari spesiesnya.

Unsplash.com/David Clode

10. Dengan pendengaran yang sangat tajam, hiu mampu mendeteksi suara hingga seperempat mil jauhnya. Kemampuan uniknya ini dimanfaatkan untuk memangsa ikan dan hewan kecil.

Unsplash.com/David Clode

11. Kulit hiu sangatlah keras dengan tebal hingga 10 cm. Kandungan tinggi kolagen pada kulit hiu sering dimanfaatkan sebagai produk kecantikan.

Unsplash.com/Gregoire Jeanneau

12. Nyatanya, manusia adalah predator utama bagi hiu. Sebanyak 100 juta hiu terbunuh setiap tahunnya dan membuat populasinya semakin menipis. Karena itu, WWF menetapkan hiu sebagai hewan yang dilindungi.

Unsplash.com/zanderjr

13. Mulut hiu memproduksi zat fluoride yang mampu membersihkan karang gigi secara alami.

Unsplash.com/Steve Douglas

14. Hiu biru akan makan secara berlebihan lalu memuntahkannya lalu melahapnya kembali. 'Ew, gross!'

Florida Museum

15. Hiu adalah hewan yang hobi makan. Meskipun tidak lapar, hiu suka memangsa biota laut lainnya.

Unsplash.com/Karen Zhang

16. Meskipun fiksi, film Jaws diangkat berdasarkan insiden nyata. Yakni peristiwa tentang empat orang terbunuh oleh hiu di Pantai New Jersey pada tahun 1916.

IMDB.com

17. Hiu putih besar mengonsumsi 11 ton makanan dalam setahun, sementara rata-rata manusia mengonsumsi hanya setengah ton makanan setiap tahun.

Unsplash.com/Oleksander Shushkow

18. Hiu telah hidup di muka Bumi dan menghuni lautan selama kurang lebih 400 juta tahun. Wah, sudah sepuh, ya, ternyata!

Unsplash.com/Alexanded Bouscey

19. Probabilitas manusia dibunuh oleh hiu adalah 1 banding 3.748.067. Kenyataannya, manusia lebih mungkin mati karena jatuh dari tempat tidur dibandingkan dimangsa oleh hiu.

Unsplash.com/Sebastian Pena

20. Sebanyak 600 orang di Amerika Serikat mati karena jatuh dari tempat tidur setiap tahunnya. Di samping itu, hanya 6 orang mati terbunuh oleh hiu setiap tahun di seluruh dunia.

Unsplash.com/Gregoire Jennaeau

Nah, itu tadi sederetan fakta menarik tentang hiu. Meskipun terkenal ganas dan menyeramkan, nyatanya manusia adalah predator sesungguhnya bagi hiu. Mulai sekarang, jangan takut dengan hiu lagi ya, Bela! Bagaimana pun juga, mereka adalah hewan yang perlu dilindungi.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration