Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Daftar 10 Makanan yang Berbahaya Bagi Anjing, Jangan Asal Berikan!

Bisa menyebabkan efek fatal bagi kesehatan, bahkan kematian

Audia Natasha Putri

Kesetiaan anjing memang luar biasa, Bela. Mereka adalah hewan sosial yang penuh akan kasih sayang dan cinta. Memelihara anjing juga bukan hanya sekadar memberinya tempat tinggal yang nyaman dan merawatnya dengan baik. Pemberian makanan yang tepat juga menjadi faktor penentu agar anjing menjadi sehat, cerita, dan energik. Tahukah kamu setidaknya ada 10 jenis makanan berbahaya yang tak boleh dikonsumsi oleh anjing?

Walau aman dikonsumsi manusia, deretan makanan tersebut mengandung racun berbahaya bagi anjing yang dapat membahayakan kesehatan mereka. Lalu, apa saja makanan yang berbahaya bagi anjing? Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

1. Cokelat

Sumber Gambar: parade.com

Everyone loves chocolate. Aromanya yang legit dan rasanya manis, membuat siapa pun menjadi tergoda, tak terkecuali doggie kesayangan kita. Nah, walaupun cokelat aman disantap oleh manusia, ternyata camilan manis satu ini justru berbahaya bagi anjing.

Pasalnya, cokelat yang berbahan utama kakao ini mengandung 2 bahan beracun bagi anjing. Yaitu kafein dan teobromin yang dapat mengganggu fungsi jantung dan sistem saraf pada anjing. Dalam beberapa kasus, konsumsi berlebih cokelat pada anjing bahkan dapat berujung fatal yang dapat mengakibatkan kematian.

2. Makanan tinggi gula

Betty Crockers

Makanan tinggi gula tak hanya mempengaruhi kesehatan manusia saja. Begitu pun pada anjing, yang dapat berakibat fatal dan terkena gangguan pankreas, sehingga dapat menimbulkan penyakit kronis lainnya. Seperti hipoglikemia (kadar gula darah rendah), gagal ginjal, bahkan gangguan pembekuan darah.

Contoh makanan tinggi gula yang tak boleh diberikan kepada anjing adalah kue, permen, roti, permen karet dan minuman manis.

3. Anggur dan kismis

Pinterest.com

Selain manis dan menyegarkan, anggur juga terkenal akan khasiat kesehatannya bagi manusia. Sayangnya, buah mewah dan legit ini menjadi satu makanan pantangan bagi anjing. Setiap bagian pada buah anggur menyimpan racun berbahaya bagi anjing yang dapat menimbulkan penyakit fatal pada anjing.

Bahkan dalam beberapa kasus, anjing yang tak sengaja menyantap beberapa buah anggur akan mengalami gangguan kerusakan hati dan gagal ginjal secara tiba-tiba.

4. Bawang-bawangan

pexels.com

Bawang adalah bumbu dapur yang menjadi kunci utama kelezatan pada sebuah hidangan. Sayangnya, bumbu aromatik ini cukup berbahaya bagi anjing karena dapat merusak sel darah serta menyebabkan anemia. Tak hanya itu, bawang juga dapat memicu iritasi gastrointestinal yang dapat melukai pencernaan dan menyebabkan diare atau BAB berdarah.

5. Kacang-kacangan

pexels.com

Sekiranya kacang-kacangan menjadi opsi sumber protein nabati terbaik bagi manusia. Rasanya yang creamy, gurih, dan lezat cocok diolah menjadi ragam hidangan yang menggiurkan mata, hati, dan perut.

Namun bagai pisau dua sisi, kacang-kacangan mengandung zat berbahaya yang dapat mengakibatkan kerusakan sel saraf dan otot pada tubuh anjing. Bukan cuma itu saja, kacang dapat menimbulkan kelemahan dan kelumpuhan pada kaki dan persendian anjing.

6. Alpukat

pexels.com

Alpukat juga masuk dalam daftar buah yang berbahaya bagi anjing. Buah hijau dengan biji besar yang mengandung lemak baik ini dapat menyebabkan diare dan muntah pada anjing.

Hal ini disebabkan oleh senyawa racun persin yang tersimpan pada alpukat. Persin aman dikonsumsi oleh manusia, namun akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi kucing dan anjing.

Persin sendiri adalah senyawa organik yang tersimpan alami di batang, kulit, dan daun alpukat. Racun fungusida ini berfungsi untuk membunuh jamur parasit atau spora yang ada di tubuhnya.

7. Obat-obatan manusia

medlineplus.gov

Walau berkhasiat menyembuhkan penyakit, obat-obatan manusia tak boleh diberikan sembarangan kepada anjing yang sedang dalam kondisi tidak fit. Pasalnya, kandungan dan dosis obat-obatan manusia tentu berbeda dengan obat-obatan khusus anjing.

Memberikan obat-obatan manusia pada anjing akan menyebabkan kegagalan ginjal dan luka lambung. Oleh karena itu, sebaiknya kamu perlu membawa anjingmu ke dokter hewan dan untuk mendapatkan obat khusus untuk penyakit yang diderita anabulmu.

8. Kopi dan teh

pexels.com

Sama seperti cokelat, kandungan kafein pada kopi dan teh dapat menimbulkan efek fatal pada anjing. Di antaranya adalah muntahber, diare, keracunan hati dan sistem saraf.

Sistem pencernaan anjing sangat sensitif terhadap zat kafein, sehingga mengonsumsi kelebihan jumlah kafein dapat meningkatkan risiko kematian pada anjing. 

9. Produk olahan susu

Pixabay.com

Pada dasarnya, susu sapi mengandung zat laktosa yang sulit dicerna oleh anjing. Sama seperti manusia yang mempunyai alergi susu atau intoleransi laktosa, susu sapi juga memicu gangguan pencernaan, seperti muntah dan diare pada anjing. Begitu juga dengan olahan susu sapi lainnya seperti keju, yoghurt, dan krim keju juga menjadi pantangan bagi anjing.

10. Alkohol

pexels.com

Berbeda dengan manusia, pencernaan anjing tak bisa memproses alkohol dengan baik. Akibatnya, anjing yang tak sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol akan mengalami gagal ginjal.

Jika ditilik dari beberapa kasus, cairan kimia ini juga memicui muntah, diare, kesulitan bernafas, keracunan, koma, hingga berujung kematian pada anjing.

Itulah 10 daftar makanan yang berbahaya bagi kesehatan anjing. Sebisa mungkin, hindari makanan di atas dari jangkauan mereka agar tidak dilahap ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration