Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Pertimbangan yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memelihara Anjing

Gaya hidup dan budget menjadi pertimbangan paling utama

Audia Natasha Putri

Anjing merupakan hewan cerdas yang setia yang dapat menemani kamu dalam berbagai kegiatan, bersantai di sofa, lari pagi, dan hang out ke luar kota. Bahkan beberapa ras anjing juga membantu manusia dalam menjaga rumah, melacak narkoba dan pembunuhan, serta mengawasi pabrik dan perkebunan

Namun, sama seperti merawat anak manusia, mengasuh anjing tidaklah mudah dan perlu memerhatikan semua kebutuhannya. Ada beberapa hal yang perlu dijaga agar kondisi anjing tetap sehat dan kuat, seperti makanan, gaya hidup, aktivitas sehari-hari, bahkan karakteristiknya.

Nengutip dari Daily Paws, pelatih anjing Gail Miller Bisher mengungkapkan ada delapan hal yang perlu menjadi pertimbangan sebelum memelihara anjing. Apa saja itu? Yuk, simak sampai habis.

1. Perhatikan gaya hidup

Unsplash.com/Anthony Durand

Hal paling krusial dalam memelihara anjing adalah mengevaluasi kecocokan gaya hidupmu apakah sesuai dengan anjing yang ingin kamu pelihara.

Sebab, memelihara anjing tidaklah mudah, sehingga kamu perlu memerhatikan keadaan, situasi tempat tinggal, da biaya hidup.

2. Perhatikan interaksi dengan anggota keluarga lain

K9rl.com

Tak hanya gaya hidup, kamu juga harus memerhatikan anggota keluargamu.
Hal lain yang harus jadi pertimbangan adalah bagaimana interaksi keluargamu dengan anjing ras yang diinginkan.

Jika anggota keluargamu terdiri dari anak-anak dan remaja, kamu bisa memelihara anjing yang ramah dan supel seperti Poodle atau Pomeranian. Namun, jika terdiri dari banyak orang dewasa, anjing besar dengan sifat patuh bisa menjadi pilihan, seperti Rottweiler dan German Sheperd.

3. Kenali rasnya

reddit.com/xXMaGGoXx

Setiap ras anjing memiliki kebutuhan yang berbeda. Cara merawat anjing Pomeranian tentu berbeda anjing Malamute. Ada anjing bisa menjadi teman hidup karena rentang umur yang panjang, sementara ada beberapa ras yang cocok untuk jadi anjing penjaga ternak atau pemburu.

Jadi, tugasmu sebelum memelihara anjing adalah memahami karakteristiknya, cara merawatnya, jenis ras, chemistry yang dibangun, dan memahami tempramennya.

4. Siapkan mental dan fisik

Unsplash.com/Ryan Hyde

Anjing merupakan hewan aktif yang senang bergerak dan beraktivitas.Namun, setiap ras anjing memiliki kebutuhan olahraga yang berbeda tergantung kondisi fisik dan mental.

Kamu bisa mengajak ras anjing enerjik seperti Poodle, Corgi, Pomeranian, dan Golden Retriever dengan hiking, berlari, bahkan berenang. Lain halnya dengan anjing yang bersifat kalem dan santai seperti Basset Hound atau Shih Tzu yang hanya perlu berjalan di sekitar rumah.

Meski memiliki sifat berbeda, semua anjing menyukai kegiatan aktif harian yang dapat merangsang otak, saraf tubuh dan tentunya melengketkan ikatan batin dengan pemiliknya.

5. Melatih anjing

Unsplash.com/pedro sanz

Sebagai hewan cerdas yang senang belajar hal baru, tentu anjing perlu diberi latihan keterampilan dasar dan bersosialisasi dengan manusia. Hal ini supaya anjing dapat menjadi penghuni yang baik di rumah serta bersahabat dengan manusia.

Selain itu, latihan ini juga dapat menumbuhkan naluri serta kapabilitas alami anjing yang baik

6. 'Grooming'

Pexels.com/Gustavo Gruning

Beberapa ras anjing memiliki kulit dan bulu yang sensitif sehingga membutuhkan perawatan grooming khusus dengan pemberian vitamin bulu yang berkualitas.

Contohnya adalah ras anjing double-coated seperti Siberian husky, Samoyed, Pomeranian, serta Labrador yang sering mengalami bulu rontok. Lalu ada juga ras dengan pertumbuhan bulu yang lebih cepat yang tentu memerlukan grooming lebih sering seperti Yorkshire terrier, Shih Tzu, dan Schanuzer.

Jika kamu ingin berhemat, baik waktu maupun uang, sebaiknya pilihlah anjing berbulu pendek dengan perawatan mudah seperti Bulldog, Daschund, Beagle dan Chihuahua.

7. Budget yang memadai

Unsplash.com/David Tarfell

Faktanya, memelihara anjing membutuhkan biaya perawatan yang cukup mahal. Perawatan itu mencakup vitamin, makanan, perawatan bulu dan grooming, check up rutin ke dokter hewan serta vaksin.

Karena itu, kita perlu menyiapkan uang demi memenuhi semua kebutuhan mereka agar anjing sehat, ceria, dan hidup sejahtera.

8. Konsultasikan dengan dokter hewan

Wikimedia

Terakhir, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai perawatan kesehatan ras anjing yang kita sukai serta antisipasi penyakit yang mengintainya. Dokter hewan bisa memahami karakteristik kesehatan ras anjing yang kamu inginkan dan dapat menyusun pola asupan nutrisi serta kebutuhannya yang baik.

Misalnya saja, jika ingin memelihara anjing Bulldog, maka kamu perlu menyiapkan lingkungan bebas debu dengan udara segar. Mengapa? Karena Bulldog memiliki hidung pesek dengan nafas pendek dan sensitif terhadap debu. Pilek berkepanjangan dan alergi udara kotor menjadi penyakit yang sering mengintai ras Bulldog.

Atau dalam merawat anjing dari daerah dingin seperti Alaskan Malamute, tentu perlu menyiapkan suhu ruangan yang dingin dengan sirkulasi udara yang baik dan pemberian rutin vitamin bulu berkualitas agar kulit dan bulunya tetap sehat.

Memelihara anjing bukanlah hal yang mudah dan membutuhkan perawatan ekstra. Jadi, pikirkan dan pelajari kembali kebutuhan ras anjing yang kamu ingin pelihara. Dengan pertimbangan di atas, semoga kamu dapat menemukan anjing yang cocok denganmu.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration