Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

14 Foto Sejarah yang Membuat Kita Terpukau

Menarik untuk disimak karena menyimpan pesan di baliknya

Audia Natasha Putri

Tak hanya berpengaruh besar terhadap peradaban, tetapi sejarah juga membentuk hubungan intrasosial antara masyarakat, keluarga, maupun sesama. Termasuk deretan foto sejarah berikut ini yang menampilkan sisi humaniora yang kuat, membuat kita memahami akan peristiwa yang pernah terjadi masa lampau.

Lewat jepretan lensa, foto-foto ini menceritakan banyak sejarah mengenai sebuah kehidupan sosial masyarakat lawas sebelum gempuran teknologi menyerang. Hal ini tentu menarik untuk diulik, mengingat sejarah menyimpan banyak pesan, gagasan, serta pelajaran yang bisa kita petik di baliknya.

Penasaran? Inilah 14 foto bersejarah yang membuatmu kita terpukau.

1. 1945, Okinawa. Seorang tentara Amerika menyuapi dua anak kecil keturunan Jepang. Foto ini membuktikan bahwa rasa kemanusiaan tak memandang kawan dan lawan.

Boredpanda.com

2. 1945, Amerika Serikat. Seorang tentara baru saja pulang ke rumahnya yang langsug disambut dengan suka cita oleh anak dan istrinya. Diketahui, sang tentara sudah menghilang bertahun-tahun lamanya setelah menjadi sandera di penjara Singapura.

Boredpanda

3. 1970. Ekspresi takjub sekaligus kaget seorang anak kecil setelah melihat Andre The Giant, manusia tertinggi pada masa itu.

Boredpanda

4. 1953, Amerika Serikat. Sebuah restoran Ukrania memberikan brosht gratis dalam rangka merayakan wafatnya Diktator Uni Soviet Josef Stalin.

Boredpanda

5. 1959, Italia. Sekelompok anak harus menyeberangi sungai dengan katrol agar dapat sampai ke sekolah. Foto ini membuat kita bersyukur pendidikan layak di zaman sekarang semakin merata, meskipun hal ini masih ada di pelosok pedesaan.

Boredpanda

6. 1894. Foto penulis sekaligus aktivis Frederick Douglas bersama cucunya Joseph Douglas yang berprofesi sebagai musisi.

Boredpanda

7. 1890, Greenland. Potret seorang suami yang menghangatkan kaki sang istri dengan tulus di tengah dinginnya badai salju. Bagi kamu yang love languange-nya act of service, pasti akan baper melihat foto ini. So sweet!

Boredpanda

8. 1933. Sekelompok anak hendak bermain dengan salah satunya membawa burung hantu besar di kepalanya.

Boredpanda

9. 1914. William Harley dan Arthur Davidson menunggangi motor Harley Davidson karya mereka.

Boredpanda

10. 1954. Di balik layar pembuatan film Godzilla dengan menggunakan properti bangunan dan kostum gozila yang apik. Sebuah film dengan sinematografi yang cukup memukau pada zamannya.

Boredpanda

11. 1922. Sebuah rumah berkonsep bus bagi masyarakat yang nomaden atau sering berpindah tempat tinggal.

Boredpanda

12. 1900, Texas. Anak-anak sedang bermain di playground yang masih dalam tahap pembangunan. Tampak menyenangkan, padahal ada bahaya yang menanti.

Boredpanda

13. 1939, Transylvania. Seorang ibu keturunan Afrika sedang mengajari kedua buah hatinya cara membaca dan menghitung. Pada masa itu, rasisme terhadap orang berkulit hitam masih tinggi, sehingga mereka sangat sulit diterima di sekolah Amerika.

Boredpanda

14. 1918. Dua permepuan yang bekerja serabutan dengan mengangkat es batu ke dalam mobil. Foto ini membuat kita bersyukur dengan pekerjaan yang kita miliki sekarang.

Boredpanda

IDN Media Channels

Latest from Inspiration