Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Shinta Kamdani, Woman Leader dalam Presidensi B20 Indonesia

Suarakan isu kesetaraan gender dalam forum bisnis dunia

Asri Muspita Sari

Shinta Widjaja Kamdani, mungkin Bela yang bergelut di dunia bisnis udah nggak asing lagi dengan nama perempuan yang satu ini. Yap, Majalah Forbes Asia pernah mencatatkan namanya sebagai salah satu dari 50 wanita Asia Paling Berpengaruh.

Kepemimpinannya yang begitu luwes, tegas, dan inovatif membuat perusahaannya berkembang. Ia juga dipercaya menjadi pemimpin di berbagai organisasi bisnis, salah satunya KADIN Indonesia dan anggota Dewan Penasihat Bisnis APEC (ABAC) Indonesia.

Selama setahun terakhir, kesibukan Shinta semakin padat. Selain urusan bisnis di Sintesa Group—perusahaan yang dipimpinnya—saat ini Shinta juga sibuk mengurus forum Business of 20 (B20).

Untuk Bela yang belum tahu, B20 sendiri adalah forum komunikasi dan konsultasi antara pelaku bisnis Indonesia dengan masyarakat, baik secara regional, nasional, maupun internasional.

Lalu, seperti apa peran Shinta sebagai perempuan Asia pertama yang didapuk untuk mengetuai forum bisnis global B20? Baca artikelnya sampai habis ya! Keep reading!

Ditunjuk untuk pimpin forum bisnis dunia

Instagram/shintawidjajakamdani

Indonesia didaulat menjadi tuan rumah atau Presidensi B20-G20 2022 yang akan melangsungkan pertemuan tingkat tingginya atau G20 Summit di Bali, November 2022 nanti.

Shinta Kamdani kemudian didapuk untuk mengemban amanah sebagai Chair of B20 Indonesia. Hal ini nggak lepas dari perannya sebagai salah seorang pemimpin bisnis perusahaan terkemuka di Indonesia, sekaligus Koordinator Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Investasi, Maritim dan Luar Negeri KADIN Indonesia.

Shinta sendiri mengakui, penunjukannya sebagai Chair of B20 Indonesia adalah suatu kehormatan sekaligus tantangan dan tanggung jawab yang besar. 

Perempuan yang lahir dari pasangan Johnny Widjaja dan Martina Widjaja ini mengatakan jika ia ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa perempuan Indonesia bisa tampil sebagai pemimpin dan sangat maju dalam persoalan kesetaraan gender.

Dorong keterlibatan perempuan dalam bisnis global

Dok. KADIN Indonesia

Menurut Shinta, menyuarakan dan membawa isu kesetaraan gender merupakan salah satu hal yang mesti dikedepankan dalam kerja sama bisnis antar negara anggota G20. Apalagi, ia sendiri adalah perempuan yang memimpin pertemuan B20 tahun ini.

“Salah satu upayanya adalah dengan membentuk Woman in Business Action Council (WiBAC). Ini sejalan dengan tema B20, yakni ‘Kemajuan inovatif, Inklusif, dan Pertumbuhan Kolaboratif’," katanya.

Shinta juga ingin memastikan bahwa Indonesia sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia, memprioritaskan kesetaraan gender, sekaligus mendorong pelibatan perempuan dalam bisnis global secara lebih masif.

Tak mudah jadi pemimpin perempuan

Instagram/shintawidjajakamdani

Bagi Shinta Kamdani, menjadi pemimpin perempuan di forum internasional itu nggak mudah lho, Bela. Oleh karena itu, di momen G20 ini ia ingin menunjukkan bahwa perempuan-perempuan Indonesia memiliki kemandirian dan kemampuan dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, menjadi Chair of B20 Indonesia juga membuat perempuan kelahiran 1967 ini semakin memahami sejumlah tantangan global bagi perempuan. Salah satunya mengenai kesetaran gender dalam dunia usaha yang mampu menciptakan ekonomi yang lebih berkualitas.

"Saya rasa ini salah satu momen yang penting untuk kepemimpinan Indonesia di B20, untuk menunjukkan Indonesia tidak tertinggal. Kita sudah memerhatikan topik kesetaraan gender, kita ngomong gender. Banyak perusahaan juga sudah mulai dengan aware dengan isu gender, ini terus didukung oleh banyak negara," jelasnya.

3 hal utama yang dibutuhkan perempuan dalam berbisnis

Instagram/shintawidjajakamdani

Perempuan dan kewirausahaan, dua hal ini nggak bisa dilepaskan satu sama lain. Terlebih lagi, di Indonesia, jumlah UMKM saat ini didominasi oleh perempuan. Meski begitu, akses para pelaku UMKM perempuan di Indonesia untuk menyentuh pasar global masih sangat terbatas.

Untuk itu, dalam forum B20 ini, Shinta mendorong agar akses perempuan bisa semakin luas di pasar internasional. Ia mengatakan, perempuan membutuhkan tiga hal kunci dalam berbisnis.

"Pertama, akses ke market. Kedua, akses bantuan finansial. Ketiga, peningkatan kapasitas dan kompetensi di lingkup digital, teknologi, dan kepemimpinan perempuan. Untuk itu, UMKM dan perempuan harus bisa mendapatkan manfaat positif dari adanya kerja sama ekonomi internasional yang didorong oleh forum B20," pungkasnya.

Oke Bela, itu tadi ilmu inspiratif yang dibagikan Shinta Widjaja Kamdani dalam memimpin forum bisnis dunia, B20. Keren banget ya! Apakah kamu pengin jadi woman leader seperti Shinta?

Well, Popbela juga mau ingetin kamu untuk selalu mendukung dalam menyukseskan dan menyebarkan informasi mengenai kegiatan Presidensi G20-B20 nih, Bela. Ini adalah momen yang tepat untuk lebih memperkenalkan kepemimpinan dan kekayaan Indonesia lho, Bela.

Hal tersebut tentunya akan membuka peluang-peluang investasi baru yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat Indonesia. Yuk, kita dukung G20-B20 bersama-sama! (WEB)

IDN Media Channels

Latest from Inspiration