Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Keutamaan Surat Al Mulk, Salah Satunya Penyelamat Siksa Kubur

Surat Al Mulk memiliki banyak keutamaan

Angga Prayudhatama

Setiap surat di dalam Al-Qur’an mempunyai keutamaannya masing-masing untuk bisa dimengerti dan dipahami. Keutamaan surat Al Mulk salah satunya, sebagai surat yang terdiri dari 30 ayat ini masuk dalam golongan Makkiyyah sebab diturunkannya di Mekkah.

Surat Al Mulk pertama kalinya diambil dari kata dasarnya Al Mulk yang terletak pada ayat pertama dengan artian kerajaan atau kekuasaan. Surat Al Mulk seringkali disebut dengan nama surat At Tabaarak.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang keutamaan surat Al Mulk, Popbela.com telah merangkum ulasan dari berbagai sumber. 

1. Pembaca surat Al Mulk disenangi Nabi Muhammad SAW

pexels.com/Alena Darmel

Semua umat Islam pasti menginginkan agar dicintai dan disenangi oleh Nabi Muhammad SAW.

Selain memang kita dianjurkan untuk membaca salawat nabi, juga dianjurkan untuk membaca dan mengamalkan isi dari surat Al Mulk agar mendapatkan ketentraman hati bagi pembacanya.

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:

“Saya gemari supaya surat ini (Tabarakal-lazi yadihil mulk) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim)

2. Mendapatkan syafaat dan pengampunan dosa

unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

Banyaknya keutamaan dari membaca surat Al Mulk. Salah satunya, bisa mendatangkan syafaat dan pertolongan yang mana datangnya melalui perantara Nabi Muhammad SAW.

Bagi umat Islam yang mau membaca dan mengamalkan semua isi keutamaan dari surat Al Mulk akan diampuni segala dosanya.

Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Bahwasannya suatu surat di dalam A-Qur’an mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakal-lazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang ditangan-Nya lah segala kerajaan.” (HR. Abu Dawud)

3. Keutamaan surat Al Mulk sebagai penyelamat dari siksa kubur

pexels.com/Anastasia Shuraeva

Semua orang yang hidup akan mati dan kembali kepada sang pencipta yakni Allah SWT.

Manusia akan melewati waktu di alam kubur guna bertanggung jawab atas semua perbuatannya selama si dunia. Dengan membaca dan mengamalkan surat Al Mulk maka akan menjadikan penyelamat siksa kubur.

Surat Al Mulk merupakan salah satu golongan yang mampu membantu dan menyelamatkan umat Islam dari siksa kubur.

4. Surat Al Mulk akan memberikan pertolongan pada hari kiamat

pexels.com/thirdman

Surat Al Mulk tidak hanya bisa menyelamatkan umat Islam dari siksa kubur, namun bisa menetapkan kebaikan, memberikan ampunan dan menghilangkan keburukan.

Surat Al Mulk merupakan salah satu surat di dalam Al-Qur’an yang nantinya dapat memberikan syafaat ketika hari kiamat telah tiba.

Setiap orang yang mau membaca dan mengamalkan surat Al Mulk maka akan dikeluarkan dari panasnya api neraka dan dimasukkan ke dalam surga-Nya Allah SWT.

Seperti hadis Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu surat “Tabarak”.” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan Beliau menghasankannya, juga dihasankan oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’)

5. Ditingkatkan derajat dan dihilangkan keburukannya

unsplash.com/Rachid Oucharia

Keutamaan surat Al Mulk untuk para pembacanya yakni bisa mendapatkan naungan malaikat, terhindar dari siksa kubur dan mahsyar.

Sebagaimana dari Ibnu Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Bahwasannya aku tidak menjumpai di dalam kitab Allah surat-surat yang terdiri 30 ayat. Barangsiapa membacanya ketika akan tidur, maka dengan pembacaan itu Allah menetapkan 30 kebaikan baginya, dihapuskan 30 kejelekannya, ditingkatkan begainya 30 derajat, dan Allah mengutus seorang malaikat dari para malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuknya dan menjaganya dari segala kejahatan hingga ia bangun. Surah ini dapat menolak siksa kubur dan mahsyar, yaitu Tabarakal-lazi bi yahdihil mulk.” (HR. Ad Dailami)

6. Diberikan pahala berlipat

Freepik.com/Free Picture

Dengan kamu rajin membaca surat Al Mulk setiap malam maka akan mendatangkan banyak pahala dan perbuatan baik.

Perbuatan tersebut akan dilipat gandakan oleh Allah SWT sampai 10 kali bagi siapapun yang membacanya.

Oleh karena itu, jangan lengah atupun malas untuk membaca surat Al Mulk setelah melihat keutamaan dan manfaatnya untuk kita. Surat Al Mulk dapat mendatangkan banyak pahala yang berlipat ganda yang tidak kita sangka sebelumnya.

7. Dijauhkan dari siksa api neraka

pexels.com/Gabby K

Keutamaan surat Al Mulk lainya yakni bisa menjauhkan kita dari siksaan api neraka. Orang yang membaca surat Al Mulk akan dimasukkan ke dalam surga dengan penuh kebahagiaan. 

Demikianlah penjelasan tentang keutamaan membaca surat Al Mulk.

Membaca dan mengamalkan surat Al Mulk akan mendatangkan banyak manfaat, baik di dunia maupun di akhirat. Yuk, baca dan amalkan!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration