Surat Al Baqarah, merupakan surat ke dua di dalam Alquran yang berjumlah 286 ayat, serta termasuk ke dalam surat Madaniyah. Setiap ayat dalam surat Al Baqarah, mengandung makna yang berbeda-beda. 

Kali ini, Popbela akan membahas mengenai kandungan surat Al Baqarah ayat 285 dan 286. Bagi umat muslim yang membaca surat Al Baqarah ayat 285 dan 286 pada malam hari, akan mendapat kecukupan dunia akhirat dari Allah SWT. 

Dalam hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Agar kamu tidak penasaran, inilah bacaan surat Al Baqarah ayat 285 sampai 286 lengkap terjemahan dan kandungannya yang terdapat di dalamnya.

Bacaan surat Al Baqarah ayat 285-286

Surat Al Baqarah Ayat 285 & 286, Beserta Terjemahan dan KandungannyaShutterstock/Kingmaya Studio

Al Baqarah ayat 285 

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِۦ ۚ وَقَالُوا۟ سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ ٱلْمَصِيرُ

amanar-rasulu bima unzila ilaihi mir rabbihi wal-mu minun, kullun amana billahi wa mala ikatihi wa kutubihi wa rusulih, la nufarriqu baina ahadim mir rusulih, wa qalu sami'na wa ata'na gufranaka rabbana wa ilaikal-masir

Artinya: Rasul telah beriman kepada Alquran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan), "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya," dan mereka mengatakan, "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa), "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali."

Al Baqarah ayat 286

لَا يُكَلِّفُ ٱللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا ٱكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ إِن نَّسِينَآ أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُۥ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِۦ ۖ وَٱعْفُ عَنَّا وَٱغْفِرْ لَنَا وَٱرْحَمْنَآ ۚ أَنتَ مَوْلَىٰنَا فَٱنصُرْنَا عَلَى ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ 

La yukallifullahu nafsan illa wus'aha, laha ma kasabat wa 'alaiha maktasabat, rabbana la tu`akhizna in nasina au akhta`na, rabbana wa la tahmil 'alaina israng kama hamaltahu 'alallazina ming qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa'fu 'anna, wagfir lana, war-hamna, anta maulana fansurna 'alal-qaumil-kafirin

Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa), "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Kandungan surat Al Baqarah ayat 285-286

1. Menjadikan waktu malam istimewa

Surat Al Baqarah Ayat 285 & 286, Beserta Terjemahan dan KandungannyaBritishmuslim

Kandungan yang terdapat dalam surat Al Baqarah ayat 285 sampai 286, telah membuat waktu malam menjadi istimewa. Sebagai seorang muslim, tentunya kita mengetahui mengenai salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa, yaitu pada sepertiga malam. Selesai salat, kita dapat membaca surat Al Baqarah ayat 285 sampai 286, agar diberikan kecukupan rezeki dunia akhirat.

2. Jauh dari godaan jin dan setan

Surat Al Baqarah Ayat 285 & 286, Beserta Terjemahan dan Kandungannyaelemen envato

Dalam hadis, dijelaskan bahwa rumah yang dihuni oleh orang-orang yang senang membaca 2 ayat terakhir dari surat Al Baqarah, akan dijauhi oleh jin dan setan. Imam Thabrani meriwayatkan hadis dari Syaddad bin Aus RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT telah menuliskan dua catatan seribu tahun sebelum Dia menjadikan langit dan bumi.  Kemudian, Dia menurunkan catatan itu, yakni dua ayat terakhir Surat Al Baqarah. Jika saja seseorang tidak membacanya di rumahnya selama tiga malam, maka setan pun pasti akan mendekati rumahnya.”

3. Diberikan pahala Qiyamul Lail

Surat Al Baqarah Ayat 285 & 286, Beserta Terjemahan dan KandungannyaiStockphoto

Membaca dan mengamalkan kandungan surat Al Baqarah ayat 285 sampai 286, akan diberikannya pahala setara ibadah pada malam Qiyamul Lail. Hal ini dijelaskan dalam hadis Ibnu Mas'ud Al Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda, "Allah telah menurunkan dua ayat Alquran yang merupakan gudangnya surga. Dia Yang Maha Rahman (Pengasih), telah menuliskannya sendiri sebelum diciptakannya makhluk selama seribu tahun yang silam. Barangsiapa yang membaca dua ayat itu (Surat Al Baqarah ayat 285-286) setelah salat isya pada akhir malam, maka cukuplah baginya ganjaran dari Qiyamul Lail (bangun malam untuk beribadah).”

4. Ayat pengingat kebesaran Allah SWT

Surat Al Baqarah Ayat 285 & 286, Beserta Terjemahan dan KandungannyaGetty Images/Rifka Hayati

Kandungan surat Al Baqarah ayat 286, menjelaskan mengenai kekuasaan Allah SWT, yang tidak akan memberikan cobaan di luar batas kemampuan hambanya. Dapat dipahami, bahwa kemampuan setiap orang berbeda-beda dalam memikul masalah, maka, Allah SWT telah memberikan ujian yang berbeda-beda pula untuk hambanya. Sebagai hambanya, kita harus tetap tawakal dan berdoa kepada-Nya, agar diberikan jalan untuk melalui ujian dari-Nya.

Itulah 2 ayat terakhir surat Al Baqarah 285 dan 286, beserta kandungannya yang dapat kamu amalkan. Tidak ada ayat Alquran yang buruk atau tidak bermakna, setiap ayat yang diturunkan oleh Allah SWT, mengandung makna yang begitu luar biasa, untuk umat yang mau mengamalkannya. Jadi, sudahkah kamu membaca dan mengamalkan kandungan surat Al Baqarah ayat 285 sampai 286, setiap harinya?

Baca Juga: Bacaan Surat Ad Dhuha, Beserta Arti dan  Kandungannya 

Baca Juga: Jauhkan Stres, Ini 9 Surat dalam Alquran yang Menenangkan Hati

Baca Juga: 7 Keutamaan Surat Al-Mulk & Bacaannya Bagi Umat Muslim