Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sebentar Lagi Ramadhan, Ini Tips Untukmu yang Berburu Tiket Mudik

Yang belum dapet, jangan sedih ya

Andina Rahayu

Meski lebaran masih bulan Juni, tapi merencanakan persiapan mudiknya harus dilakukan sesegera mungkin. Salah satunya adalah mencari tiket mudik ke kampung halaman. Biasanya moda transportasi apa yang kamu gunakan, Bela? Kereta api, bus, kapal, atau pesawat?

Khusus pembelian tiket kereta, sudah dibuka sejak H-90, dan bahkan sekarang juga sudah hadir tiket kereta api tambahan. Jangan sampai karena kamu tidak siap, tiket mudik tidak bisa kamu dapat dan berdampak pada kamu yang tidak bisa berkumpul dengan keluarga. Simak lima tips memesan dan membeli tiket lebaran di bawah ini agar tidak kehabisan!

Pastiin koneksi internet stabil dulu ya!

Pexels.com/rawpixel.com

Untuk kepentingan berburu tiket mudik setahun sekali, sebelumnya kami sarankan supaya kamu mempersiapkan perangkat telepon seluler atau komputer dengan jaringan internet yang cepat dan stabil ya. Jangan sampai kamu gagal mendapatkan tiket hanya karena koneksi internet yang tidak memadai.

Stand by tengah malam (jaga-jaga ada tiket kereta tambahan)

Pexels.com/Junior Teixeira

Kalau memang kamu berencana mudik dengan kereta api, maka bersiaplah untuk begadang. Sebab, tiket KA selalu dirilis PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada pukul 00.00 WIB. Kalau kamu ketiduran, maka bisa jadi tiket KA yang kamu incar sudah habis terjual.

Cek lagi waktu subuh

Pexels.com/picjumbo.com

Ketika kamu sudah begadang hingga tengah malam tapi ternyata tiketnya dinyatakan habis, jangan putus asa. Karena ternyata, tiket KA bisa muncul lagi setelah 3 atau 4 jam. Hal ini bisa terjadi karena ada perubahan status tiket yang sudah dipesan. Bisa jadi memang sudah dipesan, tapi ter-cancel karena si customer tidak kunjung melakukan pembayaran.

Jangan bergantung pada satu aplikasi saja

Pexels.com/Miguel Á. Padriñán

Berburu tiket mudik lebaran berarti kamu mesti siap bersaing dengan belasan ribu calon pemudik lainnya. Bukalah sejumlah aplikasi secara bersamaan, dengan begini probabilitas atau peluangmu mendapat tiket akan lebih besar. Kalau misal tiket keberangkatan di hari yang kamu inginkan sudah habis, ubah rencana keberangkatanmu.

Kalau belum berhasil, pantau pembatalan tiket lewat contact center

Pexels.com/bruce mars

Percayalah bahwa kemungkinan selalu ada. Kalau kamu masih belum berhasil memperoleh tiket mudik, pantau terus pembatalan tiket melalui contact center. Kalau ada pembeli yang membatalkan tiket pesanannya, tiket tersebut akan muncul lagi pada laman pemesanan. Kalau kamu sudah berhasil memesan tiket, segera selesaikan transaksi pembayaranya ya!

Itulah tips memesan dan membeli tiket lebaran. Jadi, apa kamu sudah siap berkumpul bersama keluarga di kampung halaman Bela? Segera booking tiketnya ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration