Mudik, momen yang ditunggu-tunggu oleh semua perantau. Nggak pandang usia dan jenis kelamin, semua berbondong-bondong untuk pulang di kampung halaman. Menikmati hangatnya rangkulan keluarga dan bahagianya bertemu keluarga besar. Inilah yang ditunggu-tunggu, akan tetapi semuanya nggak menjadi sesuai rencana jika kamu kehabisan tiket pulang. Kecewa, kesal dan marah akan menjadi satu karena yang jauh-jauh hari direncanakan menjadi gagal begitu saja. Untukmu para perantau, inilah tips mudik agar kamu nggak kehabisan tiket.

1. Selalu pantau platform penjualan tiket online

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiket

Di zaman yang sudah maju ini, banyak platform online e-commerce yang menjual tiket online, dari mulai pesawat, kereta api bahkan bus. Mungkin pada saat yang berbeda kamu akan menemukan tiket yang kosong saat ada pembatalan tiket. Jadi selalu pantau untuk info ter-update.

2. Siapkan lebih sari satu gadget

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiketpexels.com/ rawpixel.com

Jika kamu ingin lebih membandingkan beberapa platform, kamu bisa memantaunya nggak hanya dari satu device. Gunakan laptop, smartphone kamu ya Bela untuk pembanding. Selain pembanding, penting untuk diingat koneksi internet yang lancar.

3. Ikuti program mudik gratis

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiketpexels.com/ Jimmy Chan

Banyak instansi-instansi pemerintah bahkan swasta yang mengadakan program mudik gratis. Cari tahu informasi selengkapnya karena ini merupakan alternatif mudik dan yang pasti akan menghemat kantong. Jangan lewatkan kesempatan ini ya.

4. Cari tebengan teman yang searah

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiketfreepik.com/ freepik

Pasti banyak darimu yang mempunyai teman satu perantauan. Jika mereka pulang menggunakan kendaraan pribadi, mengapa nggak untuk mencari tebengan. Mungkin yang harus kamu ingat untuk juga mengisi bensin dan bergantian mengemudi saat temanmu lelah ya. Selain lebih irit, hal ini juga akan membuat pertemananmu lebih erat bukan?

5. Jangan cari yang paling murah

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiketpexels.com/ Torsten Dettlaff

Jika musim mudik tiba, permintaan akan kendaraan transportasi umum meningkat drastis. Semakin murah harga tiket, akan semakin banyak peminatnya. Hal ini juga berarti kamu mempunyai lebih sedikit kesempatan daripada harga tiket yang lebih mahal. Sebagai contoh, kamu bisa menganggarkan untuk naik kereta api eksekutif daripada ekonomi.

6. Cari tiket dengan perjalanan transit

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiketpexels.com/ Negative Space

Akan ada banyak kemungkinan untuk kamu sampai ke tempat tujuan, dengan perjalanan transit contohnya. Kemungkinan ini akan lebih besar kamu mendapatkannya daripada kamu perjalanan langsung. Semisal kamu akan melakukan perjalanan kereta api dari Jakarta ke Semarang, sebagai opsi kamu bisa transit dulu di Cirebon dengan rute Jakarta-Cirebon dan Cirebon-Semarang. Mungkin hal ini akan sedikit melelahkan, tetapi untuk bertemu keluarga tercinta, apa salahnya?

7. Alternatif transportasi lain

Tips Mudik Agar Nggak Kehabisan Tiketunsplash.com/ Annie Spratt

Saat merencanakan untuk mudik ke kampung halaman, akan lebih baik untuk membuat planning B. Sebagai contohnya saat kamu kehabisan untuk mendapatkan tiket kereta api, kamu dapat langsung bisa memesan travel ataupun bus antar propinsi.

Baca Juga: Hindari Modus Kejahatan di Transportasi Umum Saat Mudik