Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Paling Efektif Agar To-Do List Milikmu Benar-Benar Terlaksana

Jangan biarkan hanya menjadi wacana

Andina Rahayu

Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan istilah to-do list kan, Bela? Yap, daftar hal-hal yang harus dilakukan itu berguna untuk menumbuhkan motivasi. Tapi nyatanya, tidak semua orang menindaklanjuti atau benar-benar melakukan apa yang mereka tulis pada to-do list mereka sendiri.

Agar to-do list yang kamu buat tidak sia-sia dan semua daftar itu terlaksana, ada tips yang mesti kamu perhatikan dan tentu lakukan juga. Mulai sekarang, jangan biarkan to-do list milikmu hanya menjadi wacana ya! 

Tulis tugas yang sudah pasti akan kamu kerjakan

Mungkin saja kamu punya banyak pekerjaan disaat bersamaan. Tapi jangan pernah masukkan semuanya dalam list-mu ya. Pastikan yang kamu catat adalah tugas yang memang paling penting dan harus segera diselesaikan.

Jelaskan dengan rinci tentang apa yang harus kamu kerjakan

Percayalah bahwa semakin detail tugas-tugas yang kamu tuliskan dalam list-mu, maka akan semakin mudah pula kamu menyelesaikannya. Daripada menuliskan "Rapikan kamar!" akan lebih baik dengan "Ganti sprei, buang sampah, cuci baju kotor!"

Gunakan kalimat perintah

To-do list adalah perintah pada dirimu sendiri. Karena itulah, setiap kalimat sebaiknya menggunakan kalimat perintah. Dengan begitu, maka otakmu akan lebih cepat memproses apa saja yang harus kamu kerjakan hari ini. Jangan lupa gunakan tanda seru juga di belakang setiap kalimat ya!

Update rutin isi to-do list mu

Jangan pernah biarkan isi to-do list mu tidak diganti selama berhari-hari atau malah berminggu-minggu. Sebisa mungkin update isinya setiap hari. Tak butuh waktu lama, setidaknya berikan waktu 5-20 menit ketika malam hari untuk mengevaluasi list apa saja yang sudah kamu selesaikan selama sehari.

Selalu mulai dengan tugas nomor satu dan fokuslah

Setiap pagi selalu mulailah untuk menyelesaikan tugas nomor satu lebih dulu. Fokus, dan jangan melakukan hal lain sampai benar-benar selesai. Pastikan setiap tugas selalu mendapat perhatian penuh. Jika sudah, baru beralihlah pada tugas kedua dan seterusnya. Jika akhirnya ada tugas yang belum tersentuh, masukkan pada to-do list esok harinya.

Jika ada tugas yang tak kunjung kamu selesaikan selama berhari-hari, bisa jadi sebenarnya tugas itu tidak terlalu penting untukmu dan kamu akan tetap baik-baik saja tanpa melakukannya. Ada baiknya, hapus saja dari to-do list mu ya. Intinya buatlah to-do list yang memotivasi, bukan yang malah melemahkan semangatmu.

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Inspiration