Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penuh Makna, 8 Grup Kpop Gunakan Bahasa Isyarat dalam Koreografi

Sebuah tindakan yang menyentuh hati!

Ajenk Rama

Dapat terhubung dan mendengarkan musik yang dibawakan oleh grup Kpop menjadi sesuatu istimewa bagi penggemar. Namun, tidak semua penggemar dapat memahami makna yang disampaikan oleh musisi Korea Selatan. 

Para anggota grup Kpop pun menyadari kesulitan yang dialami oleh penggemar. Oleh karena itu, mereka berusaha menggunakan bahasa isyarat dalam koreografinya agar penggemar yang memiliki keterbatasan tetap bisa menikmati karya tersebut.

Penggunaan bahasa isyarat dalam koreografi grup Kpop sukses menyentuh hati penggemar di seluruh belahan dunia. Hal ini menunjukkan besarnya perhatian sang idola kepada penggemar. Lantas, siapa saja grup Kpop yang menggunakan bahasa isyarat dalam koreografinya? Dirangkum dari berbagai sumber, simak daftarnya di bawah, Bela. 

1. BTS

Allkpop.com

Belum lama merilis lagu "Permission to Dance" ciptaan Ed Sheeran dan menuai banyak prestasi, koreografi BTS langsung menyedot perhatian karena menyelipkan gerakan yang bermakna bahasa isyarat Amerika atau America Sign Langauge (ASL) dalam koreografi mereka. 

Ada tiga bahasa isyarat yang BTS gunakan di koreografinya, yakni menari, bahagia dan damai. Penggunaan bahasa isyarat dalam lagu "Permission to Dance" membuat warganet tersentuh karena grup yang dipimpin oleh RM ini, menyatukan keberagaman dan memastikan semua orang dapat menikmati lirik lagu tersebut dengan baik. 

2. T-ARA

T-araworld.net

Sekitar 2016 lalu, T-ARA yang masih bernaung di bawah agensi MBK Entertainment saat itu comeback dengan judul lagu "Tiamo". Dalam lagu tersebut, T-ARA menggunakan bahasa isyarat sebagai bagian inti dari koreografi. 

Pada bagian chorus, penggemar dapat melihat dengan jelas bahasa isyarat yang berusaha T-ARA suguhkan khusus untuk penggemar. Ada pula gerakan dengan para anggota T-ARA memutar tangan kanan di atas tangan kiri yang mengepal. Gerakan itu memiliki arti cinta atau tiamo sesuai dengan judul mereka. 

3. MAMAMOO

Twitter.com/soompi

Debut di agensi Rainbow Bridge World, MAMAMOO pernah menyelipkan bahasa isyarat dalam koreografi mereka di lagu "Starry Night". Keempat anggota MAMAMOO menampilkan bahasa isyarat tersebut, tepat di bagian chorus yang memiliki arti 'ini malam yang berbintang' dan 'bintang yang bersinar' pada menit ke 1:10. 

Tak hanya di koreografi, tetapi para anggota MAMAMOO juga kerap memakai bahasa isyarat untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan menyentuh saat acara jumpa penggemar. 

4. SEVENTEEN

Youtube.com/mnetkpop

Menjadi salah satu grup besutan Pledis Entertainment yang populer, SEVENTEEN tidak ketinggalan untuk menggunakan bahasa isyarat dalam koreografi mereka di lagu "Thanks". Dalam lagu tersebut, SEVENTEEN memakai bahasa isyarat di bagian intro dan akhir lagu dengan mengaitkan jari kelingking yang bermakna janji. 

Sementara di bagian chorus, mereka turut menyisipkan bahasa isyarat di lirik kata 'Gomapta' yang berarti terima kasih. Selain di lagu "Thanks", SEVENTEEN juga pernah menyelipkan bahasa isyarat dalam koreografinya di lagu "Pretty You" dan "Clap", lho. Apakah kamu menyadarinya, Bela? 

5. BTOB

Kpopping.com

Terkenal sebagai grup Kpop yang pandai menghibur, BTOB ternyata pernah memakai bahasa isyarat di lagu mereka berjudul "Missing You". Ada beberapa lirik lagu yang gerakan koreografinya menggunakan bahasa isyarat, seperti 'merindukanmu' dan 'setahun telah berlalu'. Dengan alunan musik yang menyentuh, bahasa isyarat yang digunakan BTOB pada 2017 lalu berhasil membuat penggemar tidak kuasa menahan air mata.

6. ASTRO

Koreaboo.com

Tengah melangsungkan comeback dengan lagu utama "ONE", ASTRO yang beranggotakan enam orang anggota ini tiba-tiba menjadi topik hangat di kalangan warganet pada 25 April 2021. Hal ini bermula saat Rocky, salah satu anggota ASTRO ditunjuk menjadi ending fairy dalam acara musik Inkigayo.

Jika biasanya bintang idola memanfaatkan momen ending fairy dengan berpose keren atau imut, Rocky memilih untuk mengakhiri penampilan dengan menggunakan bahasa isyarat yang bermakna mendalam bagi siapa saja yang melihat penampilan manis dari Rocky tersebut. 

7. WEi

Youtube.com/mnetkpop

Menjadi salah satu lagu paling emosional milik BTS, WEi yang debut di bawah agensi Oui Entertainment berkesempatan untuk membawakan lagu "Spring Day" di acara Mnet Countdown spesial Natal pada 2020 lalu.

Di acara tersebut, WEi melakukan cover dengan sentuhan khusus dan penuh makna yang diberikan. Tak hanya menyuguhkan penampilan keren, tetapi WEi juga berusaha menambahkan bahasa isyarat di tengah koreografi, lho. 

8. LABOUM

Koreanarea.com

Dirilis pada 2018 lalu, lagu "Heal Song" milik LABOUM yang menghangatkan hati ini pernah tampil dengan bahasa isyarat pada bagian akhir koreografinya. Mereka memakai bahasa isyarat sebagai bentuk terima kasih kepada penggemar. Para anggota LABOUM mengungkapkan melalui lagu tersebut, penggemar bisa terhibur dan tersentuh dengan bahasa isyarat yang mereka tampilkan. 

Tak hanya penggemar yang setia memberikan dukungan, tetapi sang idola turut memberikan ucapan terima kasih dan dukungan hangat ke penggemar melalui bahasa isyarat yang terselip di koreografi mereka, nih.

Keren banget, kan. Menurut kamu, siapa lagi grup Kpop yang pernah menggunakan bahasa isyarat dalam koreografi mereka, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration