Para BTS ARMY tentu tahu jika seharusnya tahun ini Kim Seok-jin dijadwalkan melaksanakan pelatihan wajib militer. Namun, laporan baru-baru ini menunjukkan bahwa pemerintah Korea membuat cara yang memungkinkan untuk mendaftarkan semua anggota bersama-sama.

Pertanyaan tentang pelatihan wajib militer anggota BTS selalu dalam ketidakpastian. Sehingga, hal ini menjadi perbincangan yang cukup alot, sampai akhirnya mencuat berita rencana untuk memasukkan idola K-pop di bawah pengecualian. Mereka diizinkan untuk menunda pendaftaran pada usia 30 tahun.

BTS Bisa Menunda Wamil demi Kepentingan Nasional Korea Selatanbtsbomb.com

Melansir dari Koreaboo.com, di bawah amandemen Undang-Undang Dinas Militer Korea Selatan baru-baru ini, tujuh anggota BTS dapat menunda dinas militer mereka. Seorang pejabat senior militer Korea Selatan ingin memberi BTS pilihan untuk menunda pendaftaran mereka, demi kepentingan nasional negara itu.

Amandemen tersebut mulai berlaku pada 23 Juni 2021, yang memungkinkan pria Korea Selatan yang telah diakui atas prestasi artistik atau atletik mereka, untuk menunda wajib militer mereka hingga usia 30 tahun.

BTS Bisa Menunda Wamil demi Kepentingan Nasional Korea Selatanwire.co.uk

Untuk menunda wajib militer mereka di bawah amandemen baru, idola K-Pop harus menerima penghargaan budaya dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata.

Biasanya, hanya musisi dengan lebih dari 15 tahun di industri ini yang dapat menerima penghargaan budaya. Namun, BTS dianugerahi Order of Cultural Merit pada tahun 2018 hanya lima tahun setelah debut mereka. Hal ini sebagai pengakuan upaya para Bangtan Boys ini dalam menyebarkan budaya dan bahasa Korea ke seluruh dunia.

BTS Bisa Menunda Wamil demi Kepentingan Nasional Korea Selatankoreaboo.com

Sebuah artikel dari UPI menyatakan bahwa Jung Seok Hwan, kepala Administrasi Tenaga Kerja Militer, mengungkapkan pada sebuak harian Korea, bahwa keputusan untuk memberikan kesempatan kepada penerima Order of Cultural Merit untuk menunda dinas militer mereka dibuat untuk “meminimalkan kontroversi mengenai perlakuan istimewa”.

Jung Seok Hwan lebih lanjut menyatakan bahwa BTS menunda dinas militer mereka akan menjadi kepentingan negara karena mereka “meningkatkan nilai merek nasional.”

Sementara itu, Jin sendiri turut bersemangat ketika waktunya tuba untuk menjalani kewajiban tersebut. “[Layanan militer] adalah tugas penting bagi negara kita. Jadi aku merasa bahwa aku akan berusaha untuk bekerja sekeras semampuku dan melakukan yang terbaik sampai aku dipanggil,” ungkapnya.

BTS Bisa Menunda Wamil demi Kepentingan Nasional Korea Selatanvariety.com

Untuk saat ini, ARMY tentu masih ditemani oleh BTS bersama dengan rilisan-rilisan terbaru mereka. Melansir dari btsbomb.com, pemerintah Korea sedang bekerja dan mengupayakan untuk mendaftarkan semua anggota BTS bersama-sama pada tahun 2025 mendatang dan juga akan kembali bersama-sama.

Baca Juga: Baru Rilis, Ini 7 Fakta Tentang MV BTS Terbaru, 'Permission to Dance'

Baca Juga: Tahun 2021, 16 Artis & Idol KPop Ini Akan Selesai Wamil 

Baca Juga: Bebas Wajib Militer, Ini Penyakit yang Diderita 5 Aktor Korea