Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mantan Trainee Idol, 10 Fakta Seol In Ah 'A Business Proposal'

Namanya tengah menjadi sorotan publik

Ajenk Rama

Selain mengharumkan nama Ahn Hyo Seop dan Kim Se Jeong, A Business Proposal juga melambungkan nama Seol In Ah. Ia berperan sebagai Jin Young Seo. Berkat peran tersebut, Seol In Ah menerima banyak pujian dari publik.

Adegan ciumannya dengan sekretaris Cha, membuat rating drama mereka menembus 10.1% berdasarkan data Nielsen Korea. Padahal sebelum populer di A Business Proposal, ia pernah menjadi trainee idol K-Pop.

Nggak hanya itu, Seol In Ah juga sering muncul di drama Korea terpopuler, seperti salah satunya, Mr. Queen. Ada yang menyadarinya? Duh, makin penasaran sama sosok cantik satu ini. Yuk, kepo-in langsung kisah hidup Seol In Ah di sini. 

1. Debut akting di drama IU

Dienanh.net

Aktris kelahiran 3 Januari 1996 ini menggeluti dunia seni peran dari tahun 2015. Seol In Ah pertama kali muncul di The Producer, sebuah drama Korea yang dibintangi IU, Kim Soo Hyun, Gong Hye Jin, dan Cha Tae Hyun. 

Dalam drama garapan Park Jong Min, Seol In Ah memerankan karakter seorang haters Cindy (IU). Ia muncul sebagai pemeran pendukung di episode 10. Sejak saat itu, tawaran proyek drama mulai berdatangan, meski belum menjadi pemeran utama. 

2. Pernah menjadi trainee idol K-Pop

Hancinema.net

Sebelum terjun ke dunia akting, aktris berzodiak Capricorn ini pernah dilirik oleh salah satu agensi hiburan Korea Selatan. Ia menjadi seorang trainee saat kelas dua, sekolah menengah. 

Ia berlatih menari dan menyanyi bersama mantan anggota KARA, yakni Heo Young Ji. Namun, menjadi trainee tidak semudah yang ia bayangkan. Seol In Ah tidak bisa makan dan bermain sesuka hati, karena agensi memiliki aturan ketat. 

Sama seperti trainee lainnya, Seol In Ah pernah memesan ayam sambil menghindari CCTV agar tidak terkena teguran. Namun sayang, proyek girl group yang disiapkan gagal debut, karena kondisi internal. Kendati demikian, paras cantiknya sempat menghiasi musik video klip DND (Do not Distrub) milik solois John Park di tahun 2017. 

3. Dapat pengakuan di Strong Woman Do Bong Soon

Dailyasia.com

Gagalnya proyek debut Seol In Ah sebagai bintang idola membuat ia memilih untuk pindah haluan ke jalur akting dan mendalami ilmu di Institut Seni Seoul jurusan Akting. Seol In Ah menekuni dunia seni peran dengan bernaung di agensi OUI Entertainment.

Talenta akting Seol In Ah mulai mendapat pengakuan saat dirinya beradu akting dengan Park Bo Young dan Park Hyung Sik di Strong Woman Do Bong Soon (2017) sebagai Jo Hee Ji. 

Usai drama tersebut, ia tampil di School 2017. Seol In Ah memerankan karakter Hong Nam Joo. Di tahun yang sama pula, ia debut layar lebar lewat film Close Your Eyes bersama Baro eks 'B1A4' sebagai Park Mi Rim. 

4. Dapat peran utama di Sunny Again Tomorrow

Tvtime.com

Menjajal berbagai karakter di berbagai drama Korea populer, Seol In Ah mendapatkan peran utama di Sunny Again Tomorrow dengan berperan sebagai Kang Ha Nee di tahun 2018. 

Perannya di drama tersebut membantu Seol In Ah untuk membawa pulang penghargaan pertama kategori Best New Actress di KBS Drama Awards. Setelah itu, ia muncul di Law of The Jungle di Meksiko. Seol In Ah menjadi salah satu peserta yang harus bertahan hidup di alam liar. 

5. Ingin mencoba akting aksi

Twitter.com/_seoriina

Sebagai penggemar olahraga Taekwondo dan Jujitsu, Seol In Ah pernah mengatakan bahwa ia ingin mencoba sebuah proyek drama aksi dalam sebuah wawancara. Ia mengungkapkan keinginan untuk bisa berakting dengan peran, yang mirip dengan penjahat di Killing Eve

6. Mengenal Chung Ha sejak sekolah

Soompi.com

Seol In Ah dan Chung Ha pernah bertemu di It's Okay To Be Slightly Crazy. Untuk pertama kalinya, mereka mengambil tantangan panjat tebing. Sebelum terjun ke dunia hiburan, ternyata keduanya telah saling mengenal satu sama lain. 

Pertemuan pertama mereka bermula saat menghadiri akademi tari semasa sekolah. Sejak saat itu, Seol In Ah dan Chung Ha berteman dekat. Keduanya memiliki kemiripan dalam hal kepribadian, yakni supel dan mudah bersosialisasi. 

7. Penyayang binatang

Kbizoom.com

Pada 2021, Seol In Ah pernah muncul di reality show berjudul Dogs Are Incredible. Di acara itu, ia menceritakan kisahnya bertemu dengan seekor anjing bernama Julie, yang kini menjadi hewan peliharaannya. 

"Julie ditinggalkan dan saya bertemu sang pemilik di tempat pembuangan sampah, di mana ia meninggalkan semua anjing-anjingnya, termasuk Julie."

Seol In Ah sangat menyayangi Julie seperti keluarganya sendiri. Ada momen saat Julie tersesat hampir dua minggu dan sang aktris menghabiskan waktunya untuk menemukan Julie.

Ia menempelkan selembaran di sekitar lingkungan dan meminta kepada 500 orang untuk mencari Julie. Bahkan, Seol In Ah rela menggunting pakaian demi membantu Julie pulang ke rumah. Usahanya membuahkan hasil, ia kembali bertemu Julie setelah 13 hari.

8. Bersahabat karib dengan Kim Se Jeong

Kbizoom.com

Sejak dipertemukan lewat School 2017, Seol In Ah menjalin persahabatan yang indah dengan Kim Se Jeong. A Business Proposal menjadi ajang reunian keduanya, dan di sini, mereka juga berperan menjadi seorang sahabat yang saling dukung di drama.

"Saya menyadari bahwa kami berdua telah tumbuh dewasa dan semua dapat merasakannya. Setiap kali kami tampil bersama di lokasi syuting, para staff akan menyebut kami sebagai dua archaeopteryx," imbuh Kim Se Jeong

9. Pernah muncul di drama Park Bo Gum

Instagram.com/_seorina

Masih ingat dengan drama terakhir yang dibintangi oleh Park Bo Gum sebelum wajib militer? Yup, Record of Youth adalah drama perpisahan sang aktor di tahun 2020 bersama Park So Dam. Ternyata, di drama tersebut, Seol In Ah pernah muncul sebagai cameo. Ia memerankan karakter Jung Ji Ah, mantan pacar dari Sa Hye Jun (Park Bo Gum). 

10. Sosok aktris yang bertalenta

Instagram.com/seolinah_seorina

Lama berkarier di dunia hiburan, Seol In Ah memiliki banyak kemampuan di berbagai bidang. Nggak hanya akting dan model iklan, tetapi ia juga sosok aktris yang sukses membawakan program acara berjudul Section TV sejak tahun 2017. 

Kepiawaian Seol In Ah sebagai MC mengantarkannya ke trofi penghargaan Female Rookie Award in Show di tahun 2018 kategory Sitkom. Setahun kemudian, ia berhasil membawa pulang trofi lain dari dunia seni peran, yakni Excellence Award, Actress in a Serial Drama di KBS Drama Awards atas perannya di Beautiful Love, Wonderful Life. 

Itulah serba-serbi kehidupan Seol In Ah dari awal debut hingga membintangi drama Korea terpanas, A Business Proposal. Paket lengkap banget, ya, Bela. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration