Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bak Wisata Masa Lalu, 8 Drama Korea Tentang Perkembangan Sejarah

Mana yang pernah kamu tonton?

Ajenk Rama

Drama Korea menghadirkan banyak pilihan genre dan tema untuk dinikmati oleh penonton, salah satunya perkembangan sejarah di Negeri Ginseng tersebut. Banyak drama berlatar era Joseon hingga Goryeo yang membuat penonton luar negeri belajar hal baru di drama tersebut.

Selain drama kolosal, ada sejumlah drama Korea yang menampilkan unsur perkembangan sejarah baik fesyen, peristiwa penting yang terjadi selama periode waktu tertentu, atau bangunan ikonik yang menjadi tren di dunia hiburan.

Apa saja drama Korea tersebut? Yuk, intip daftar serunya di bawah ini yang bisa menemani kamu menghabiskan waktu luang di akhir tahun 2022.

1. Giant (2010)

Hancinema.net

Balas dendam menjadi tema utama dari drama Korea, Giant yang diperankan oleh Hwang Jung Eum, Joo Sang Wook, Park Sang Min, hingga Lee Beom Soo. Ketiga saudara kandung memiliki niat terselubung pasca kematian orang tua dan perpisahan satu sama lain.

Lee Kang Moo (Lee Beom Soo), Lee Mi Joo (Hwang Jung Eum), dan Lee Sung Moo (Park Sang Min) tumbuh besar dengan berbagai situasi yang menyulitkan. Pengkhianatan dari wali mereka, kehamilan tidak terduga, hingga kecelakaan maut yang merenggut hidup mereka di masa dewasa.

Peristiwa kelam membuat mereka bersatu untuk membalas dendam atas kematian sang ayah. Giant mengambil latar ekonomi Korea Selatan di 1970-an mengenai Revolusi Industri yang diperbaharui dan kemunculan kaum buruh.

Tak hanya itu, drama ini juga memberikan gambaran Korea di tahun 1950 sampai 1960-an saat negara tersebut tengah berusaha keluar dari Perang Korea.

2. Bridal Mask (2012)

Hancinema.net

Muak dengan segala penindasan yang dialami oleh keluarga demi gerakan Kemerdekaan Korea, Lee Kang To (Joo Won) mengambil arah berbeda dengan menjadi petugas polisi. Ia bertemu dengan sosok bertopeng yang datang untuk menyelamatkan pejuang berkali-kali. 

Selama berkarier, Kang To menyadari bahwa rezim kolonial Jepang sangat tidak adil dan menyamar untuk memperjuangkan kemerdekaan Korea juga. Drama Korea, Bridal Mask berlatarkan tahun 1930-an.

Dari drama ini, penonton bisa melihat dan merasakan Korea sebelum Perang Korea pecah dan saat penduduk di negara tersebut berada di bawah hukum negara asing. Bridal Mask sukses menggambarkan perjuangan para pejuang kemerdekaan yang harus bertahan dan berbagai momen pilihan sulit yang harus dipilih oleh beberapa karakter di drama tersebut.

3. Rooftop Prince (2012)

Hancinema.net

Sebelum aplikasi streaming merajalela, salah satu stasiun televisi lokal Indonesia pernah menayangkan drama Korea lawas yang dibintangi oleh Park Yoo Chun dan Han Ji Min sebagai pemeran utama.

Rooftop Prince mengisahkan seorang putra mahkota Kerajaan Joseon, Lee Gak (Park Yoo Chun), yang melakukan perjalanan waktu usai istrinya meninggal secara misterius. Suatu hari, Lee Gak bersama tiga rekannya terdampar di rumah atap milik Park Ha (Han Ji Min) dengan pakaian dari era Joseon.

Rumah atap dalam Rooftop Prince menjadi bagian paling ikonik di tahun tersebut. Sejak saat itu, banyak drama Korea yang menggunakan rumah atap sebagai lokasi syuting.

4. Reply 1997 (2012)

Hancinema.net

Ini adalah musim pertama dari seri Reply. Drama yang mempertemukan Seo In Guk dan Jung Eun Ji ini menceritakan sekelompok teman sekolah menengah yang menjalani hidup dan cinta pertama mereka.

Yoon Yoon Jae (Seo In Guk), Sung Shi Won (Jung Eun Ji), Kang Joon Hee (Hoya), Do Hak Chan (Lee Si Eon) membentuk sebuah geng. Bagian menyenangkan dari Reply 1997 yaitu banyak plot twist dan adegan memorable lainnya.

Penampilan grup K-Pop lawas, H.O.T dan telepon umum menjadi beberapa properti paling trendi dalam drama Korea, Reply 1997 di akhir 1990-an. Tak hanya itu, drama tersebut juga memperlihatkan beberapa produk seperti alat elektronik atau tren fesyen di masa lalu.

Kamu juga dapat melihat keriuhan fandom (basis penggemar) di era 90-an saat salah satu karakter di Reply 1997 tengah menonton konser H.O.T.

5. Reply 1994 (2013)

Pinterest.com

Sung Na Jung (Go Ara) mengenang masa lalu yang indah di pertengahan 1990-an ketika orang tuanya pindah ke Seoul dari pedesaan. Mereka menyediakan rumah sewa dan ia bertemu dengan calon pasangannya. 

Tidak jauh dengan seri pertama, identitas calon suami dirahasiakan hingga akhir episode. Sseureki (Jung Woo), Sam Cheon Po (Kim Sung Kyun), Chil Bong (Yoo Yeon Seok), Haitai (Son Ho Jun), Bing Grae (Baro), dan Jo Yoon Jin (Min Do Hee) menjadi penghuni rumah sewa. 

Liga Bola Basket Korea serta Seo Taiji and the Boys hanya sebagian dari perkembangan sejarah sekitar tahun 94-an. Dua hal itu sangat digandrungi di Korea Selatan kala itu dan semua karakter menyukai grup hip-hop tersebut.

6. Reply 1988 (2015)

Hancinema.net

Sekelompok teman masa kecil mempertahankan ikatan kuat di antara mereka hingga masa remaja. Sung Duk Sun (Hyeri), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi), dan Choi Taek (Park Bo Gum) merupakan tetangga dan teman terbaik di masa itu.

Namun, sulit untuk menjaga hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan karena cinta bersemi antara Sung Duk Sun dengan beberapa temannya. Lagi-lagi, identitas calon suami tetap terjaga kerahasiaannya.

Reply 1988 menjadi seri Reply paling terpopuler di tahun tersebut. Dalam seri terakhir ini, Olimpiade Musim Panas 1988 menjadi fokus utama. Kala itu, Korea Selatan bersemangat karena diberikan kesempatan untuk tampil di panggung global.

Hal itu membuka jalan bagi budaya Korea terlihat di mata dunia. Selama pertandingan, keluarga di Reply 1988 terpaku ke layar televisi klasik dan bersorak untuk tim tuan rumah. Sama seperti Reply lainnya, drama ini penuh dengan momen nostalgia dan persahabatan yang mengharukan.

7. Snowdrop (2021)

Hancinema.net

Sempat diwarnai polemik, drama Korea yang dibintangi oleh Jisoo 'BLACKPINK' dan Jung Hae In menceritakan kisah cinta emosional antara mata-mata Korea Utara, Su Ho (Jung Hae In) dengan mahasiswi bernama Young Ro (Jisoo) di tahun 1987.

Selama penayangan, rating Snowdrop sempat naik dan turun. Namun, berhasil melesat saat tim produksi merilis tiga episode sekaligus untuk meluruskan kesalahpahaman dan rumor yang berkembang di masyarakat Korea Selatan. 

Tak sekadar romansa, tetapi Snowdrop menyelipkan sejarah pergerakan Korea Selatan di tahun 87-an, yang menjadi saksi bisu kelamnya Negeri Ginseng karena banyak korban jiwa berjatuhan.

8. Pachinko (2022)

Hancinema.net

Drama Korea garapan Kogonada dan Justin Chon ini menggandeng sejumlah pemeran ternama seperti Lee Min Ho, Kim Min Ha, Youn Yuh Jung, hingga Jin Ha yang berkisah mengenai romansa terlarang antara Koh Hansu dengan Sun Ja.

Koh Hansu digambarkan sebagai saudagar kaya yang berasal dari keluarga terpandang di Jepang. Ia telah memiliki seorang istri di Jepang, namun pertemuannya dengan Sun Ja membuatnya jatuh hati.

Sebelum rilis resmi, Pachinko menerima ulasan positif dan pujian dari berbagai kritikus. Polemik kehidupan di masa perang menjadi tema utama dari perkembangan sejarah Korea Selatan. Penonton dapat melihat gambaran kisah nyata orang Korea yang berupaya untuk bertahan hidup di masa penjajahan hingga pasca-pembebasan.

Itulah rekomendasi drama Korea mengenai perkembangan sejarah Korea. Ada yang menjadi favoritmu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration