Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rekomendasi 9 KDrama Detektif Bagi Penyuka Misteri & Teka-Teki

Cocok untuk kamu yang ingin jadi detektif dadakan!

Aisyah Banowati

Drama Korea terkenal karena memiliki jalan cerita menarik yang didukung dengan kemampuan berakting dari jajaran pemainnya. Mulai dari drama percintaan, komedi, fiksi ilmiah, melodrama, hingga misteri lengkap bisa kamu nikmati. 

Jika kamu penyuka tontonan yang menegangkan, penuh teka-teki, serta ingin mengetahui bagaimana cara berpikir penjahat, artikel ini tepat untuk kamu. Berikut adalah daftar drama Korea detektif untuk kamu yang suka tantangan dan penuh rasa ingin tahu!

1. Through The Darkness (2022)

Through The Darkness menghadirkan kisah-kisah yang terinspirasi dari kasus nyata, serta dengan gamblang menguraikan detail di balik penangkapan para penjahat. Berbeda dengan drama kebanyakan yang berfokus pada sang “Hero”, drama ini berkisah tentang profiler kriminal pertama di Korea Selatan.

Sang tokoh, Song Ha Young (Kim Nam Gil), digambarkan sebagai sosok yang jeli dan cerdas, namun dirinya bukanlah jenius yang mengetahui segala hal. Untuk menuntaskan satu kasus, seorang profiler membutuhkan waktu berbulan-bulan dengan bekerja tanpa henti sampai pada akhirnya bisa menangkap si penjahat.

2. Beyond Evil (2021)

Di kota Manyang yang sepi, seorang perempuan ditemukan tewas. Di hari yang sama, Yu Yeon—adik Lee Dong Sik—menghilang tanpa jejak, yang tersisa hanyalah kesepuluh ujung jari miliknya.

Dua puluh tahun kemudian, kasus pembunuhan kembali terjadi di kota Manyang. Detektif Han Joo Won (Yeo Jin Goo) dan polisi Lee Dong Shik (Shin Ha Kyun) bersumpah untuk menghentikan si pembunuh keji dan bekerja sama tanpa ragu meski harus melanggar peraturan. 

Seiring berjalannya cerita, Han Joo Won dan Lee Dong Shik menemukan serangkaian fakta yang membuat keduanya mempertanyakan semua yang mereka ketahui, terutama kebenaran yang mereka simpan satu sama lain.

Memiliki alur cerita mendebarkan yang sulit ditebak, drama ini telah membawa pulang tiga penghargaan dalam acara BaekSang Arts Awards 2021. Penulis Kim Soo Jin meraih penghargaan Naskah Terbaik, Shin Ha Kyun membawa pulang piala penghargaan Aktor terbaik, serta berhasil memboyong piala untuk kategori drama terbaik.

3. Flower of Evil (2020)

Disutradarai oleh Kim Chul Gyu, Flower of Evil merupakan drama reuni antara Lee Joon Gi dan Moon Chae Won yang sebelumnya bertemu dalam Criminal Minds (2017).

Hadir sebanyak 16 episode, drama ini berhasil mencetak rating nasional rata-rata sebanyak 5,7 persen. Bukan hanya menampilkan kisah penuh teka-teki, drama yang ditulis oleh Yoo Jung Hee ini juga membahas mengenai isu kesehatan mental. 

Dikisahkan jika Baek Hee Sung merupakan sosok suami yang sempurna untuk Cha Ji Won dan anaknya Baek Eun Ha. Namun, pada kenyataannya, Baek Hee Sung telah menutupi identitas dirinya selama bertahun-tahun.

Cha Ji Won yang bekerja sebagai seorang detektif tidak pernah menyadari bahwa ada yang tidak beres, sampai pada suatu waktu dirinya harus mengusut serangkaian kasus pembunuhan.

4. Alice (2020)

Mengusung cerita bertema thriller, aksi dan sci-fi, Alice mengisahkan detektif Park Jin Gyeom (Joo Won) yang harus melintasi waktu untuk mencari kebenaran di balik kematian ibunya. Selama penyelidikan, Park Jin Gyeom bertemu dengan fisikawan jenius bernama Yoon Tae Yi (Kim Hee Sun) yang mirip seperti ibunya. 

Menghadirkan kisah berbeda dari drama kebanyakan, penulis Kim Kyu Won dan sutradara Baek Soo Chan bekerja sama untuk menciptakan drama menarik yang dapat dinikmati oleh penonton.

Ditambah dengan sinematografi apik yang berpadu dengan efek CGI membuat tiap adegan terlihat lebih dramatis. Drama ini juga menjadi comeback Joo Woo setelah hiatus karena wajib militer yang harus dijalankannya, lho!

5. Memorist (2020)

Tayang di saluran televisi tvN, Memorist merupakan drama yang diadaptasi dari Webtoon populer karya Jae Hoo yang rilis di tahun 2016. Dibintangi oleh Yoo Seung Ho dan Lee See Young, Memorist berkisah mengenai detektif dengan kekuatan supranatural bernama Dong Baek (Yoo Seung Ho). 

Dong Baek mampu membaca ingatan orang lain hanya dengan menyentuhnya. Secara sukarela, dirinya menjadi bahan penelitian negara sekaligus bekerja sebagai detektif di kepolisian.

Suatu hari, Dong Baek harus bekerja sama dengan profiler Han Mi Sun (Lee Se Young) untuk mengungkapkan kasus pembunuhan berantai sekaligus mencegah jatuhnya lebih banyak korban. Namun, bukan seperti kasus yang biasanya dapat diselesaikan dengan mudah oleh Dong Baek, kerumitan kasus ini bahkan sampai mengungkapkan masa lalu dirinya.

6. Tell Me What You Saw (2020)

Disutradarai oleh Kim Hong Sun yang juga menggarap Voice musim pertama, Tell Me What You Saw menjadi ajang kembalinya aktor Jang Hyuk untuk membintangi drama misteri. Tayang di stasiun televisi OCN, drama yang juga dibintangi oleh Choi Soo Young ‘SNSD’ ini berfokus pada kasus pembunuhan berantai yang telah menewaskan banyak korban.

Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) merupakan profiler kriminal yang telah memecahkan banyak kasus berkat keahliannya. Namun, dirinya memutuskan mengasingkan diri setelah tunangannya tewas secara tragis. 

Lima tahun kemudian, Oh Hyun Jae bertemu dengan Cha Soo Young (Choi Soo Young) yang memiliki kemampuan untuk mengingat semua hal yang telah dilihatnya. Ditambah dengan kehadiran Hwang Ha Young (Jin Seo Yeon), ketiganya berusaha menangkap dan menghentikan si penjahat.

7. Voice (2017)

Drama Voice pertama kali tayang di tahun 2017 dengan mengusung tema thriller dan misteri. Voice berkisah tentang profiler suara Kang Kwon Joo (Lee Ha Na) yang awalnya bekerja di pusat panggilan darurat. Di sini, para karyawan membantu memerangi kejahatan dengan menggunakan informasi terbatas yang mereka dapatkan dari panggilan darurat yang mereka terima. 

Kang Kwon Joo memiliki pendengaran yang luar biasa, kematian ayahnya telah mendorong dirinya untuk mengembangkan kemampuannya agar mampu menangkap penjahat keji yang telah membunuh ayahnya.

Selain berfokus untuk mengejar sang penjahat utama, kasus-kasus yang dihadirkan dalam drama ini selalu membuat penonton ingin menjerit ketakutan. Mulai dari perdagangan manusia, kekerasan, penyuapan, hingga penjualan organ akan kamu temukan. 

Telah berhasil bertahan selama empat musim, Voice masuk ke dalam jajaran drama thriller Korea teratas yang direncanakan akan memasuki musim kelima. Awalnya,Voice tayang pada saluran televisi OCN hingga musim ketiga, namun pindah ke tvN pada musim keempat dengan Lee Ha Na yang masih bertahan sebagai pemeran utama.

8. Tunnel (2017)

Menjadi salah satu drama dengan plot twist yang mind blowing, Tunnel mencampurkan misteri, thriller dan fantasi menjadi satu. Drama yang disutradarai oleh Shin Yong Hwi ini terinspirasi dari kasus pembunuhan berantai di Hwaseong pada tahun 1986 lalu. 

Park Gwang Ho (Choi Jin Hyuk) merupakan detektif yang tidak segan melakukan apa pun untuk menangkap pelaku pembunuhan, bahkan jika harus membunuhnya. Di tahun 1986, saat dirinya sedang mengejar sang pelaku kejahatan, secara mengejutkan dirinya terlempar ke tahun 2017 tanpa tahu bagaimana cara untuk kembali. 

Naas, pembunuh yang sedang diburunya ternyata masih melakukan kejahatan hingga tahun 2017, membuatnya kembali pada misinya yaitu menangkap sang pembunuh. Bersama detektif Kim Seon Jae (Yoon Hyun Min) dan Shin Jae Yi (Lee Yoo Young), ketiganya bekerja sama untuk mengungkapkan kasus ini bersama-sama.

9. Signal (2016)

Dibintangi oleh Kim Hye Soo, Cho Jin Woong dan Lee Je Hoon, drama sebanyak 16 episode ini menjadi salah satu drama thriller kriminal terbaik yang tayang di tahun 2016. Lewat sambungan walkie-talkie, tiga detektif dari tahun 1989 dan 2015 melampaui waktu untuk memecahkan sederet kasus dingin—kasus yang belum terpecahkan namun kembali diselidiki karena menemukan bukti baru. 

Tayang pada saluran televisi tvN, Signal menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi dalam sejarah televisi kabel Korea Selatan. Bahkan sang penulis naskah, Kim Eun Hee, berhasil memboyong penghargaan untuk kategori Best Screenplay dalam acara 2016 (52nd) BaekSang Arts Awards dan 2016 (5th) APAN Star Awards lewat karyanya yang satu ini.

Itulah daftar drama Korea bertema misteri terbaik yang bisa kamu tonton di layanan streaming online. Hindari menonton drama di situs bajakan, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration