Salah satu genre drama Korea yang menjadi favorit penggemar KDrama adalah crime-thriller. Dengan adegan kejahatan yang menegangkan dan aksi investigasi yang menarik perhatian, drama dengan genre tersebut membuat penontonnya makin penasaran dengan kisah selanjutnya.

Drama bergenre crime-thriller pada dasarnya cocok bagi kamu, yang suka alur cerita sulit ditebak dan penuh teka-teki. Sehingga, sering kali membuat penonton berpikir dua kali untuk menebak akhir kisahnya. Jika kamu suka drama dengan genre ini tapi bingung memilih yang mana, berikut adalah 10 rekomendasi drama Korea genre crime-thriller terbaik untuk menemani masa-masa PPKM kamu di rumah.

1. Mouse (2021)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur MencekamPinterest.com

Drama Korea yang tayang di tvN pada tanggal 3 Maret 2021 ini, menceritakan mengenai seorang polisi baru bernama Jung Ba Reum (Lee Seung Gi) yang jujur dan menjunjung tinggi keadilan. Kehidupannya berubah ketika harus menangani kasus seorang psikopat yang terlibat dalam pembunuhan berantai yang kejam. Karena kasus ini terus menghantui masyarakat, ia pun berusaha mencari tahu siapa sesungguhnya pelaku pembunuhan berantai tersebut, dengan cara memahami cara berpikirnya psikopat.

Jung Ba Reum diceritakan bekerja sama dengan detektif Koo Moo Chi, yang diperankan oleh Lee Hee Joon, untuk memecahkan misteri di balik pembunuhan berantai yang menghantui masyarakat tersebut. Beberapa pelaku pembunuhan pun menjadi tersangka seperti dokter Daniel Lee (Jo Jae Yoon), Han Seo Joon (Ahn Jae Wook), dan Sung Yo Han (Kwon Ha Woon). Plot twist drama ini akan membuatmu terperangah, lho, Bela!

2.Vincenzo (2021)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur MencekamPinterest.com

Drama yang sempat ramai diperbincangkan masyarakat ini mengisahkan tentang Vincenzo Cassano (Song Joong Ki), seorang pengacara dan mafia keturunan Korea yang diadopsi oleh keluarga Italia ketika ia masih muda. Konflik organisasinya di Italia, mengharuskannya kembali ke Korea, hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang pengacara bernama Hong Cha Young.

Vincenzo Cassano dan Hong Cha You lalu bekerja sama menegakkan keadilan dalam sebuah sengketa. Mereka bertanggung jawab untuk memberikan hukuman bagi penjahat yang tidak bisa dihukum oleh pengadilan.

3. Memorist (2020)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur MencekamPinterest.com

Rekomendasi drama dengan genre thriller-crime selanjutnya yang wajib masuk list kamu adalah Memorist. Diperankan oleh Yoo Seung Ho dari drama I Miss You (2012) sebagai Dong Baek, seorang pemuda yang memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain dengan hanya menyentuhnya.

Kemampuan ini menjadikan Dong Baek, seorang detektif jenius, mampu memecahkan berbagai kasus kriminal. Ketika bekerja sebagai detektif, ia bertemu dengan seorang profiler kriminal bernama Han Mi Sun (Lee Se Young) dan bekerja sama dengannya untuk menangkap pelaku pembunuhan berantai yang telah menelan banyak korban. Di tengah menagani kasus tersebut, masa lalu kelam kedua detektif itu pun ikut terungkap. 

4. Rugal (2020)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur MencekamSoompi.com

Drama yang terinspirasi dari Webtoon tahun 2016 dengan judul yang sama ini, mengisahkan mengenai Kang Ki Beom (Choi Jin Hyuk), seorang detektif yang kehilangan istrinya dan penglihatannya karena diserang oleh sekelompok kriminal. Ia kemudian diceritakan mendapatkan mata buatan, sehingga mampu memiliki kekuatan supernatural.

Dengan adanya kekuatan ini, ia berniat membalaskan dendam atas kematian istrinya. Ia kemudian bergabung dengan Badan Intelijen Nasional Korea bernama Rugal, untuk memecahkan kasus di balik pembunuhan istrinya.

5. Signal (2016)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur MencekamPinterest.com

Drama yang dibintangi oleh Lee Jee Hoon sebagai pemeran utama Hae Young ini, mengisahkan tentang seorang perempuan muda yang diculik ketika perjalanan pulang sekolah lima belas tahun yang lalu. Ketika kasus ini dilaporkan Hae Young, pihak kepolisian tidak dapat menemukan jejak pelakunya dan gadis tersebut pun ditemukan tewas beberapa hari kemudian. Hal ini pun membuat Hae Young curiga sehingga ia tidak memercayai pihak kepolisian.

Hae Young yang setelah lima belas tahun kemudia menjadi polisi, akhirnya menemukan sebuah walkie-talkie yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan detektif Lee Jae Han (Cho Jin Woong) di masa lalu. Penemuan itu pun merupakan permulaan pemecahan kasus penculikan gadis di masa lalu yang ditangani oleh petugas kepolisian Hae Young, Lee Jae Han dan Cha So Hyun (Kim Hye So).

6. Voice (2017)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekamidntimes.com

Telah sukses meraih rating tinggi dengan 4 musimnya, drama Voice menceritakan mengenai seorang detektif ternama bernama Moon Jin Hyuk (Jang Hyuk) yang dikenal memecahkan kasus-kasus kejahatan di sekitarnya. Namun, kehidupannya berubah 180 derajat ketika istrinya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai dan Jin Hyuk pun berusaha mencari keberadaan pembunuh istrinya tersebut. 

Selain itu, drama Voice pun menggambarkan kehidupan Kang Kwon Joo, seorang polisi dengan keahlian khusus, yang lulus di sekolah kepolisian dengan nilai tertinggi. Ketika bekerja sebagai polisi dan mengujungi tempat kejadian pembunuhan, ayahnya yang merupakan sersan polisi dibunuh. Maka dari itu, Kwon Joo akhirnya bekerja sama dengan detektif Jin Hyuk untuk mencari kebenaran dari kasus pembunuhan anggota keluarga mereka. 

7. Doctor Prisoner (2019)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekamsoompi.com

Drama bertema medis ini diperankan oleh Nam Gong Min, Kwon Na Ra, Kim Byung Chul, dan Choi Won Young. Doctor Prisoner menggambarkan kisah Na Yi Je (Nam Gong Min), seorang dokter bedah jenius yang baik hati dan bekerja di IGD rumah sakit.

Ia suatu hari menjadi tumbal dalam suatu kasusmedis dan diharuskan untuk keluar dari tempat ia bekerja saat itu juga, terpaksa masuk penjara, hingga kehilangan ibunya. Keluar dari penjara, Yi Je pun memutuskan bekerja di penjara sebagai kepala klinik. Pemilihan tempat bekerjanya ternyata didasari sebuah alasan, ia ternyata ingin mendekati sekumpulan orang-orang di dalam penjara untuk membalaskan dendamnya. Kelanjutan ceritanya pun menekankan mengenai perjalanannya membalaskan dendam dengan pihak-pihak tertentu.  

8. Vagabond (2019)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekamsoompi.com

Dibintangi oleh Lee Seung Gi dan Bae Suzy sebagai pemeran utama, drama Vagabond menjadi salah satu drama yang menarik karena syutingnya dilakukan di luar negeri, seperti Maroko dan Portugal. Kisah Lee Seung Gi dan Bae Suzy dimulai ketika terjadi kecelakaan pesawat yang menewaskan sejumlah 211 orang, termasuk keponakan Cha Dal Geun (Lee Seung Gi).

Ketika kecelakaan pesawat tersebut terjadi, Go Hae Ri (Bae Suzy), seorang agen rahasia di Kedutaan Besar Korea di Maroko, sedang bertugas di tempat dan tidak sengaja bertemu dengan Cha Dal Geun. Mereka pun bersama-sama memecahkan misteri di balik kecelakaan terseut dan menemukan fakta bahwa ada kasus korupsi yang terlibat. 

9. Taxi Driver (2021)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekamjaynestars.com

Taxi Driver yang terinspirasi dari Webtoon berjudul The Deluxe Taxi oleh Lee Jae Jin dan Carlos ini, menceritakan mengenai Kim Do Ki (Lee Je Hoon), seorang anggota militer yang hidupnya berubah ketika ibunya meninggal secara tragis. 

Pekerjaan sampingnya adalah menjadi seorang pengemudi taksi di bawah naungan perusahaan Rainbow Taxi. Perusahaan taksi ini cukup berbeda dengan biasanya, karena dikenal menyediakan taksi mewah bagi sekumpulan orang yang ingin membalaskan dendamnya kepada penjahat. Kim Do Ki dan koleganya di Rainbow Taxi pun siap beraksi ketika menerima 'order' dari para klien yang menyewa jasa mereka. 

10. Beyond Evil (2021)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekamsoompi.com

Drama terbaik yang menerima BaekSang Arts Awards 2021 ini, mengisahkan mengenai dua detektif, Han Joo Won (Yeo Jin Go) dan Lee Dong Shik (Shin Ha Kyun) yang dikenal berbeda ketika memecahkan kasus pembunuhan. Dalam arti, mereka tidak ragu melanggar peraturan demi menangkap seorang pembunuh.

Joo Won pun bekerja sama dengan Dong Shik untuk memecahan kasus pembunuhan keji di kota kecil Manyang, kota tempat mereka bekerja. Di tengah penyelidikan kasus, mereka menemukan berbagai fakta yang tak terduga. Kasus ini ternyata berhubungan dengan pembunuhan berantai yang tidak terpecahkan 20 tahun lalu. 

11. Stranger (2017)

11 Rekomendasi KDrama Crime-Thriller Terbaik dengan Alur Mencekamdramamuse.com

Mendapatkan rating 8,6 di IMDB dan 93% di Google users, Stranger memang menjadi drama Korea genre crime yang patut dipuji. Menyajikan alur sekaligus dialog logis dan tak bertele-tele, membuat kamu yang suka gemas dengan lambannya jalan cerita, akan terpesona dengan kecerdasan plot yang tersaji.

Berkisah tentang seorang Jaksa bernama Hwang Si-mok (Cho Seung Woo),yang pernah menjalani operasi otak semasa kecil, sehingga berdampak kehilangan kemampuan untuk merasakan empati. Ia bergabung dengan seorang letnan polisi Han Yeo-jin (Bae Doona), untuk mencoba mengungkap identitas sebenarnya dari seorang pembunuh berantai. Saat mengusut kasus tersebut, ia harus memerangi korupsi yang merajalela di lingkungan Kejaksaan yang terus menerus merusak penyelidikan.

Itulah 11 rekomendasi KDrama crime-thriller terbaik yang bisa kamu tonton selama mengisi PPKM di rumah. Jangan lupa siapkan camilan, ya!

Baca Juga: Jadi KDrama Favorit, 'Voice' Berencana Menggarap Musim Kelima

Baca Juga: 'Hellbound' KDrama Pertama Lolos Toronto International Film Festival

Baca Juga: 'Squid Game', Drama Thriller Korea yang Akan Bikin Kamu Bergidik