Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Rayakan Natal dengan 8 Bunga Tahan Lama untuk Percantik Dekorasi Rumah

Yuk, mulai mendekorasi rumah sebelum Natal

Aisyah Banowati

Menyambut perayaan Natal dan tahun baru 2022, pastinya kamu ingin mulai mendekorasi rumah agar tampak lebih apik lagi. Perayaan Natal, identik dengan memasang pohon cemara yang dihias dengan lampu dan berbagai pernak-pernik lainnya. Untuk kamu yang ingin menonjolkan kesan alami, dapat menambahkan beberapa jenis bunga ini di dalam rumah. Inilah beberapa jenis bunga yang cocok digunakan sebagai dekorasi Natal.

1. Kalanchoe

istockphoto.com

Salah satu jenis bunga yang cocok digunakan sebagai dekorasi Natal adalah bunga kalanchoe. Dengan bunga kecil yang rimbun, tanaman ini akan tampak cantik ditaruh di ruang tamu. Agar bunga tumbuh subur, siramlah bunga kalanchoe saat tanah mulai mengering agar akar tidak cepat membusuk. Hindari meletakkan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung agar tidak cepat kering.

2. Lily putih

Pixabay.com/Laminaria Vest

Lily putih melambangkan kesucian, kemurnian, persahabatan dan pengabdian, sehingga akan tampak manis untuk dekorasi Natal. Kamu dapat memotong batang lily dan memasukkannya ke dalam vas yang telah diisi air. Lily putih mampu bertahan lebih dari 10 hari dengan perawatan yang tepat. Selain mempercantik ruang, lily putih akan menyebarkan aroma harum yang menyegarkan.

3. Cyclamen

gardenersworld.com

Sekilas, kelopak bunga ini memiliki bentuk seperti sayap kupu-kupu yang cantik. Meski memiliki makna perpisahan, bunga ini bisa kamu gunakan sebagai dekorasi Natal dan sebagai ungkapan perpisahan dengan perasaan sedih atau dikhianati. Agar tidak cepat layu, pastikan tanah selalu basah karena tanaman ini menyukai kelembapan. Berilah pupuk secara teratur agar bunga dapat tumbuh dengan subur.

4. Gladiolus

www.brecks.com

Bunga gladiolus memiliki kelopak yang berbentuk seperti terompet dengan batang yang panjang. Bunga ini akan semakin cantik saat terkena paparan sinar matahari. Dengan perawatan yang tepat, bunga gladiolus mampu bertahan sampai sepuluh hari di dalam vas berisi air. Di Indonesia, bunga ini sering digunakan dalam acara keagamaan, acara tradisional, hingga acara kenegaraan. Jadi, bunga ini cocok untuk dekorasi Natal, bukan?

5. Kastuba merah

PEXELS/BECERRA GOVEA

Dengan kelopak yang berwarna merah menyala, bunga kastuba paling cocok digunakan sebagai dekorasi Natal. Bunga kastuba juga dikenal sebagai poinsettia, untuk mempertahankan kecantikannya bunga ini memerlukan pencahayaan, air dan suhu yang tepat. Saat sedang mekar dengan sempurna, bunga ini menyukai hawa yang semi sejuk dan dalam cahaya terang. 

6. Amarilis

SHUTTERSTOCK/FON TEPSODA

Amarilis memiliki banyak jenis warna, namun jika ingin menggunakannya sebagai dekorasi natal, kamu dapat menggunakan bunga amarilis dengan kelopak merah, putih dan merah muda. Bunga ini menyukai tempat terang yang hangat dengan sedikit air pada vasnya. Selain itu, meski minim perawatan, bunga ini mampu bertahan sampai berminggu-minggu.

7. Kaktus natal

SHUTTERSTOCK/NADEZHDA NESTEROVA

Tanaman ini memiliki bunga dengan kelopak putih, merah dan merah muda yang akan mempercantik ruang tamu. Kamu hanya perlu menyiram tanaman ini jika tanah tempatnya bertumbuh mulai kering. Meski jarang disiram, berilah pupuk NPK 20-10-20 atau 20-20-20 setiap satu bulan sekali agar bunga tumbuh dengan sehat.

8. Pansy

pixabay.com/mrgajowy

Bunga cantik untuk dekorasi Natal berikutnya adalah bunga pansy. Meski memiliki kelopak yang cantik, bunga ini masih sulit ditemukan di Indonesia. Hal ini disebabkan karena perlunya perawatan khusus dan kesabaran tinggi, agar tumbuhan ini mampu berbunga. Bunga pansy menyukai tanah yang tidak lembap atau pun kering. Saat pemupukan, gunakanlah pupuk yang sudah dilarutkan dan berikan pupuk setiap dua minggu sekali.

Itulah deretan bunga yang dapat digunakan sebagai dekorasi Natal. Agar perayaan Natal kamu semakin meriah, yuk dekorasi rumah dengan aneka bunga cantik ini. Kalau kamu, paling suka jenis bunga apa nih, Bela?  

IDN Media Channels

Latest from Inspiration