Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Penting! Inilah Manfaat Sedekah Subuh dan Cara Mengamalkannya

Dapat membuka pintu rezeki bagi yang mengamalkannya

Aisyah Banowati

Sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun, semata-mata hanya berharap ridho dari Allah SWT. Sedekah merupakan amalan yang dicintai oleh Allah SWT. Sebagaimana yang tertulis di dalam Alquran, surat Al Baqarah ayat 245. 

"Barang siapa yang mau memberikan pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan."

Subuh merupakan waktu saat pergantian gelap menuju terang. Bagi seorang muslim, subuh merupakan waktu yang memiliki banyak berkah di dalamnya. Salah satu kegiatan yang dianjurkan saat waktu subuh, selain melaksanakan ibadah wajib salat subuh, yaitu sedekah subuh. 

Lalu, adakah manfaat yang dirasakan seorang muslim jika rutin melaksanakan sedekah subuh? Lalu, bagaimana cara mengamalkan sedekah subuh? Kamu dapat menemukan jawabannya pada artikel ini, Bela. Yuk, disimak!

Manfaat sedekah subuh

1. Didoakan oleh malaikat

freepik.com

Tanpa kamu ketahui, malaikat selalu berdoa kepada Allah SWT, agar orang-orang yang bersedekah di waktu subuh, diberikan ganti yang lebih baik lagi dan dicukupkan rezekinya. "Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoakan, "Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’" Dan yang satu lagi berkata, "Wahai, Tuhan! Musnahkanlah harta si bakhil." (H.R. Bukhari dan Muslim)

2. Doa mudah terkabul

freepik.com

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad) 

Salah satu cara umat muslim membantu umat muslim lainnya, adalah dengan bersedekah subuh. Diharapkan, sedekah yang kita berikan akan membantu orang-orang yang memang membutuhkan.

3. Pembuka pintu rezeki

freepik.com

Manfaat yang dapat seorang muslim rasakan jika bersedekah subuh, dibukakannya pintu rezeki dan dimudahkan urusannya oleh Allah SWT. Hal ini tertuang di dalam Alquran, surat Saba ayat 39. 

“Katakanlah, "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)." Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”

4. Penghapus dosa

freepik.com/faizaminudin

Tidak hanya sedekah subuh, jika kamu bersedekah dengan hati yang ikhlas dan tulus mengharap ridanya, hal tersebut dapat menghapus dosa-dosa. Dalam hadis disebutkan, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

5. Kebaikannya akan dilipatgandakan

freepik.com

Saat kamu bersedekah dengan hati yang tulus dan ikhlas, harta kita tidak akan berkurang. Allah SWT akan melipatgandakan kebaikan yang telah kamu berikan, dengan kebaikan-kebaikan lainnya. Hal ini tertulis dalam surat Al Baqarah ayat 261. 

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Cara mengamalkan sedekah subuh

freepik.com/faizaminudin

Mungkin bagi kamu yang baru ingin memulai sedekah subuh akan sedikit kebingungan. Cara mengamalkan sedekah subuh cukup mudah. Kamu bisa melakukan beberapa cara, di antaranya: 

  • Memberikan amal di kotak amal masjid sehabis salat subuh. 
  • Memberikan sarapan kepada tetangga terdekat atau orang-orang yang membutuhkan. 
  • Sedekah melalui aplikasi yang bergerak dalam bidang sosial. 
  • Menyisihkan uang setiap sehabis salat subuh, yang kemudian diberikan kepada pihak yang membutuhkan. 
  • Sedekah subuh bertepatan dengan 40 hari meninggalnya anggota keluarga atau kerabat terdekat.

Itulah manfaat sedekah subuh dan cara mengamalkannya yang bisa kamu praktikan. Sedekah subuh tidak melihat besar kecilnya materi yang kamu berikan. Hal yang utama adalah, keikhlasan hati dan niat semata-mata untuk mendapat rida Allah SWT. Aamin.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration