10 Amalan Ringan Berpahala Besar yang Bisa Dilakukan

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala Besar

Yuk, mulai amalkan dari sekarang!

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala Besar

Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk rajin beribadah kepada Allah SWT. Sebab, dengan beribadah, kita akan mendapatkan pahala yang kelak menolong kita di akhirat nanti. Untuk mendapatkan pahala, tidaklah sulit, asalkan kita rajin mengerjakannya dan selalu istiqomah.

Ternyata, ada lho, beberapa ibadah atau amalan ringan yang berpahala besar. Saat kita melakukannya, hal ini bisa menjadi tabungan pahala kita kelak. Apa saja? Simak berikut ini.

1. Mendengarkan azan

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Azan merupakan seruan dan penanda waktu salat bagi umat Islam. Rasulullah SAW telah mengajarkan kita untuk mendengarkan azan hingga selesai dalam diam karena Allah SWT mengganjarkan pahala bagi yang melakukannya. Hal ini tercantum dalam hadis berikut.

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ ، حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Barangsiapa mengucapkan setelah mendengar adzan ‘allahumma robba hadzihid da’watit taammah wash sholatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab’atshu maqoomam mahmuuda alladzi wa ‘adtah’ [Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), shalat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya], maka dia akan mendapatkan syafa’atku kelak.” (HR.Bukhari no. 614 )

2. Membaca doa setelah azan

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Selain mendengarkan azan, membaca doa setelah azan juga ternyata memiliki pahala yang besar. Ada pun doa yang dapat kamu baca adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِى وَعَدْتَهُ

Artinya: “Ya Allah, Rabb pemilik dakwah yang sempurna ini (dakwah tauhid), salat yang ditegakkan, berikanlah kepada Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi) dan fadilah (kedudukan lain yang mulia).”

3. Mengamini imam saat salat berjamaah

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Amalan ringan yang berpahala besar lainnya adalah mengamini imam saat salat berjamaah. Hal ini telah tertulis hadis Rasulullah yang artinya sebagai berikut.

إِذَا قَالَ الإِمَامُ: {غَيْرِ المَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ} [الفاتحة: 7] فَقُولُوا: آمِينَ، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ المَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Jika imam membaca, 'ghairil maghdhuubi 'alaihim waladh dhaaliin', maka ucapkanlah ‘Amiin’. Karena siapa saja yang mengucapkan ‘Amiin’ bersamaan dengan ucapan ‘Amiin’ malaikat, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 782 dan Muslim no. 410)

إِذَا أَمَّنَ الْإِمَامُ فَأَمِّنُوا، فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلَائِكَةِ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Apabila imam mengucapkan “aamiin”, maka ucapkanlah “aamiin”. Karena barangsiapa yang mengucapkan “aamiin” berbarengan dengan ucapan “aamiin” malaikat, niscaya dosanya yang telah lalu diampuni.” (HR. Bukhari no. 780 dan Muslim no. 410)

4. Mengucapkan 'Rabbana Lakal Hamdu' dalam salat

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Meskipun tidak wajib, namun membaca "rabbana lakal hamdu" saat bangkit dari rukuk juga dapat mendatangkan pahala yang besar. Ada beberapa keutamaan ketika kita membacanya, yakni sebagai berikut.

Dihapus dosanya yang telah lalu

إِذَا قَالَ الإِمَامُ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ . فَقُولُوا اللَّهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ . فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ قَوْلُهُ قَوْلَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: “Jika imam mengucapkan 'sami’allahu liman hamidah', maka hendaklah kalian mengucapkan ‘robbana wa lakal hamdu’. Karena siapa saja yang ucapannya tadi berbarengan dengan ucapan malaikat, maka dosanya yang telah lalu akan dihapus.” (HR. Bukhari no. 796 dan Muslim no. 409).

Amalnya dicatat 30 malaikat

رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلاَثِينَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا ، أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُ

Artinya: “Aku melihat ada 30-an malaikat, berlomba-lomba siapakah di antara mereka yang lebih duluan mencatat amalannya.” (HR. Bukhari no. 799)

5. Membaca ayat kursi setelah salat

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Keutamaan membaca ayat kursi selepas salat adalah tidak akan menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian. Hal ini tercantum dalam hadis berikut.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Artinya: “Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai)

Jika kamu lupa dengan bacaan ayat kursi, berikut Popbela cantumkan kembali di bawah ini.

للَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim."

Artinya: “Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255)

6. Membaca Basmallah saat akan beraktivitas

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Mungkin saja hal ini terkesan sepele. Namun, memulai aktivitas dengan membaca Basmallah juga akan mendatangkan pahala yang besar. Selain itu, kita juga akan mendapat perlindungan Allah SWT saat melakukan aktivitas tersebut. Hal ini sesuai dengan hadis berikut.

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Artinya: “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib)

7. Mendoakan orang lain dalam kebaikan

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Mungkin ada kalanya kita merasa kesal dan marah kepada orang lain terhadap perbuatannya. Bahkan tak jarang, keluar kata-kata yang kurang pantas untuk mengekspresikan rasa kesal itu. Namun, alangkah baiknya, jika kita mulai mengubah kebiasaan ini. Kita bisa mendoakan orang lain dalam kebaikan karena Allah SWT menjanjikan pahala yang besar.

Bukan hanya kepada orang yang pernah membuat kita kesal. Kita juga dianjurkan untuk mendoakan siapa saja, termasuk orangtua, saudara dan teman dalam kebaikan. Sebab, jika kita berdoa yang baik, maka kebaikan itu akan datang pula kepada diri kita. Hal ini tercantum dalam hadis berikut.

: “إن دعوة المرء المسلم مستجابة لأخيه بظهر الغيب، عند رأسه ملك موكل، كلما دعا لأخيه بخير، قال: آمين، ولك بمثل”. قال: فلقيت أبا الدرداء في السوق، فقال مثل ذلك، يأثر عن النبي صلى الله عليه وسلم.

Artinya: “Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi."

8. Tidur dalam keadaan suci

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Selain mandi dan menggosok gigi, jangan lupa berwudu sebelum tidur. Sebab, tidur dalam keadaan suci akan mendatangkan pahala. Hal ini sesuai dalam hadis Rasulullah berikut.

مَنْ بَاتَ طَاهِرًا، بَاتَ فِي شِعَارِهِ مَلَكٌ، فَلَمْ يَسْتَيْقِظْ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِعَبْدِكَ فُلَانٍ، فَإِنَّهُ بَاتَ طَاهِرًا

Artinya: “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.'” (HR. Ibn Hibban 3/329)

9. Melakukan sujud syukur

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Saat menerima kabar menggembirakan, hendaklah kita tetap mengingat Allah SWT. Sebab, segala yang baik itu memang datang dari Allah SWT. Maka dari itu, saat merasa bahagia, jangan lupa melakukan sujud syukur sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT Sang Maha Pemberi Rezeki.

عَنْ أَبِى بَكْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ كَانَ إِذَا جَاءَهُ أَمْرُ سُرُورٍ أَوْ بُشِّرَ بِهِ خَرَّ سَاجِدًا شَاكِرًا لِلَّهِ.

Artinya: "Dari Abu Bakroh, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu ketika beliau mendapati hal yang menggembirakan atau dikabarkan berita gembira, beliau tersungkur untuk sujud pada Allah Ta’ala." (HR. Abu Daud no. 2774)

10. Selalu istiqamah dalam menjalankan ibadah

Jangan Disepelekan, 10 Amalan Ringan Ini Ternyata Berpahala BesarCanva.com, edited by Romi Subhan

Terakhir, ibadah yang mendatangkan pahala besar adalah yang dilakukan terus menerus tanpa terputus atau istiqamah. Memanglah sulit untuk selalu istiqamah. Maka dari itu, Allah SWT mengganjarkan pahala besar jika kita dapat melakukannya.

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلائِكَةُ أَلا تَخَافُوا وَلا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: 'Rabb kami ialah Allah' kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): 'Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu'.” (QS. Fushilat: 30)

Itulah tadi ibadah ringan dengan pahala besar. Semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Ladang pahala, Ini Pandangan Islam dalam Merawat Orang Tua yang Sakit

Baca Juga: Bikin Pahala Mengalir, Ini 5 Bacaan Salawat Nabi dan Artinya

Baca Juga: Rangkaian Doa Nabi Sulaiman untuk Amalan Sehari-hari

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

13 Aktris Ini Kedapatan Membawa Pulang Barang dari Lokasi Syuting

13 Aktris Ini Kedapatan Membawa Pulang Barang dari Lokasi Syuting

trending

Trending

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

7 Potret Kontrakan Sederhana Aji Yusman, Belum Ada Kasur

7 Potret Kontrakan Sederhana Aji Yusman, Belum Ada Kasur