Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Tips Mendekorasi Rumah Menggunakan Aksen Vintage

Biar rumah terlihat semakin estetik

Aisyah Banowati

Ingin menambahkan aksen vintage agar rumah kamu semakin estetik? Jika menginginkannya, kamu perlu meluangkan waktu untuk kembali mengubah beberapa ornamen agar rumah kamu terlihat makin apik.

Mulai dari bingkai di dinding hingga dekorasi di meja makan, tambahan ornamen dengan aksen kayu akan menambah kesan chic pada tempat tinggal kamu.

Keunikan dan pesonanya akan membuat rumah terlihat semakin hidup dan mewah. Tertarik? Inilah tips untuk kamu yang ingin membuat tampilan rumah semakin estetik dengan aksen vintage.

1. Menambahkan hiasan dinding antik

Berbagai Sumber

Menambahkan lukisan alam yang natural dengan bingkai berwarna cokelat tua adalah salah satu tips agar dinding terlihat mencolok. Kamu dapat memadukan beberapa bingkai yang tidak serasi namun serupa agar tampilan makin menarik. Gunakan dekorasi dinding dengan desain minimalis agar tidak terlihat terlalu kuno.

2. Memilih perabotan dengan blok warna

istockphoto.com/nicolamargaret

Rumah bergaya vintage biasanya menggunakan furnitur berbahan kayu dengan warna serupa. Pilihlah warna dengan bijak dan tidak berlebihan untuk menciptakan penampilan yang menarik dan bersih.

Contohnya, kamu dapat menggunakan warna gelap untuk sofa yang masih serasi dengan lemari atau laci di sekitarnya. Di sisi lain, gunakan pola desain yang serupa untuk menghindari kekacauan visual.

3. Tambahkan beberapa ornamen antik berwarna-warni

sales.sp.gov.br

Melansir dari Pinkvilla, akhir-akhir ini tampilan dinding kuno bertekstur sedang populer. Kamu dapat menyesuaikannya dengan warna rumah dan memasangnya untuk menambah sentuhan pada area yang membosankan.

Agar tampilan semakin eye catchy dan selaras, padukan tema dengan poster atau wall art. Motif berulang akan membawa keseluruhan tampilan menjadi satu garis dan menyatukannya meski memiliki warna berbeda.

4. Sulap meja makan agar terlihat makin apik

hookerfurniture.com

Pemilihan meja dan kursi dengan tampilan kuno akan menambah nilai artistik. Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan karpet atau permadani di lantai. Di atas meja dapat kamu tambahkan vas bunga klasik agar meja tidak terlihat kosong. Penataan lampu juga harus diperhatikan, mulai dari bentuk hingga penempatan agar mendukung kesan vintage yang ingin dihasilkan.

5. Gunakan berbagai mebel dengan kualitas terbaik

sif-iiss.org/By Alta

Meski menggunakan berbagai ornamen, hiasan dan mebel dengan kesan antik, bukan berarti kamu mengabaikan kualitasnya. Terutama untuk perabotan, pilihlah kualitas terbaik agar ke depannya kamu tidak rugi. Jika ingin menggunakan mebel bekas, pastikan kondisinya masih baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

6. Tutupi jendela dengan gorden

hippenings.com

Untuk kamu yang menginginkan tampilan vintage di rumah dapat menambahkan gorden untuk menutup jendela. Meski terlihat ketinggalan zaman, jika kamu memilihnya dengan cermat, gorden akan menambah kesan apik. Kamu dapat menggunakan gorden yang dapat digulung dengan pita untuk mempermanis interior.

7. Tambahkan cermin di dalam ruang

Berbagai Sumber

Memilih untuk meletakkan cermin besar berbingkai di dinding dapat mengubah suasana ruang yang membosankan. Selain meningkatkan kesan glamor, cermin akan membantu ruang agar terlihat lebih terang dan luas. Apabila kamu menggantung cermin di belakang ornamen atau furnitur di rumah, pantulannya akan meningkatkan tampilan klasik dalam ruang.

8. Jadilah kreatif dengan memperhatikan detail

dailydreamdecor.com

Cobalah berkreasi dengan desain interior vintage. Pilihlah skema warna klasik untuk interior vintage agar kesan rumah tetap terlihat modern. Biasanya, palet vintage banyak menggunakan warna putih, krem dan cokelat.

Perlu diperhatikan, jika semakin banyak elemen desain maka jumlah warna akan semakin sedikit. Di sisi lain, konsistensi sangat penting, terutama saat mencampur dan mencocokan elemen desain modern dan tradisional agar rumah tidak terlihat ‘tua’.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin mendekor ulang rumah agar bergaya vintage. Cegah kekacauan dengan memilih furnitur, warna, kualitas dan aksesoris yang paling cocok untuk rumah kamu, yap!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration