Kamar mandi selama ini dianggap sebagai ruang sekunder dibanding ruangan lainnya, seperti kamar tidur maupun ruang keluarga. Oleh karena itu, dekorasi kamar mandi umumnya tidak mendapat perhatian khusus dari pemilik rumah. 

Padahal, desain kamar mandi yang tepat bisa menambah kenyamanan bagi pemilik rumah maupun tamu yang berkunjung. Dekorasi kamar mandi akan meliputi pemilihan warna, furnitur, hingga pencahayaan. 

Apabila kamu berniat merenovasi ulang kamar mandi di rumah, tak ada salahnya untuk mencari tahu terlebih dahulu tren dekorasi kamar mandi yang bakal populer di tahun 2022.

Apa saja tren tersebut? Simak berikut ini.

1. Keran touchless

5 Tren Dekorasi Kamar Mandi yang Diprediksi Populer di Tahun 2022Unsplash.com/Watermark Designs

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan tren dekorasi kamar mandi. Tahun 2022, tren interior kamar mandi tidak akan terlepas dari kebutuhan di tengah pandemi. Pasalnya, orang-orang akan lebih sering ke kamar mandi untuk mencuci tangan atau kaki. 

Oleh karena itu, instalasi furnitur kamar mandi akan disesuaikan dengan kebutuhan pandemi. Masyarakat akan memasang furnitur yang minim sentuhan seperti keran touchless atau keran yang dapat menyala dengan sensor.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi kontak fisik dengan benda-benda yang bisa terkontaminasi virus. 

2. Warna estetik atau warna bumi

5 Tren Dekorasi Kamar Mandi yang Diprediksi Populer di Tahun 2022Unsplash.com/Watermark Designs

Untuk warna furnitur atau instalasi peralatan di kamar mandi, warna-warna estetik seperti doff finish, modern brush, dan rose gold diperkirakan akan mendominasi tren di tahun 2022. Warna-warna tersebut bisa memberikan kesan elegan dan estetik di kamar mandi. 

Selain itu, warna bumi atau biasa disebut earth tone juga bisa jadi salah satu tren desain interior kamar mandi di tahun 2022. 

Warna bumi akan menciptakan suasana yang santai dan menenangkan, terutama bagi kamu yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah. Warna bumi juga mengingatkan para penghuni rumah untuk menjaga alam dan lingkungan sekitar. 

3. Material organik

5 Tren Dekorasi Kamar Mandi yang Diprediksi Populer di Tahun 2022Unsplash.com/Jared Drice

Pemilihan warna bumi akan disesuaikan dengan penggunaan material organik di kamar mandi. Desain interior menggunakan material organik bisa menciptakan ruangan kamar mandi yang terasa almi dan nyaman, tetapi tetap menonjolkan sentuhan modern. 

Kamu bisa mengganti lantai kamar mandi menggunakan lantai bambu atau menambah bebatuan, sehingga bisa menciptakan suasana alam di kamar mandi.

4. Desain minimalis

5 Tren Dekorasi Kamar Mandi yang Diprediksi Populer di Tahun 2022Unsplash.com/Side Kix

Desain minimalis diperkirakan tetap populer di tahun 2022. Desain minimalis akan menonjolkan kesederhanaan di kamar mandi dan terkesan lebih rapi. 

Desain minimalis cocok diterapkan pada kamar mandi yang sempit, namun tetap ingin menonjolkan sisi estetik dan kenyamanan bagi penghuninya. Desain minimalis umumnya menggunakan warna putih sebagai warna dasar interior maupun furnitur di kamar mandi.

5. Mural artistik

5 Tren Dekorasi Kamar Mandi yang Diprediksi Populer di Tahun 2022Unsplash.com/Albert Vincent Wu

Terakhir, mural estetik diprediksi kembali menjadi tren di tahun 2022. Pada tahun-tahun sebelumnya, mural artistik hanya terbatas pada area tertentu saja, misalnya kamar tidur atau ruang keluarga. 

Apabila mural artistik diterapkan di kamar mandi, maka penghuni rumah bisa mengekspresikan diri melalui seni. Selain itu, mural artistik tidak membutuhkan biaya besar atau waktu berbulan-bulan untuk membuatnya.

Itulah tadi tren desain kamar mandi di tahun 2022. Siap membuat kamar mandi menjadi lebih glow up?

Baca Juga: Prediksi 5 Warna Cat Rumah yang Akan Populer di Tahun 2022

Baca Juga: 9 Trik Desain Kamar Mandi Menjadi Surga untuk Menyendiri

Baca Juga: 10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luas