Bunga telang memiliki nama latin Clitoria Ternatea, merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Serikat, kemudian menyebar ke Asia Tenggara sejak abad ke-19. Tanaman yang menyukai sinar matahari ini, memiliki kelopak berwarna biru yang akan mempercantik pekarangan rumah. 

Selain memiliki bunga yang cantik, tanaman ini juga menyimpan segudang manfaat, di antaranya membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran dan menjaga kesehatan kulit. Tertarik untuk mulai merawatnya, Bela? Yuk, simak cara merawat bunga telang di rumah untuk pemula.

1. Memperhatikan jarak tanaman

Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumahfreepik.com

Bunga telang akan tumbuh merambat, sehingga diperlukan jarak yang tepat agar tidak menghambat masa pertumbuhan. Jarak ideal yang bisa kamu berikan adalah 1.5 meter x 1.5 meter. Apabila tidak memiliki lahan yang cukup, kamu bisa membuat penyangga dari bambu atau tiang ajir untuk menunjang pertumbuhan bunga telang.

2. Menyiram tanaman secara teratur

Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumahwww.freepik.com/pressfoto

Selain menyukai sinar matahari, bunga telang memerlukan air yang cukup agar dapat tumbuh maksimal. Kamu dapat melakukan penyiraman di pagi dan sore hari, namun hindari menyiram sampai air menggenangi tanah jika tidak ingin tanaman busuk.

3. Perhatikan temperatur

Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumahwww.freepik.com/arthonmeekodong

Cara merawat bunga telang tergolong mudah, untuk memaksimalkan pertumbuhannya diperlukan sinar matahari yang cukup, penyiraman secara berkala, serta usahakan menanam bunga telang di area dengan temperatur 19-28 derajat celcius.

4. Pemupukkan secara berkala

Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumahwww.freepik.com/tascha1

Sama seperti tanaman pada umumnya, cara merawat bunga yang baik adalah dengan memperhatikan nutrisi pada tanaman. Untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan cukup, kamu perlu melakukan pemupukkan secara berkala. Waktu terbaik untuk pemupukkan yaitu, setiap dua hingga tiga minggu sekali. Berilah pupuk organik cair atau pupuk kalsium untuk hasil yang maksimal.

5. Pemangkasan batang

Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumahfreepik.com

Jika sedari awal kamu menggunakan tiang ajir untuk menyangga batang, kamu juga bisa memanfaatkanya untuk melihat waktu yang tepat sebelum memangkas batang. Jika batang sudah melebihi tiang ajir, segera lakukan pemangkasan, agar pertumbuhan tanaman tetap sehat dan subur. 

Cara mengonsumsi bunga telang

Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumahduniamasak.com

Selain dimanfaatkan untuk mempercantik pekarangan rumah, bunga telang dapat diolah sebagai minuman yang kaya akan manfaat.

Cara membuat minuman bunga telang cukup mudah;

  • pertama rebus beberapa kelopak bunga telang bersama dengan serai kering selama 5-10 menit sampai mendidih
  • Tambahkan madu untuk memberikan rasa manis dan sajikan secara hangat sebelum makan

Selain hangat, kamu juga bisa menyajikan minuman ini saat dingin. Caranya;

  • Masukkan kelopak bunga telang dan air dingin ke dalam teko
  • Taruh di dalam lemari es setidaknya selama 6 jam
  • Saring rendaman bunga telang ke dalam cangkir, tambahkan es batu, madu dan lemon sebelum disajikan

Itulah cara merawat dan mengonsumsi bunga telang di rumah. Selain mempercantik pekarangan dan kaya manfaat, warna biru dari kelopak bunga telang dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami, yang biasa digunakan untuk jajanan tradisional.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pewangi Alami Ruangan, Aromanya Segar!

Baca Juga: Cocok untuk Dekorasi Rumah, 10 Rekomendasi Tanaman Hias Berdaun Lebar

Baca Juga: Waspada! 6 Jenis Penyakit yang Paling Sering Menyerang Tanaman