Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ternyata Inilah Penyebab Kulit Berminyak

No.5 wajib dihindari!

Vidya Nathania

Apakah kamu sering kesal karena kulit wajahmu yang selalu mengkilap karena minyak di wajahmu? Ya, kamu tidak sendiri kok! Faktanya, banyak sekali perempuan yang bermasalah dengan minyak berlebih pada wajah. Selain membuat tampilan makeup menjadi mudah luntur, minyak pada wajah juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan komedo. 

Memang memiliki minyak alami pada wajah merupakan hal yang baik, namun, jika minyak yang dihasilkan terlalu berlebihan, maka kamu pun harus mengatasinya segera. Agar lebih mudah dalam mengatasi kulit berminyak, sebaiknya kenali dulu yuk penyebab kulit berminyak yang akan Popbela bahas kali ini!

1. Hormon

shape.com.sg

Penyebab kulit berminyak yang tak dapat dihindari adalah ketidakstabilan hormon yang paling sering dialami oleh kaum perempuan saat sedang memasuki masa haid. Ketidakstabilan hormon tersebut yang dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih sehingga itulah yang menyebabkan jerawat saat sedang haid.

2. Salah menggunakan skincare

Fashionising.com

Agar kulit wajah terbebas dari masalah kulit, penting sekali lho untuk memilih produk perawatan kulit wajah yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Karena salah satu penyebab kulit berminyak adalah salah memilih produk skincare. Jika kulit wajahmu termasuk tipe yang berminyak atau cenderung berjerawat, sebaiknya pilihlah produk skincare yang dapat mengontrol produksi minyak.

3. Terlalu sering menggunakan makeup

beautylish.com

Terlalu sering menggunakan makeup ternyata juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit berminyak lho! Bahan kimia yang terkandung di dalam produk makeup juga dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat menyebabkan jerawat. Sebaiknya, kurangi penggunaan makeup dan biarkan kulit wajahmu bernapas.

4. Gen/keturunan

sheknows.com

Selain hormon, penyebab kulit berminyak yang satu ini juga tak dapat dihindari. Jika di keluargamu, terlebih orangtuamu memiliki jenis kulit yang berminyak, kemungkinan besar hal tersebut juga kamu alami. Nah, hal yang dapat kamu lakukan hanyalah merawatnya dengan menggunakan produk skincare khusus untuk kulit berminyak.

5. Sering mengonsumsi makanan berlemak

todayonline.com

Siapa nih yang suka mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan, susu, keju, dan makanan lainnya yang ternyata juga dapat menjadi penyebab kulit berminyak. Kandungan lemak pada makanan atau minuman yang kamu konsumsi dapat berpengaruh besar pada kelenjar minyak dalam memproduksi minyak di wajahmu.

6. Mengalami stres

botanicadayspa.com

Mengalami hari yang cukup berat, kerjaan menumpuk, atau mengalami tekanan yang cukup tinggi tentu dapat membuat seseorang mudah stres. Namun, kamu harus bisa untuk mulai mengontrol rasa stres yang menghampirimu. Karena stres juga dapat menjadi penyebab kulit berminyak karena dapat mengganggu hormonmu menjadi tidak stabil.

7. Suhu cuaca

corvallisfamilymedicine.com

Tak dapat dipungkiri bahwa suhu cuaca juga dapat mempengaruhi kulitmu. Penyebab kulit berminyak yang satu ini hanya dapat diatasi dengan menjaga makanan atau minuman yang hendak kamu konsumsi agar minyak berlebih pada kulitmu tidak berlanjut menjadi masalah kulit.

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab kulit berminyak yang dijelaskan pada artikel ini, pastinya dapat membuatmu untuk lebih memperhatikan hal-hal kecil dalam menjaga kesehatan kulitmu bukan? Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin