Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Sebelum Pakai, Kenali Dahulu 7 Efek Samping Masker Kunyit

Ada dampak positif dan negatifnya lho!

Vidya Nathania

Memanfaatkan bahan alami sebagai masker memang lebih mengasikkan ketimbang melakukannya di salon. Selain menambah pengalaman yang tak biasa, bahan alami sangat mudah untuk didapatkan. Salah satu bahan alami yang sering dipilih sebagai masker alami ialah kunyit. Walau memiliki aroma yang cukup menyengat, tanaman rempah ini dipercaya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit wajah seperti dapat mencerahkan kulit, mengatasi jerawat, serta mengangkat sel kulit mati secara alami. 

Beberapa orang yang sudah mencobanya mengatakan bahwa masker dengan kandungan kurkuminnya ini dapat bekerja dengan sangat baik dan direkomendasikan untuk perawatan mingguan. Namun, tak hanya berdampak baik untuk kulit, efek samping masker kunyit ternyata juga ada lho! Buat kamu yang belum tahu tentang hal ini, sebaiknya simak langsung di ulasan berikut ini.

1. Sulit menghilangkan warna kunyit pada wajah yang merupakan efek kunyit

Efek samping masker kunyit yang pertama kali dapat kamu rasakan jika terlalu sering menggunakan kunyit ialah membuat kulit wajah tampak menjadi kekuningan. Itu terjadi karena warna kunyit yang memiliki sifat mudah menempel dan meninggalkan warna yang sulit untuk dihilangkan. Tentu saja kamu tak ingin keluar dengan wajah berwarna kuning bukan?

2. Kulit wajah terasa cekit cekit

Tanaman kunyit memiliki kandungan antiseptik alami yang bekerja untuk membasmi bakteri penyebab jerawat. Namun, kandungan tersebut dapat menciptakan rasa cekit cekit pada kulit ketika menggunakannya. Efek samping masker kunyit yang satu ini memang tidak berbahaya tetapi membuat si pemakai menjadi kurang nyaman.

beautyscene.net

3. Menyebabkan dehidrasi pada kulit

Buat pemilik kulit berminyak, penggunaan masker kunyit memang memberikan efek yang sangat baik karena mampu mengontrol produksi sebum pada kulit wajah. Tetapi untuk sebagian orang yang terlahir dengan jenis kulit kering, efek samping masker kunyit yang bisa terjadi ialah berkurangnya kelembapan alami pada kulit wajah sehingga membuat kulit menjadi dehidrasi.

4. Kulit wajah terasa gatal

Jika kulit wajahmu terasa gatal saat menggunakan masker kunyit, ketahuilah bahwa hal tersebut merupakan efek samping masker kunyit yang dirasakan hampir semua penggunanya. Disebabkan oleh kandungan bahan tertentu yang terdapat pada kunyit dan tidak merusak kulit, tetapi rasa gatal itu bisa membuat seseorang relfeks menggaruknya.

kavyar.com

5. Menimbulkan kemerahan pada kulit

Ketika rasa gatal akibat salah satu efek samping masker kunyit berhasil membuat tanganmu menggaruk kulit wajahmu, maka akan muncul kemerahan yang mengganggu tampilan kulitmu. Sebaiknya, jika hal ini terjadi terus menerus, hindari penggunaan masker kunyit.

6. Merusak kulit sensitif

Kemampuan masker kunyit dalam mengangkat sel kulit mati memang sangat bagus jika digunakan oleh jenis kulit tertentu yang membutuhkan eksfoliasi. Namun, untuk seseorang yang bermasalah dengan kulit sensitif, sebaiknya hindari masker kunyit jika efek samping masker kunyit yang dapat merusak kulit sensitif tak ingin kamu alami. 

kateryaninc.com

7. Menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit

Sebelum menggunakan masker kunyit, coba cari tahu lebih dahulu apakah kamu memiliki alergi terhadap tanaman yang satu ini atau tidak. Karena efek samping masker kunyit untuk seseorang yang memang memiliki alergi kunyit yaitu munculnya bintik kemerahan pada seluruh kulit wajah yang kerap kali dianggap sebagai jerawat.

Jadi, itu dia beberapa efek samping masker kunyit yang dapat dialami jika sembarang menggunakan masker kunyit. Penting untuk mencari tahu jenis kulit dan permasalahan pada kulitmu. Gunakanlah masker sesuai dengan kebutuhanmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Skin