Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Mulus tanpa ribet!

Vidya Nathania

Memiliki kulit wajah yang mulus tanpa masalah kulit tentunya merupakan impian bagi setiap perempuan. Namun, tak dapat dipungkiri kalau banyak faktor yang dapat memicu timbulnya permasalahan kulit, salah satunya ialah komedo. 

Masalah kulit yang satu ini sangat membuat setiap perempuan risih akan kehadirannya. Belum lagi, komedo bisa berkembang menjadi jerawat lho! Wah pasti kamu nggak mau hal itu terjadi bukan?

Untuk itu, kita bisa mencegahnya lho dengan menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah tanpa ribet dan juga hemat. Mau tahu bahan alaminya apa saja? Ikuti terus yuk!

1. Baking soda

irishexaminer.com

Bahan alami yang satu ini memang sangat dipercaya sebagai bahan untuk menghilangkan komedo dengan sangat ampuh. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, baking soda juga dapat menjaga kadar pH kulit agar tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit. 

Cukup campurkan 2 sdt baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta, kemudian jadikan masker pada beberapa bagian wajahmu yang menjadi tempat komedo berkumpul, tinggalkan selama 15 menit dan kemudian bilas hingga bersih.

2. Oatmeal

healthline.com

Buat kamu yang suka dengan kegiatan scrubbing, pastinya kamu akan suka dengan bahan alami yang satu ini. Yup, oatmeal juga bisa menghilangkan komedo dengan cara kerja seperti scrub yang mengangkat komedo hingga bersih. Dengan mencampurkan 4 sdt oatmeal dengan air, kamu sudah dapat menjadikan bahan tersebut sebagai scrub.

3. Lemon

rd.com

Ternyata lemon juga bisa menghilangkan komedo lho! Kandungan asam yang terdapat pada buah yang satu ini dapat menangkal radikal bebas dan menjaga keseimbangan produksi minyak. Gunakan air lemon sebagai toner pada bagian wajahmu yang menjadi tempat komedo. 

Lakukan cara tersebut secara rutin agar hasilnya maksimal. Namun, buat kamu si pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari cara yang satu ini karena kandungan asam di dalam lemon dapat membuat kulitmu kering.

4. Putih telur

medicalnewstoday.com

Kalau cara yang satu ini pasti kamu sudah nggak asing kan? Putih telur memang sudah dikenal sebagai bahan andalan dalam menghilangkan komedo. Diperkaya dengan kandungan protein dan mikronutrien yang dapat menghambat pertumbuhan komedo. Untuk itu, gunakan putih telur sebagai masker wajah. Jika kamu ingin menghilangkan bau amis, kamu juga bisa gunakan perasan air lemon untuk menetralkannya ya, Bela.

5. Tomat

organicfacts.net

Buah segar yang satu ini diperkaya dengan kandungan lycopine yang bekerja sebagai anti oksidan sehingga komedo tidak dapat muncul kembali. Caranya, kamu cukup memotong tomat secara tipis, kemudian gosokkan pada bagian wajah yang memiliki komedo. Lakukan sebelum mencuci wajah setiap hari dengan rutin ya!

6. Pepaya

draxe.com

Kandungan enzim papain yang terdapat pada pepaya tak hanya dapat meregenerasi kulit, tetapi juga dapat menghilangkan komedo yang membandel pada wajah. Gunakan buah pepaya sebagai masker dengan menghaluskan buah yang satu ini, baurkan pada seluruh wajah dan biarkan hingga 20 menit, kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

7. Garam

ascent2health.com

Mungkin kamu berpikir bahwa bahan yang satu ini akan digunakan sebagai scrub bukan? Padahal garam biasanya digunakan sebagai bahan campuran dengan air hangat yang kemudian uapnya masuk ke dalam kulitmu sehingga komedo pun hilang. Karena senyawa ionik yang terdapat pada garamlah yang dapat menghilangkan komedo.

Nah, itu dia 7 cara menghilangkan komedo yang bisa kamu coba dengan bahan alami yang ada di rumahmu. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin dan sabar ya karena bahan alami biasanya memiliki proses yang cukup lama dalam mendapatkan hasilnya. Selamat mencoba Bela!

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Skin