Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Atasi Komedo yang Membandel dengan 5 Tips Ini Yuk!

Yeay, kulit wajah kembali mulus!

Vidya Nathania

Komedo adalah masalah kulit yang sangat mengganggu, bukan hanya karena membuat tampilan wajah terlihat kotor tetapi juga membuat tekstur wajah menjadi kasar dan membuat pori-pori semakin melebar. Pada wajah, ada 3 area yang sering ditempati oleh komedo seperti hidung, dahi dan dagu. Untuk membasminya memang tak mudah, namun ada beberapa cara simpel yang dapat segera kamu lakukan untuk membasmi masalah kulit yang satu ini. Kalau kamu penasaran, ikuti terus artikel yang satu ini!

1. Bersihkan wajahmu 2 kali dalam sehari

thelist.com

Mungkin hal ini terdengar sangat klasik bukan? Namun, porsi dalam membersihkan wajah harus benar-benar diperhatikan. Tidak boleh kurang atau lebih, cukup 2 kali saja dalam sehari karena akan sangat berpengaruh pada pori-pori wajahmu. Kalau terlalu sering membersihkan wajah, kulitmu akan sangat kering dan kalau jarang, kulitmu akan dipenuhi kotoran penyebab komedo. Cara membersihkan wajah juga wajib diperhatikan, cukup pijat secara lembut ya!

2. Gunakan sunscreen yang non-comedogenic sebelum keluar rumah

curology.com

Komedo umumnya muncul pada tempat dimana pori-pori wajah cukup besar. Perlu diketahi bahwa paparan sinar matahari dapat membuat pori-porimu terlihat lebih besar. Maka untuk mencegah itu, kamu perlu menggunakan sunscreen yang bebas minyak dan terbukti non-comedogenic sehingga tidak menyebabkan jerawat nantinya.

3. Penting untuk rutin melakukan eksfoliasi pada bagian yang berkomedo

murtelacosmetics.com

Eksfoliasi sangatlah penting jika kamu ingin memiliki kulit mulus bebas komedo. Apalagi 3 area wajahmu dipenuhi dengan komedo. Cukup gunakan scrub yang bertekstur lembut untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajahmu dan fokus pada 3 area wajahmu. Lakukan eksfoliasi 2 kali dalam seminggu agar hasilnya maksimal.

4. Masukkan clay mask ke dalam skincare rutinmu

wellandgood.com

Masker dengan bahan utama lumpur memang dapat diandalkan sebagai masker untuk mengangkat sel kulit mati, kuman dan sisa minyak yang menempel pada wajah. Untuk itulah masker yang satu ini dapat membantumu untuk mendapatkan kulit wajah yang kamu inginkan. Jika ingin dipakai lebih sering, gunakan hanya di 3 area wajahmu yang ditinggali banyak komedo yaitu dagu, dahi dan hidung ya.

5. Lakukan treatment sendiri menggunakan es batu

kaskus.com

Setelah kamu membersihkan komedo pada wajahmu, jangan lupa untuk membantu pori-porimu mengecil dengan membaurkan es batu. Cukup gunakan 2 es batu kecil dan usapkan perlahan pada area wajahmu yang merupakan tempat tinggal si komedo.

Nah, ternyata untuk membasmi komedo pada 3 area wajahmu tidak sesusah itu kan? Yuk jangan lupa praktekkan langsung di rumah ya Bela, selamat mencoba!

IDN Media Channels

Latest from Skin