Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Bahan Alami yang Bisa Bantu Atasi Jerawat Batu

Semua bahan yang ada di rumah kok

Syarifah Noer Aulia

Tingkat kesabaran bisa saja menurun karena jerawat batu yang tak kunjung hilang. Jerawat batu tidak bisa dianggap remeh karena masalah ini tidak akan selesai jika hanya didiamkan saja. Ukuran jerawat yang terlalu mencolok cukup mengganggu penampilan.

Jerawat batu timbul akibat adanya penyumbatan sel kulit mati di dalam pori-pori kulit. Mulanya, kulit akan mengalami titik merah, terdapat cairan putih atau nanah kemudian mengalami peradangan. 

Jerawat batu paling sering muncul saat terjadinya siklus menstruasi, saat menstruasi maupun menjelang menopause. Ternyata 5 bahan alami ini bisa bantu atasi jerawat batu,lho! keep scrolling, Bela!

1. Karbohidrat yang terdapat pada kentang bisa jadi solusi

Jenis umbi-umbian yang satu ini bisa jadi cara mudah mengobati jerawat batu secara alami di rumah. Kamu bisa mengupas kulit kentang dan parut hingga halus. Aplikasikan kentang yang sudah dihaluskan sebagai masker, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Efektivitas bawang putih nggak perlu diragukan lagi

Memiliki segudang manfaat bagi tubuh, bawang putih kerap disebut sebagai obat 'murahan' yang mujarab. Kandungan antioksidan yang tinggi untuk mengatasi jerawat batu. Kamu bisa mengonsumsinya secara utuh atau dibuat masker. Tapi perlu diingat, bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya dihindari ya. Karena masker bawang putih bisa memicu terjadinya peradangan kulit akibat iritasi.

iqbeauty.com

3. Gel lidah buaya yang kaya manfaat

Aloe vera dikenal cukup ampuh untuk merangsang pertumbuhan sel kulit yang telah rusak. Kandungan zat alami didalamnya membantu mengurangi kemerahan, radang dan nyeri akibat jerawat batu. 

Ambilah satu daging lidah buaya, oleskan gel lidah buaya ke kulit yang berjerawat, diamkan 5-10 menit, bilas. Kamu bisa lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu ya, Bela.

4. Kunyit bantu menenangkan kulit

Bumbu dapur yang berwarna kuning ini mengandung antioksidan dan antibakteri. Sehingga cocok banget untuk dijadikan sebagai obat alami jerawat batu serta merileksasikan kembali kulit yang meradang. 

Caranya gampang banget haluskan kunyit dicampurkan dengan jeruk nipis dan madu. Aplikasikan pada kulit yang berjerawat selama 15 menit. Kalau jerawat batu sedikit terbuka dan luka sebaiknya dihindari masker ini ya.

5. Tomat bantu atasi minyak berlebih penyebab jerawat batu

Tak hanya dijadikan sayur atau jus, tomat juga berperan aktif dalam mengatasi permasalahan jerawat. Apalagi bagi kamu yang memiliki kondisi kulit cenderung berminyak, jerawat batu akan lebih susah untuk dihilangkan, Tapi tunggu dulu, masker tomat cukup berkontribusi lho untuk mencegah pembentukan komedo yang akan menguatkan pertumbuhan jerawat batu.

Ternyata 5 bahan alami untuk atasi jerawat batu mudah ditemukan disekitar kita nih, Bela! 

IDN Media Channels

Latest from Skin