Pandemi COVID-19 telah membuat seluruh dunia harus beradaptasi dengan beberapa kebiasaan baru termasuk menggunakan masker saat keluar rumah. Namun menggunakan masker secara terus-menerus ternyata dapat menimbulkan masalah pada kulit lho, Bela

Maskne atau mask ancne merupakan istilah yang mulai populer diperbincangkan. Istilah ini mengacu pada kemunculan jerawat di area wajah  yang tertutup masker. Tapi jangan sampai enggan memakai masker ya karena maskne tetap bisa dicegah dan diatasi kok. Penasaran bagaimana caranya? berikut ulasannya! 

Penyebab timbulnya maskne

Kenali 'Maskne', Jenis Jerawat Baru yang Mengintai di Balik MaskermuFreepik.com

Ketika kamu bernapas atau berbicara, suhu udara di dalam masker menjadi lebih panas sehingga membuat kulit yang terutup masker menjadi lembap. Area ini otomatis menjadi tempat yang ideal untuk jamur dan untuk bakteri berkembang. 

Di samping itu, gesekan antara masker dengan kulit secara terus-menerus dapat menyebabkan luka micro-tears pada wajah sehingga bakteri, sel kulit mati, sisa makeup, atau minyak lebih mudah masuk dan menyumbat pori-pori. Dari sinilah jerawat bisa bermunculan khususnya di area sekitar pipi, hidung atau dagu.  

Bagaimana cara mengatasi maskne?

Kenali 'Maskne', Jenis Jerawat Baru yang Mengintai di Balik Maskermu

Ketika kamu melihat maskne muncul di kulitmu, jangan khawatir karena kamu bisa merawatnya seperti kamu merawat jerawat pada umumnya. Dilansir dari Asiatatler, Rina Allawh, dokter kulit bersertifikat dari Montgomery Dermatology LLC punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi maskne. Berikut tipsnya:

  • Selalu bersihkan muka dengan gentle cleanser sebelum dan sesudah melepas masker
  • Pilih produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat
  • Gunakan retinol pada malam hari  dua sampai lima kali seminggu. Retinol berfungsi untuk memicu regenerasi pada kulit
  • Hindari penggunaan riasan untuk sementara
  • Selalu gunakan moisturizer. Pilihlah pelembab yang bebas minyak sehingga dapat membantu melindungi dan memperbaiki kulit tanpa menyumbat pori-pori

Apakah maskne bisa dicegah?

Kenali 'Maskne', Jenis Jerawat Baru yang Mengintai di Balik MaskermuFreepik.com

Nah, supaya kamu tetap bisa menggunakan masker tanpa perlu khawatir soal jerawat kamu bisa lho melakukan beberapa pencegahan. 

  • Pilih jenis masker yang tepat. Selain masker medis, masker non medis juga telah disarankan digunakan untuk mencegah paparan virus. Pilihlah masker dengan bahan katun karena bahan ini lebih ramah pada kulit dan membuatnya mudah bernapas
  • Gunakan tahapan skincare yang lebih simpel serta pilih produk yang bebas minyak 
  • Hindari menggunakan makeup tebal karena mudah menyumbat pori-pori
  • Cukup gunakan tinted moisturizer dengan sunscreen
  • Jaga kebersihan masker. Bila kamu menggunakan masker kain, segeralah cuci masker setelah dipakai seharian di luar rumah. Dengan begitu sisa minyak, kotoran dan bakteri tidak akan menumpuk pada masker. 

Meskipun maskne dapat menambah masalah kulit tapi kamu tetap harus menggunakan masker ya Bela untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dengan mengenakan masker, kamu nggak hanya melindungi dirimu tapi juga melindungi orang lain.