Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Luluran yang Benar Supaya Kulit Lembut Bercahaya

Ikuti langkah demi langkahnya

Nafi' Khoiriyah

Luluran adalah salah satu cara untuk membuat kulit kembali cerah dan lembut. Cara satu ini akan mengangkat sel kulit mati sehingga membantu mengembalikan kelembapan alami kulit. 

Setelah meluluri tubuh, maka kulit pun akan terasa lebih lembut, kenyal, dan bernutrisi. Namun, banyak orang yang masih belum mengetahui cara luluran yang benar

Dalam pembahasan berikut, Popbela akan memberitahu langkah demi langkah luluran supaya hasilnya bisa maksimal. Praktikkan, yuk!

1. Bilas kulit dengan air hangat

unsplash.com/Hannah Xu

Sebelum melakukan luluran, akan lebih baik untuk mempersiapkan tubuh dengan cara berendam dengan air hangat. Gunakan air hangat dan biarkan kulit terendam setidaknya selama 10 menit saja.

Namun sebelumnya, pastikan kamu sudah mencuci badan dengan sabun mandi terlebih dahulu sebelum menggunakan lulur. Hal itu dilakukan supaya kulit bisa menjadi lebih lembap, lembut dan kenyal. 

2. Oleskan scrub secukupnya

freepik.com

Kalau kulit sudah lembap, lakukan cara luluran yang benar selanjutnya dengan cara mengoleskan scrub secukupnya.

Letakkan dulu scrub pada tangan lalu gosokkan dengan lembut pada kulit. Cara untuk mengoleskan lulur di tubuh itu adalah dengan memulai dari tubuh bagian atas ke bawah. 

3. Gosok kulit maksimal 30 detik

freepik.com/master1305

Oleskan dengan gerakan melingkar di dada, lengan, badan, sampai kaki. Gosokkan pada kulit maksimal 30 detik saja. Pertahankan tekanan lembut selama kamu menggosok badan supaya kulit tidak terkelupas secara berlebihan. 

4. Bilas kulit secara menyeluruh dengan air hangat

pexels.com/cottonbro studio

Setelah itu, bilas kulit secara menyeluruh dengan menggunakan air hangat kembali. Langkah ini akan menghilangkan sel kulit mati dari lulur melalui reaksi dengan kulit. Kemudian, bersihkan tubuh dari butiran scrub dengan gerakan memijat untuk menghilangkan partikel berlebih. 

5. Jika ingin mencukur, cukurlah setelahnya

freepik.com/lifeforstock

Selain cara luluran yang benar di atas, kamu yang ingin sekalian mencukur juga perlu melakukannya setelah melakukan scrub tubuh. Sebab, luluran akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga pisau cukur akan bekerja lebih mulus di kulit. 

6. Keringkan kulit dengan handuk lembut

freepik.com/rawpixel.com

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan cara menepuk-nepuk kulit sampai kering dengan handuk. Menepuk kulit itu akan membuat kulit jadi lebih lembut dan bersih lebih lama. 

7. Oleskan pelembap jika perlu

Pexels.com/ rawpixel

Terakhir, oleskan body lotion atau pelembap setelah cara luluran di atas kamu lakukan seluruhnya. Langkah terakhir ini dilakukan untuk memulihkan kembali tingkat kelembapan alami kulit. 

Step by step cara luluran yang benar di atas akan membuat kulit jadi lebih lembut, kenyal, dan ternutrisi kembali. Lakukan setidaknya 1-2 kali seminggu supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

IDN Media Channels

Latest from Skin