Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hati-hati, 9 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincare

Masih lakukan nomor 9?

Melia Rosalina

Banyaknya produk skincare yang baru membuat kamu mungkin selalu ingin membeli dan mencobanya. Tapi, banyak yang malah berakhir mendapatkan kulit bermasalah seperti timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, kamu mungkin berasumsi bahwa produk skincare yang dipakai tidak cocok. Padahal, masalah kulit tersebut bisa saja muncul akibat dari kesalahan dasar saat pemakaian skincare yang seringkali dilupakan seperti berikut ini.

1. Tidak menggunakan makeup remover

glamour.com

Masih banyak orang yang berpendapat bahwa air dan facial foam cukup membersihkan wajah dari segala partikel makeup yang menempel di wajah.Padahal, kamu perlu makeup remover untuk menghapus makeup yang sulit untuk dibersihkan. 

Tidak menggunakan makeup remover akan membuat pori-pori kamu tersumbat dan berjerawat. Penggunaan makeup remover juga sangat simpel dan efektif, cukup meneteskan pada kapas dan mengusapkannya pada wajah.

2. Tidak menggunakan toner

womenhealth.com

Toner berguna untuk mengembalikan keseimbangan pH dan mempersiapkan kulit menerima perawatan wajah selanjutnya seperti pemakaian serum dan krim wajah lainnya. Dengan menggunakan toner, kamu bisa menghindari kekeringan, iritasi dan kemerahan pada kulit wajah. Gunakanlah toner yang sesuai dengan jenis kulitmu.

3. Menggunakan bedak untuk menghilangkan minyak di wajah

empire.com

Masih banyak orang yang selalu menutupi minyak berlebih di wajah menggunakan bedak. Padahal, hal tersebut hanya akan menyumbat pori-pori kamu. Lebih baik gunakan tisu basah untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah.

4. Mencuci wajah sebelum mandi

health.com

Jika kamu mandi setelah membersihkannya wajah, masih banyak kandungan-kandungan kimia yang berpotensi masuk ke dalam kulit wajah. Misalnya dari sampo yang memiliki banyak kandungan kimia seperti silikon, paraben, dan partikel lainnya yang tidak dibutuhkan untuk wajah.

5. Tidak menggunakan sunscreen

allure.com

Menggunakan sunscreen sangat penting baik saat di luar maupun di dalam ruangan agar kulit tetap terjaga dari radiasi sekitar dan sinar ultraviolet. Oleskan sunscreen dengan kandungan SPF 30 saat kamu berada di dalam ruangan dan SPF 50 saat berada di luar ruangan.

6. Memilih produk yang tidak sesuai dengan tipe kulit

pinterest.com

Bayangkan kalau kamu memiliki tipe kulit berminyak, tapi kamu menggunakan produk-produk untuk jenis kulit yang kering. Skincare kulit kering bertujuan untuk menambahkan minyak agar kulit terhidrasi, sedangkan kulit berminyak membutuhkan produk-produk yang dapat mengontrol pengeluaran minyak berlebih.

Jika tipe kulit kamu berminyak, menggunakan skincare untuk kulit kering justru akan membuat kulit menjadi semakin berminyak serta memberikan dampak yang buruk lainnya pada kulit. Oleh karena itu pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu ya.

7. Menggunakan skincare dengan porsi berlebihan

Banyak ataupun sedikit, tidak akan mempercepat efek dari skincare yang digunakan. Hal itu malah membuat kamu jadi boros dan skincare kamu cepat abis atau sebaliknya. Jadi, gunakanlah produk secara teratur dan cukup sehingga hasilnya pun akan lebih efektif.

8. Melakukan eksfoliasi terlalu sering

lorealparisusa.com

Kulit yang terlalu sering dieksfoliasi akan lebih kering. Sehingga, wajah akan memproduksi lebih banyak minyak yang nantinya malah menimbulkan jerawat dan komedo.

Sebaiknya, lakukan eksfoliasi satu minggu sekali. Kemudian, lihat reaksinya terhadap kulit wajah. Jika hasilnya bagus, kamu bisa melakukannya lebih sering. Tetapi, maksimal dua atau tiga kali dalam seminggu ya.

9. Tidak membaca kandungan skincare yang digunakan

alastin.com

Skincare bersifat personal dan memberikan efek yang berbeda pada setiap penggunanya. Jadi, penting bagi kamu untuk mengecek kandungan apa yang pas untuk kulitmu.

Nah, itu dia beberapa kesalahan saat pemakaian skincare yang masih banyak dilakukan. Coba perbaiki ya jika kamu masih sering melakukan kesalahan di atas.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "Hati-hati, 10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Pemakaian Skincare"

IDN Media Channels

Latest from Skin