Sama pentingnya dengan skincare routine di pagi hari, skincare routine di malam hari mampu memaksimalkan perawatan kulitmu lho, Bela. Namun nyatanya masih ada kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan oleh sebagian orang saat merawat kulit di malam hari. Alih-alih kulit jadi sehat dan glowing, kesalahan merawat kulit di malam hari akan membuat skincare nggak bekerja maksimal. 

Nah, sebenernya apa saja kesalahan tersebut? Berikut sudah ada rangkumannya untukmu Bela. Check this out! 

1. Tidak mencuci muka sebelum tidur

5 Kesalahan Skincare Routine Malam yang Mungkin Nggak Kamu SadariFreepik

Setelah seharian beraktivitas dan terpapar berbagai kotoran baik di dalam maupun luar ruangan kamu wajib mencuci muka sebelum tidur. Mencuci muka dapat menghilangkan kotoran dan polusi yang menumpuk di kulit sepanjang hari, sesuatu yang dapat berkontribusi pada jerawat dan mempercepat proses penuaan. Jadi, jangan heran kalau muncul jerawat di esok hari setelah kamu melewatkan cuci muka sebelum tidur. 

2. Cepat menyerah sama retinol

5 Kesalahan Skincare Routine Malam yang Mungkin Nggak Kamu SadariPexels.com/Shiny Diamond

Akhir-akhir ini produk retinol banyak diperbincangkan untuk mencegah masalah penuaan dini pada kulit. Retinol juga direkomendasikan oleh dokter kecantikan untuk menyamarkan garis halus. Kalau kamu merasa kulitmu iritasi dan mengelupas setelah beberapa kali menggunakan retinol, jangan langsung menyerah ya Bela. 

Penggunaan retinol memang meningkatkan pergantian sel kulit sehingga kulit akan tampak sedikit mengelupas dan kemerahan. Reaksi ini cukup wajar, untuk itu cukup gunakan retinol sedikit saja.  Jangan lupa aplikasikan pelembap setelahnya untuk untuk meningkatkan hidrasi pada kulit. 

3. Tidak konsisten dalam menggunakan retinol

5 Kesalahan Skincare Routine Malam yang Mungkin Nggak Kamu SadariFreepik

Pada awal penggunaannya, retinol hanya dianjurkan untuk digunakan dua kali dalam seminggu. Kamu mungkin kesulitan untuk konsisten menggunakannya karena skincare yang satu ini tidak bisa langsung diaplikasikan setiap hari. Padahal menurut penelitian, penggunaan retinol yang konsisten memberikan hasil anti-penuaan terbaik setelah 12 bulan. 

4. Salah memilih serum

5 Kesalahan Skincare Routine Malam yang Mungkin Nggak Kamu SadariFreepik

Sebagian serum mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk kulit. Antioksidan vitamin C berguna untuk menetralisir radikal bebas yang menyerang kulit sepanjang hari. Namun kandungan ini hanya bekerja aktif pada pagi dan siang hari. Bukan malam hari.

Untuk menemukan skincare yang memiliki zat aktif di malam hari, pilihlah antioksidan yang mengandung resveratrol. Resveratrol tidak diaktifkan oleh matahari dan tidak bekerja dengan baik di pagi hari. 

5. Terlalu sering mengeksfoliasi wajah

5 Kesalahan Skincare Routine Malam yang Mungkin Nggak Kamu SadariCongaichungminh.com

Mengeksfoliasi kulit memang dapat membuang sel-sel kulit mati. Namun melakukannya secara berlebihan hanya akan membuat kulitmu iritasi. Terlebih kalau kamu juga sedang menggunakan produk retinol. Menggabungkan retinol dengan scrub hanya akan meningkatkan risiko iritasi. Cukup lakukan scrub satu minggu sekali. Semakin sering kamu scrub kulit, tidak akan membuat kulitmu tampil cantik. Justru membahayakannya. 

Baca Juga: 5 Produk Skincare yang Wajib Digunakan di Bulan Puasa

Baca Juga: Nggak Perlu Foundation, Ini 5 Produk yang Bikin Kulit Mulus

Baca Juga: Ini Sabun untuk Jerawat yang Nggak Bikin Kulit Kering