Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Menggunakan Skincare

Salah satunya dapat melindungi kulit dari make up!

Emillia Wardhani

Penggunaan skincare secara rutin memang terlihat rumit sebab tahapan yang harus dilalui sangat banyak, misalnya di pagi hari kamu wajib untuk menggunakan facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen, belum lagi saat malam hari kamu perlu pakai scrub, masker, atau krim malam. 

Meskipun terkesan rumit, kulit wajah harus menggunakan skincare dengan rutin apalagi kenyataannya kamu sering beraktivitas, di mana kulit wajah akan terkena debu dan cahaya matahari. Oleh karena itu, ini 7 alasan kenapa rutin menggunakan skincare itu penting!

1. Mengurangi risiko masalah pada kulit

Herworldsingapore.com

Mungkin kamu berpikir bahwa kulit wajah akan tetap sehat dengan sendirinya tanpa perawatan, namun apakah kamu tahu bahwa hampir setiap menit wajah kita akan tumbuh sel-sel kulit mati. Kalau misalkan kamu tidak mulai menggunakan skincare, wajah akan terasa kusam, timbul jerawat, komedo, beruntusan, bahkan muncul flek hitam. 

Agar terhindar dari masalah kulit pada wajah, kamu perlu merawat dengan skin care secara rutin, saran dari Popbela, kamu bisa tambahkan masker charcoal atau arang untuk dijadikan list skincare kamu di malam hari, cara ini bagus untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap bercahaya.

2. Perawatan kulit wajah dengan skincare dapat membangun rutinitas sehat lainnya

Unsplash.com/@averieclaire

Salah satu alasan kenapa penting menggunakan skincare yaitu dapat membangun rutinitas sehat lainnya, contohnya kalau kamu terbiasa merawat kulit wajah lalu mendapatkan hasil yang maksimal seperti kulit wajah menjadi lembut, bersih, sehat, glowing, dan kenyal kamu akan terus termotivasi untuk melakukan perawatan pada rambut, gigi, bahkan kulit tubuh. Hal ini menjadikan hidup kamu lebih sehat, bukan hanya pola makan dan tidur yang baik, tampilan kamu juga butuh perawatan dengan rutin. 

3. Mencegah munculnya dark spot

Beautifulskinyourin.com

Sinar matahari untuk tubuh memang memiliki peran penting sebab dapat memproduksi vitamin D, tetapi kalau kamu terkena sinar matahari yang berlebihan, dalam jangka waktu dekat hal tersebut dapat menjadi masalah bagi kulit terutama pada wajah, seperti munculnya darkspot atau bintik hitam. 

Hal ini menjadikan penggunaan skincare adalah hal yang utama sebelum beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa kamu perlu pakai pelindung kulit yaitu sunscreen yang memiliki SPF tinggi ini hukumnya wajib ya!

4. Dapat mencerahkan kulit

Unsplash.com/@sewnapart

Kalau kamu jarang menggunakan skincare  secara rutin dan memiliki rasa malas, sepertinya harus berhenti deh!  kenapa? karena cara tersebut semakin membuat kulit wajah kamu akan terlihat kusam tidak terawat. 

Solusinya adalah gunakan produk skincare sesuai jenis kulit, untuk malam hari kamu bisa pakai toner, serum dan night cream agar kulit wajah tetap terhidrasi dan bisa meregenerasi kulit sehingga wajah kamu lebih cerah dan lembut.

5. Melindungi kulit ketika menggunakan makeup

fashiongonerogue.com

Nah, kalau kamu sering menggunakan makeup untuk bekerja, atau pergi ke luar ruangan, sebaiknya menggunakan skincare terlebih dahulu sebelum memakai riasan wajah seperti sunscreen, pelembap dan toner sebab skincare yang kamu gunakan akan melindungi kulit wajah kamu sebelum meggunakan makeup yang tebal.

6. Menjaga kebersihan kulit wajah

Faizabeautycream.com

Alasan yang membuat skincare penting digunakan yaitu dapat menjaga kebersihan kulit wajah dari kotoran dan bakteri. Sebaiknya sebelum menggunakan skincare, kamu perlu membersihkan wajah dengan air hangat setidaknya dua kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur. 

Pastikan untuk menghapus makeup pada malam hari lalu pilih produk pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan pewangi, setelah itu kamu bisa langsung pakai pelembab agar kulit tetap terjaga. 

7. Mengurangi pengeluaran uang yang berlebihan

Unspash.com/@micheile

Rutinitas perawatan kulit menggunakan skincare, selain dapat menjaga kulit tetap bersih, kamu juga bisa menghindari masalah terkait financial seperti mengeluarkan uang yang berlebihan jika kamu tidak peduli dengan kulit wajah.

Contohnya, kalau kamu tidak rajin menggunakan skincare akan menimbulkan masalah-masalah yang lebih serius maka dari itu kamu diharuskan pergi ke dokter kulit dan membeli obat yang mungkin harganya mahal. Solusinya, mulai dari sekarang pakai skincare ya!

Itulah alasan kenapa rutin menggunakan skincare itu penting. Semoga bermanfaat ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Skin