Banyaknya brand dan produk kecantikan saat ini, membuat kamu lebih mudah tergiur untuk mencoba. Hingga akhirnya menjadi menumpuk dan terlanjur tidak layak pakai. Tentu saja, menggunakan makeup atau skincare yang expired akan menimbulkan iritasi dan berdampak buruk bagi kulit kamu. 

Jika kamu perhatikan. Dalam setiap produk kecantikan terdapat simbol Period After Opening (PAO) yang menjadi petunjuk berapa kamu dapat menggunakan produk tersebut setelah dibuka. Biasanya, simbol ini bertuliskan huruf “M” yang melambanghkan Month atau “Y” yang melambangkan Year alias tahun.

Maksudnya, jika tertulis “6M”, ketika produk tersebut kamu buka, berarti jangka waktu untuk menggunakannya hanya enam bulan. Tetapi, bagaimana jika simbol PAO tersbut tidak tersedia? Nggak perlu khawatir, kali ini Popbela akan memberitahu kamu berapa lama sih jangka pemaikan skincare dan makeup. Daripada penasaran, yuk langsung intip ya!

1. Micellar Water - 6 bulan

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mubeautylish.com

Jika kamu membaca secara teliti, bahan utama produk ini adalah air. Dan jika kamu tidak segera menggunakannya, air dapat dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri. Terlebih, produk tersebut sudah terpapar udara. Karena itu, jangka waktu penggunaan micellar water maksimal hanya enam bulan ya!

2. Cleanser - 6 bulan hingga 1 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-muAllure.com

Biasanya, cleanser wajah dapat bertahan mulai dari enam bulan hingga satu tahun. Jika sudah warna dan tekstur sudah berubah, ini adalah saat yang tepat bagi kamu untuk membeli cleanser yang baru.

3. Toner - 6 bulan hingga 1 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mupinterest.com

Sama dengan micellar water, umumnya kandungan utama toner adalah air. Tetapi, dalam kandungan toner terdapat beberapa ingredient yang dapat memperlambat jangka pemakaian. Sehingga, toner dapat bertahan mulai dari enam bulan hingga satu tahun. Sebelum aplikasikan ke wajah, jangan lupa untuk selalu memeriksa tekstur, warna, dan aroma toner.

4. Pelembap - 1 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-muhudabeauty.com

Jika pelembap kamu ‘preservative-free’ atau bebas pengawet dan menggunakan bahan natural sebagai pengganti, ada baiknya kamu lebih memperhatikan pelembap tersebut. Pasalnya, penggunaan bahan natural tidak melindungi pelembap dari kontaminasi seperti halnya menggunakan bahan pengawet. Sehingga, batas maksimal penggunaan pelembap hanya satu tahun setelah dibuka.

5. Foundation dan concealer - 1 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-muvecteezy.com

Makeup yang memilki tekstur lebih cair, umumnya mengandung air atau minyak lebih banyak. Jika terlalu lama, air dan minyak menjadi tempat terbaik bagi bakteri untuk berkembang biak. Jadi, foundation atau concealer cair hanya dapat bertahan selama satu tahun.

6. Powder, blush on dan bronzer - 2 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mufreepik.com

Makeup dengan jenis powder, biasanya akan bertahan lebih lama. Yaitu mencapai dua tahun. Yang perlu kamu perhatikan, selama menggunakan powder adalah jangan membuka terlalu lama. Terpapar udara dapat memudahkan bakteri muncul dan berkembang biak di powder, blush on serta bronzer kamu. 

7. Eyeshadow - 2 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mufreepik.com

Area mata merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Karena itu, ada baiknya kamu lebih memerhatikan produk apa yang kamu gunakan. Jangan sampai aplikasikan eyeshadow yang penuh bakteri ke mata. Jika hal ini terjadi, maka dapat menimbulkan iritasi. Umumnya, eyeshadow dapat bertahan selama dua tahun.

8. Eyeliner - 6 bulan hingga 2 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-muthesun.co.uk

Liquid liner dapat bertahan selama empat hingga enam bulan. Ganti eyeliner kamu jika sudah kering, berubah warna, dan menggumpal. Untuk eyeliner pencil dapat bertahan selama dua tahun. Jangan lupa untuk rutin menajamkan eyeliner pencil kamu, ya! 

9. Pensil alis - 2 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mufreepik.com

Untuk menjaga kualitas pensil alis, kamu harus secara rutin menajamkannya. Nggak ketinggalan, untuk selalu menutup secara benar. Dengan begini, bakteri yang menempel pada bagian ujung, dapat terlepas. Jika kamu lakukan hal ini, pensil alis dapat bertahan selama dua tahun.

10. Maskara - 3 bulan

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mugoodhousekeeping.com

Jangan terlalu sering memompa maskara kamu. Hal ini dapat membuat udara dengan mudah masuk ke dalam tabung yang menyebabkan maskara menjadi mudah kering dan bakteri dapat berkembang biak dengan mudah. 

Jika maskara sudah mengering, tekstur berubah, dan aroma menjadi tidak sedap, jangan pernah mencoba menambahkan air dan menggunakannya kembali. Pastikan untuk ganti maskara kering kamu, setiap tiga bulan sekali ya.

11. Lipstik - 2 tahun

Yuk, Ketahui Jangka Waktu Pemakaian Skincare dan Makeup-mufreepik.com

Kabar baik untuk kamu yang suka mengoleksi berbagai macam warna lipstik. Walaupun mengandung air, kandungan pelembap didalamnya dapat membuat lipstik bertahan hingga dua tahun. Yang perlu kamu perhatikan adalah, jangan pernah meninggalkan lipstik dalam keadaan terbuka, dan gunakan lip brush untuk mencegah kontak langsung antara lipstik dan bibir.

Itu dia sebelas produk dengan jangka waktu penggunaannya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan rutin mengganti skincare dan makeup kamu ya. Stay gorgeous, Bela! 

Baca Juga: Mulai dari Natural Hingga Bold, Begini Gaya Makeup di Berbagai Negara