Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Kandungan Skincare Yang Ampuh Melawan Jerawat

Mana yang jadi andalanmu?

Arnintya Juninda

Namanya skincare itu katanya sih trial and error , alias cocok-cocokan. Kita nggak akan pernah tahu produk skincare A cocok apa tidak dengan keadaan kulit kita kalau tidak mencoba langsung. 

Tapi, bagi pemilik acne prone skin, mencoba berbagai macam produk bisa jadi  salah satu hal yang dianggap mengerikan karena salah produk jerawat bisa tambah parah atau muncul masalah-masalah lain pada kulit. Nah, pada artikel kali ini Popbela akan merekomendasikan beberapa produk dengan kandungan skincare yang aman digunakan bagi si pemilik kulit berjerawat. Intip yuk!

1. Centella Asiatica

natalielovesbeauty.com

Walaupun akhir-akhir ini banyak produk-produk skincare bermunculan menggunakan Centella Asiatica  sebagai salah satu kandunganya, ternyata Centella Asiatica sudah dipakai di Indonesia cukup lama untuk merawat kulit berjerawat tetapi dengan nama lain yaitu pegagan. Nah, Centella Asiatica ini sebenarnya dirasa cocok untuk merawat kulit berjerawat karena dapat menenangkan kulit, khususnya jerawat yang sedang aktif dan meradang.

2. Azelaic Acid

Fungsi utama dari Azelaic Acid adalah mengeksfoliasi kulit secara perlahan sehingga kandungan ini selain bisa melawan jerawat juga dapat mencegah terjadinya hiperpigmentasi akibat jerawat pada kulit wajah dengan cara menghancurkan sel-sel yang memproduksi melanin pada kulit. Psst, buat ibu hamil, ternyata kandungan Azelaic Acid aman digunakan karena kandungan ini berasal dari tumbuhan. 

3. Witch Hazel

alexandmike.life

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya jerawat adalah wajah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh sehingga masih ada kotoran yang menempel di kulit. Nah, kandungan Witch Hazel yang biasanya terdapat di toner ini memiliki fungsi membersihkan kulit hingga ke pori-pori sehingga mencegah terjadinya jerawat pada kulit.

4. Salicylic Acid

Salycilic Acid bisa mengatasi jerawat karena tidak hanya bekerja di permukaan kulit tetapi juga bisa membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori. Selain itu, Salycilic Acid juga dapat mengatasi inflamasi serta kemerahan pada kulit. Tapi, kalau kamu memakai bahan ini pada kulit wajah untuk beraktivitas diluar rumah jangan lupa untuk memakai sunscreen ya, karena kandungan ini adalah kandungan yang cukup peka pada sinar matahari.

5. Tea Tree Oil

Ternyata selain dapat mengempeskan jerawat, tea tree oil bisa untuk menenangkan kulit serta mengurangi bakteri dan jamur pada kulit. Tetapi, efek samping dari tea tree oil adalah membuat kering kulit sehingga pastikan kamu menggunakan pelembap wajah setelahnya.

6. Benzoyl Peroxide

Kalau kamu berniat untuk mengurangi jerawat pada wajahmu,  kandungan Benzoyl Peroxide bisa jadi pilihan yang tepat. Biasanya benzoyl peroxide terdapat pada produk spot treatment yang berguna untuk meredakan jerawat yang sedang meradang. Benzoyl peroxide memiliki kemampuan untuk mengurangi minyak berlebih dan juga membunuh bakteri sehingga jerawat tidak akan tumbuh lagi.

7. Niacinamide

thisismybliss.com.au

Kandungan bahan yang satu ini pun memiliki manfaat untuk kulit yang cukup beragam seperti dapat mengembalikan tekstur kulit menjadi lebih halus, mengatasi permasalahan kulit wajah dengan membasmi bakteri penyebab jerawat, memudarkan bekas jerawat dan flek yang membandel karena sifatnya yang dapat mencerahkan juga dapat mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh efek radikal bebas.

IDN Media Channels

Latest from Skin