Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Retouch Makeup Artinya dan Caranya, Bikin Riasan Flawless

Kembali terlihat segar

Nafi' Khoiriyah

Meski sudah memakai makeup sejak pagi hari, makin lama riasan tersebut akan memudar dan luntur. Penampilan pun jadi kurang sempurna tidak seperti makeup yang semula. 

Nah, solusinya kita perlu untuk retouch makeup kembali supaya wajah menjadi lebih fresh. Retouch makeup artinya adalah memperbaiki riasan yang sudah ada supaya kembali bagus. 

Namun untuk melakukan retouch makeup, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak selengkapnya berikut ini. 

Apa itu retouch makeup?

freepik.com/thankyakid-12

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, retouch makeup artinya mengaplikasikan kembali riasan wajah yang sebelumnya sudah diaplikasikan. Biasanya, cara ini digunakan saat seseorang melakukan aktivitas bekerja seharian dan harus tampil fresh sepanjang hari. 

Retouch makeup bisa dilakukan di sela-sela aktivitas, misalnya saat tengah hari. Namun, proses retouch makeup ini perlu diperhatikan supaya tidak menjadi dempul dan cakey. Kamu perlu memperhatikan cara retouch makeup yang benar. 

Cara retouch makeup

freepik.com/Frolopiation Palm

Setelah tahu kalau retouch makeup artinya mengaplikasikan kembali riasan wajah, maka simak cara retouch makeup yang benar berikut. 

1. Hilangkan terlebih dahulu minyak berlebih

freepik.com/kroshka__nastya

Supaya retouch makeup jadi lebih sempurna, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan minyak di wajah terlebih dahulu. Cara untuk menghilangkan makeup itu bisa dengan menggunakan blotting paper atau face paper. 

Produk tersebut akan menghilangkan minyak berlebih di wajah dengan cara menekannya secara halus di beberapa bagian wajah yang berminyak. Biasanya, bagian-bagian yang berminyak antara lain di bagian dahi, T-zone, pipi, dan dagu. 

2. Semprotkan face mist atau sunscreen spray

freepik.com/lookstudio

Setelah menghilangkan makeup berlebih, retouch makeup artinya adalah memakai makeup kembali. Namun sebelumnya, penting untuk menghidrasi kulit kembali sebelum memakai produk makeup lainnya. 

Cara untuk menghidrasi kulit itu bisa menggunakan face mist ataupun sunscreen spray. Penggunaan face mist atau sunscreen spray itu akan lebih praktis dan tidak membuat makeup dempul daripada sunscreen yang berbentuk cair.

Pastikan pula face mist atau sunscreen spray itu sudah meresap sempurna sebelum mengaplikasikan produk lainnya ke wajah. 

3. Aplikasikan makeup dengan cushion puff atau sponge

freepik.com/partystock

Makeup yang paling dasar dan penting untuk diaplikasikan untuk membuat wajah kembali segar biasanya adalah cushion atau foundation. Kamu bisa memakainya kembali di wajah, tetapi jangan lupa gunakan cushion puff atau beauty sponge

Gunakan sedikit saja foundation, cushion, atau concealer di spot tertentu untuk memberikan coverage di wajah. Misalnya, di bagian yang memiliki bekas jerawat dan di bawah mata.

4. Set kembali makeup dengan translucent powder

Freepik.com

Kemudian, set kembali makeup secara keseluruhan dengan translucent powder. Daripada bedak biasa, translucent powder tidak akan membuat makeup jadi dempul ataupun cracky. Sebab, butiran powder dalam translucent powder lebih lembut daripada bedak biasa. 

5. Hapus dulu sisa lipstik di bibir sebelum mengaplikasikan kembali

unsplash.com/AdriykoPodilnyk

Terakhir, jangan lupa untuk mengaplikasikan kembali lipstik supaya lebih merona. Namun jika retouch makeup digunakan dengan sisa-sisa lipstik sebelumnya, hasilnya tidak akan sempurna. 

Kamu bisa menghapus dulu sisa lipstik di bibir sebelum mengaplikasikan kembali produknya. Hapus sisa lipstik di bibir itu dengan menggunakan tisu basah atau tisu penghapus makeup. Setelah itu, aplikasikan kembali sesuai keinginanmu. 

Jadi, retouch makeup artinya mengaplikasikan kembali makeup setelah sudah digunakan sebelumnya. Jangan lupa untuk menerapkan cara retouch yang benar supaya hasil makeup jadi lebih flawless, ya!

TOPIC

IDN Media Channels

Latest from Make Up