Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Concealer untuk Wajah dan Macam-Macam Produknya

Bisa menutupi bekas jerawat

Nafi' Khoiriyah

Salah satu makeup item yang biasa dipakai oleh para perempuan adalah concealer. Namun, tak seperti makeup item lainnya, concealer bagi banyak orang sering kali disepelekan. Mereka lebih memilih untuk tidak memakai concealer karena belum mengetahui manfaatnya. 

Padahal, makeup item satu ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan untuk riasan wajahmu. Concealer bisa dipakai untuk menutupi ketidaksempurnaan pada kulit.

Biasanya, alat makeup ini memilik formula yang cair dan bisa dipakai dengan menggunakan spons atau kuas. 

Sebenarnya, apa itu concealer? Bagaimana manfaat dan cara pengaplikasiannya pada riasan wajah?

Simak ulasan berikut ini untuk penjelasan selengkapnya. 

1. Apa itu concealer?

pexels.com/Ron Lach

Concealer merupakan produk makeup yang mirip dengan alas bedak, tetapi lebih thic. Biasanya, makeup item ini digunakan untuk menyembunyikan lingkaran hitam di bawah mata, bintik-bintik penuaan, jerawat, dan ketidaksempurnaan di kulit lainnya. 

Selain dalam bentuk cair, concealer kini juga tersedia dalam formula lainnya seperti krim, bubuk, dan stik. Namun, concealer perlu dipakai di atas alas bedak supaya tidak luntur. 

Kamu bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan kuas, spons, atau jari secara langsung. Jika dipakai dengan benar, tampilan kulitmu akan terlihat lebih merata dan sempurna. 

2. Jenis-jenis concealer

pexels.com/alleksana

Ada berbagai jenis concealer yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jenis kulit wajahmu. Berikut adalah macam-macam jenis concealer yang bisa kamu pilih. 

1. Liquid concealer

Kebanyakan produk concealer yang dijual saat ini berbentuk liquid concealer. Seperti namanya, conceler jenis ini berbentuk cair dan biasanya dikemas dalam bentuk tabung atau balok disertai aplikator. Dengan formula yang cair, jenis concealer ini akan cocok untuk pemilik kulit yang kering. 

2. Cream concealer

Selanjutnya, cream concealer memiliki tekstur yang lebih thick daripada liquid. Jenis makeup item ini akan cocok dipakai untuk area bawah mata guna membuatnya makin cerah. Pemilik kulit yang kering dan normal biasanya akan cocok menggunakan cream concealer ini. 

3. Stick concealer 

Beralih dari formula concealer yang cair, sekarang kamu bisa memilih concealer yang berbentuk padat yaitu stick concealer. Dengan formulanya yang compact, stick concealer akan cocok dibawa ke mana-mana.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah dengan formula yang padat. Biasanya, stick concealer cocok dipakai untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi. 

4. Balm concealer 

Memiliki konsistensi yang lebih padat, balm concealer bisa menempel di kulit sepanjang hari tanpa meninggalkan minyak. Kamu bisa memakainya menggunakan jari setelah memakai foundation sebagai alasnya. 

5. Color correcting concealer

Terakhir, color correcting concealer  biasanya digunakan untuk mengatasi kulit yang kemerahan atau warna kulit yang tidak merata. Color correcting concealer ini tersedia dalam berbagai warna dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Kamu bisa menyesuaikan warnanya dengan kebutuhanmu, misalnya ungu untuk kulit kusam dan hijau untuk menutupi kemerahan. 

3. Manfaat menggunakan concealer

pexels.com/George Milton

Bukan hanya menutupi noda di wajah saja, concealer juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah 5 manfaat dan kegunaan concealer tersebut. 

1. Membuat kontur di wajah 

Concealer jika diaplikasikan di tempat yang tepat bisa menampakkan kontur wajah yang kamu inginkan. Caranya adalah dengan memilih warna yang lebih gelap dari warna kulit alamimu, kemudian aplikasikan ke cekungan di pipi dan hidungmu. 

2. Mengaburkan garis halus pada kulit

Garis-garis halus pada kulit merupakan salah satu tanda penuaan yang wajar dan alami. Namun, kalau ingin penampilan yang alami, kamu bisa mengoleskan concealer ke beberapa titik di bawah mata kemudian tepuk lembut menggunakan jari manis untuk membaurkannya. 

3. Menutupi lingkaran hitam di bawah mata 

Lingkaran hitam di bawah mata bisa muncul karena beberapa hal, salah satunya karena begadang. Supaya kamu bisa tetap tampil fresh di pagi hari, gunakan concealer di bawah mata untuk menutupi lingkaran hitamnya. 

4. Menyembunyikan noda di wajah

Menggunakan riasan pada kulit yang berjerawat tidak menjadi masalah. Sebab, kamu bisa menyembunyikannya dengan menggunakan concealer untuk hasil akhir yang terlihat lebih alami. 

5. Menyoroti tulang pipi

Menggunakan concealer di tulang pipi bisa membuat penampilanmu makin menawan. Tak hanya di tulang pipi saja, kamu juga bisa menggunakannya untuk menonjolkan pangkal hidung sampai tulang alismu. 

6. Sebagai primer bibir 

Terakhir, concealer juga bisa digunakan sebagai primer atau dasar bibir supaya warna lipstik menjadi lebih terlihat. Tak hanya itu saja, concealer juga bisa membentuk bibir supaya nampak halus dan bervolume. 

4. Cara mencegah concealer cakey

pexels.com/Alena Darmel

Mengaplikasikan concealer di area wajah tertentu kadang justru menghasilkan riasan yang cakey atau menumpuk dan menggumpal. Supaya tidak demikian, ada beberapa tips untuk mengaplikasikannya.

  1. Pastikan area yang akan kamu aplikasikan dengan concealer bersih dan lembap. Sebab, kulit yang lembap akan mencegah concealer menjadi cakey. 
  2. Pilihlah concealer yang sesuai dengan jenis kulit. Sebab, jenis dan tekstur concealer bisa memberikan coverage yang bagus dan tahan lama. 
  3. Selain itu, gunakan produk concealer secukupnya. Sebab, mengaplikasikan concealer yang terlalu banyak justru akan membuat riasan menjadi cakey dan dempul. 
  4. Setelah menggunakan concealer, gunakan bedak untuk mengunci riasan supaya tahan lama sepanjang hari. 

5. Memilih produk concealer yang aman

unsplash.com/Mariia Shalabaieva

Concealer bisa dipakai untuk berbagai jenis kulit, mulai dari kulit yang kering, kombinasi, maupun berjerawat. Namun, kamu perlu memilih produk yang tepat supaya aman bagi kulit wajahmu. 

Maka dari itu, hindari kandungan seperti merkuri, hidrokuinon, asam retinoat, dan pewarna merah K3. Selain itu, jangan lupa simpan produk concealer milikmu dengan cara yang benar dan jaga kebersihan aplikatornya. 

Sebab, risiko infeksi sampai alergi bisa muncul jika kamu abai dalam menggunakan concealer. Terakhir, jangan lupa untuk menghapusnya dengan bersih supaya tidak menimbulkan jerawat. 

Itulah ulasan tentang concealer yang perlu kamu ketahui. Ternyata, alat makeup yang satu ini memiliki banyak manfaat dan kegunaan ya, Bela? 

IDN Media Channels

Latest from Make Up