Menyantap kuliner pedas selalu sukses menggugah nafsu makan. Rasa yang menggelitik dan sensasi membara membuat kuliner pedas menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tapi tahukah kamu, tak hanya sebagai penambah rasa pedas, cabai juga menyimpan manfaat baik untuk kesehatan. Apa saja? Simak baik-baik ya, Bela! 

1. Mengurangi potensi kanker

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatanfreepik.com

Siapa sangka bahwa rasa pedas dari cabai juga bisa mengurangi potensi kanker. Menurut American Association for Cancer Research, kandungan capsaicin yang tersimpan di cabai memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker.  

Selain itu, makanan yang mengandung kurkumin juga bisa memperlambat pertumbuhan kanker payudara, serviks hingga perut. Wah, kapan lagi memanjakan lidah sekaligus mengurangi kanker. 

2. Membantu pembakaran lemak

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatanfreepik.com

Manfaat makanan pedas selanjutnya adalah dapat membakar lemak serta menurunkan berat badan. Kandungan capsaicin pada cabai dapat meningkatkan temperatur pada tubuh, mempercepat kerja metabolisme, serta berperan dalam meningkatkan detak jantung. Sehingga, tubuh membakar kalori lebih cepat.

3. Menyehatkan jantung

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatanfreepik.com

Menurut beberapa penelitian, orang yang sering menyanrap makanan pedas memiliki jumlah serangan jantung dan stroke yang lebih kecil. Karena, kandungan capcaisin memiliki efek anti infalamsi, mampu menurunkan tekanan darah, serta mencegah pembekuan darah. Tak hanya itu, cabai juga bisa menurunkan kadar kolestrol, sehingga efektif dalam menyehatkan jantung. 

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatanfreepik.com

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang tersimpan di cabai bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit. Dua jenis vitamin tersebut merupakan antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh. Selain itu, vitamin C juga baik untuk merawat kesehatan kulit kamu!

5. Membuat mood menjadi lebih baik

Tak Selalu Buruk, Ini Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatanmom.com

Siapa yang abis mengonsumsi makanan pedas mood menjadi lebih baik? Nyatanya, rasa pedas dapat meningkatkan produksi hormon serotonin yang membuat perasaan menjadi Bahagia. Sehingga, konsumsi makanan pedas dapat membantu meringankan perasaan depresi, stres dan perasaan cemas. 

Itu dia lima manfaat mengonsumsi makanan pedas untuk kesehatan kamu! Jadi ingin makan apa nih, Bela? 

Baca Juga: Benarkah Sering Mengonsumsi Makanan Pedas Dapat Menyebabkan Jerawat?

Baca Juga: Menu Cepat Saji Ini Cocok Banget untuk Kamu Pencinta Pedas

Baca Juga: Deretan Kuliner Pedas di Bandung, Penikmatnya Harus Kesini!