Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Insomnia Lho!

Pernah melakukan yang mana?

Vidya Nathania

Insomnia atau masalah susah tidur dapat terjadi pada kebanyakan orang. Berbagai cara dilakukan agar dapat tidur dengan nyenyak seperti berolahraga, mengonsumsi obat tidur atau melakukan meditasi. Namun, ketika hal tersebut tak kunjung dapat membantumu tertidur, perhatikanlah beberapa kebiasaan yang mungkin menjadi penyebab terbesar insomnia-mu. Yuk cek 5 kebiasaan ini agar kamu bisa menghindarinya!

1. Mengonsumsi kafein secara berlebihan

viralthread.com

Mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kafein memang sangat membantumu untuk menahan rasa kantuk saat sedang melakukan aktivitas, sehingga kamu dapat bersemangat kembali. Namun, kesalahan terbesar adalah saat jumlah kafein yang kamu konsumsi terlalu berlebihan sehingga berdampak besar pada waktu tidurmu. Usahakan untuk mengontrol kafein yang akan dikonsumsi dan usahakan jangan mengonsumsi sebelum tidur.

2. Memainkan ponsel saat hendak tidur

health.com

Menonton video YouTube atau scroll postingan di Instagram sebelum tidur memang menyenangkan, sembari berharap langsung terlelap, nyatanya itu hanya akan membuatmu tetap terjaga. Radiasi cahaya yang dihasilkan ayar ponsel dapat menghambat proses produksi melatonin yang seharusnya bekerja untuk membuatmu tertidur. Sebaiknya bacalah buku untuk membuat pikiranmu lebih rileks dan bisa terlelap dengan nyenyak.

3. Kamu makan dan minum terlalu banyak

rd.com

Agar tak kelaparan saat tengah malam, banyak orang yang makan dan minum sebelum tidur dengan porsi yang cukup banyak. Padahal itu bisa membuat organ tubuhmu bekerja ekstra dalam mencerna setiap makanan yang kamu konsumsi lho, akibatnya kamu jadi susah tidur. Untuk itu makanlah sebelum jam 8 malam agar tubuhmu bisa selesai bekerja saat kamu hendak tidur.

4. Kamu terlalu stres

whitsundayprofessionalcounselling.com

Mungkin harimu cukup melelahkan atau ada sesuatu yang mengganggu pikiranmu yang ternyata dapat mengganggu waktu tidurmu. Untuk itu, sebelum tidurm tinggalkan segala beban dan pikiran, tutup matamu, tenangkan pikiranmu dan tarik napas yang dalam. Biarkan perlahan tubuhmu merasakan ketenangan dan kamu pun dapat tidur dengan tenang.

5. Terbiasa mengonsumsi suplemen atau vitamin sebelum tidur

productnation.co

Bermaksud baik untuk tubuhmu dengan mengonsumsi suplemen atau vitamin sebelum tidur, tubuhmu malah menjadi lebih segar. Ketahuilah bahwa ada beberapa kandungan pada suplemen yang kamu konsumsi tidak dapat diterima tubuh saat akan tidur dan malah membangunkan tubuhmu untuk mencerna suplemen yang kamu konsumsi. Berbeda dengan obat yang dapat membuatmu terkantuk, sebaiknya konsumsi segala suplemen dan vitamin hanya pada pagi atau siang hari.

Semoga tidak ada yang terulangi lagi ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Health