Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Kenali manfaatnya!

Vidya Nathania

Minyak zaitun memang terkenal kaya akan manfaat. Sering dibahas karena manfaatnya yang sangat baik untuk kecantikan, ternyata minyak zaitun pun tak kalah baik untuk kesehatan dan memiliki jutaan manfaat untuk tubuh yang membuat jenis minyak yang satu ini menjadi salah satu minyak yang paling direkomendasikan banyak orang untuk dimiliki. 

Nah, biar kamu nggak penasaran dan nggak bimbang saat hendak membelinya, sebaiknya kenali dahulu beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan ini yuk!

1. Dapat menurunkan kadar kolesterol

saga.co.uk

Minyak yang berasal dari buah zaitun ini memang dikenal dengan lemak tak jenuhnyan sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol. Itu sebabnya, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan memang tak diragukan lagi. Sehingga kamu dapat menggunakan minyak zaitun saat memasak. 

2. Menurunkan berat badan

independent.co.uk

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan selanjutnya ialah dapat menurunkan berat badanmu lho! Jadi, buat kamu yang ingin melakukan diet, dianjurkan untuk menggunakan minyak zaitun saat memasak atau kamu juga dapat mengonsumsi minyak zaitun 1 sdm setiap hari secara rutin.

3. Mengurangi risiko kanker

alternativehealthscience.com

Penyakit mematikan yang satu ini ternyata bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, membuat manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang satu ini dapat mengurangi cara kerja sel kanker pada tubuh seseorang.

4. Mengatasi inflamasi pada tubuh

yourbeautyadvisor.com

Penyakit jantung, kanker, diabetes, radang tenggorokan, bahkan obesitas, biasanya terjadi karena tubuh mengalami inflamasi. Sebagai salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang dapat mengurangi inflamasi pada tubuh, membuat minyak zaitun pun digunakan sebagai obat yang manjur untuk mengatasi inflamasi.

5. Menjaga kesehatan jantung

behealthy.today

Selain mampu mengatasi penaykit kanker, menjaga jantung tetap kuat dan sehat pun merupakan salah satu manfaat minyak zaitun untuk kesehatan. Kandungan vitamin E dan K yang terdapat pada minyak zaitun dapat memelihara keadaan jantung sehingga terhindar dari penyakit jantung.

6. Mencegah stroke

kpax.com

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya dapat dilihat dari beberapa penelitian yang mengatakan bahwa dengan rutin mengonsumsi minyak zaitun dapat mencegah terjadinya stroke yang disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak. 

7. Bisa mengatasi penyakit alzheimer

gulfnews.com

Meski jarang diketahui banyak orang, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang satu ini berasal dari beberapa penelitian yang mengatakan bahwa minyak zaitun yang dapat bekerja untuk mengatasi penyakit alzheimer dengan menghilangkan berbagai plak beta-amiloid pada otak yang sering disebut sebagai penyebab penyakit alzheimer.

Wah, ternyata manfaat minyak zaitun untuk kesehatan sangatah banyak ya Bela? Tak sekedar menjaga kesehatan organ tubuh tertentu saja, tetapi minyak zaitun pun dapat membuat seluruh tubuh menjadi sehat. Yakin, masih ragu untuk mencobanya?

IDN Media Channels

Latest from Health